Klaim Tunjangan Pengangguran AS Susut ke Level Terendah dalam 3 Bulan Meskipun Pasar Tenaga Kerja Masih Kuat
Departemen Tenaga Kerja melaporkan jumlah orang yang mengajukan tunjangan pengangguran minggu lalu. (sumber: Foto AP/Nam Y.Hah)
07:15
12 Januari 2024

Klaim Tunjangan Pengangguran AS Susut ke Level Terendah dalam 3 Bulan Meskipun Pasar Tenaga Kerja Masih Kuat

- Jumlah penduduk Amerika yang meminta tunjangan pengangguran menurun ke tingkat terendah dalam hampir tiga bulan pada minggu sebelumnya, menunjukkan ketangguhan pasar tenaga kerja AS meskipun terjadi kenaikan suku bunga.

Pengajuan klaim pengangguran menurun menjadi 202.000 pada pekan terakhir 6 Januari, lalu mengalami penurunan sebesar 1.000 dari pekan sebelumnya, seperti yang dilaporkan oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Kamis (11/1).

Rata-rata, permohonan klaim dalam empat minggu yang mengkompensasi beberapa fluktuasi mingguan mengalami penurunan sebesar 250 menjadi 207.750.

Klaim mingguan untuk tunjangan pengangguran dianggap sebagai indikator PHK. Meskipun suku bunga meningkat dan inflasi mengalami peningkatan, jumlah klaim permintaan tetap rendah.

Dilaporkan oleh Abc news, Jumat (12/1), dalam upaya untuk mengendalikan tingkat inflasi tertinggi dalam empat dekade yang terjadi setelah pemulihan ekonomi yang sangat kuat dari dampak resesi COVID-19 pada tahun 2020, Federal Reserve telah meningkatkan suku bunga acuannya sebanyak 11 kali sejak bulan Maret 2022.

Walaupun terjadi penurunan signifikan pada tingkat inflasi dalam setahun terakhir, Departemen Tenaga Kerja melaporkan pada hari Kamis bahwa harga secara keseluruhan mengalami kenaikan sebesar 0,3% dari bulan November dan 3,4% dari periode 12 bulan sebelumnya.

Hal ini menjadi pertanda bahwa usaha The Fed untuk mengendalikan inflasi menuju target 2% mungkin akan mengalami hambatan.

The Fed telah mempertahankan suku bunganya pada tiga pertemuan terakhir dan memberikan sinyal bahwa kemungkinan mereka akan menurunkan suku bunga sebanyak tiga kali dalam tahun ini.

Meskipun The Fed awalnya menaikkan suku bunga dengan cepat pada tahun 2022, banyak analisa memprediksi bahwa ekonomi AS akan mengalami resesi.

Namun, perekonomian dan pasar tenaga kerja terus menunjukkan ketangguhan, dengan tingkat pengangguran tetap di bawah 4% selama 22 bulan berturut-turut, mencatat rekor terpanjang sejak tahun 1960-an.

Gabungan dari perlambatan inflasi dan rendahnya tingkat pengangguran meningkatkan ekspektasi bahwa The Fed berhasil mencapai soft landing, yaitu menaikkan suku bunga secara cukup untuk mengendalikan inflasi tanpa memicu resesi.

Secara keseluruhan, 1,83 juta warga Amerika yang menerima tunjangan pengangguran selama pekan terakhir pada 30 Desember mengalami penurunan sebesar 34.000 dari minggu sebelumnya.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #klaim #tunjangan #pengangguran #susut #level #terendah #dalam #bulan #meskipun #pasar #tenaga #kerja #masih #kuat

KOMENTAR