Perang Rusia-Ukraina Hari ke-976: Zelensky Sebut Tentara Korea Utara Bantu Rusia Mulai Besok
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberi isyarat saat ia menyampaikan konferensi pers akhir tahun di Kyiv pada 19 Desember 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. 
10:50
26 Oktober 2024

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-976: Zelensky Sebut Tentara Korea Utara Bantu Rusia Mulai Besok

Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-976, Sabtu (26/10/2024).

Pada pukul 00.00 waktu setempat, Rusia melancarkan serangan rudal ke Dnieper, antara lain fasilitas kesehatan terkena serangan, sedikitnya tiga orang luka-luka.

Pada pukul 01.00 waktu setempat, tiga orang telah tewas dan 10 orang terluka di Dnieper akibat serangan rudal Rusia pada Jumat malam.

Pada pukul 03.00 waktu setempat, dua pesawat Tu-95 Rusia masih mengudara, yang diduga sebagai penerbangan pelatihan, bukan penerbangan tempur.

Pada pukul 05.00 waktu setempat, lebih dari dua lusin drone penyerang masih berada di Ukraina dan mereka secara bertahap dimusnahkan, menurut laporan Staf Umum Angkatan Udara Ukraina, seperti diberitakan Telegraph.

Zelensky: Rusia akan Kirim Tentara Korea Utara ke Medan Perang

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky telah memperingatkan Rusia yang ia sebut berencana untuk mengirim pasukan Korea Utara ke medan perang melawan Ukraina paling cepat pada Minggu (27/10/2024) besok.

Ia juga dan mendesak para pemimpin dunia untuk memberikan tekanan nyata pada Korea Utara.

Korea Selatan Desak Rusia Hentikan Kerja Sama dengan Korea Utara

Korea Selatan mendesak Rusia untuk menghentikan kerja sama ilegalnya dengan Korea Utara.


Pada Jumat (25/10/2024), mereka menyuarakan kekhawatiran serius saat Moskow bergerak untuk meratifikasi perjanjian pertahanannya dengan Korea Utara.

Korea Selatan telah mengamati pengerahan pasukan Korea Utara ke Rusia dengan rasa tidak nyaman yang meningkat, seperti diberitakan The Guardian.

Ukraina: Rusia Harus Tarik Pasukan jika Ada Kesepakatan Damai

Kepala staf Zelensky, Andriy Yermak, berpidato dengan mengatakan Ukraina menginginkan penarikan penuh pasukan Rusia dan bukan hanya perundingan damai.

Menurutnya, sangat penting untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung lebih dari dua setengah tahun. 

“Jangan berharap perang ini akan berakhir ketika pihak yang bertikai mulai berbicara satu sama lain … Jangan tertipu. Perang ini akan berakhir ketika prajurit terakhir dari pasukan pendudukan kembali ke rumah,” kata Andriy Yermak dalam pertemuan internasional, pada Jumat kemarin.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Berita lain terkait Rusia dan Ukraina

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #perang #rusia #ukraina #hari #zelensky #sebut #tentara #korea #utara #bantu #rusia #mulai #besok

KOMENTAR