Kementerian Kesehatan Gaza: 23.084 Warga Palestina Tewas Sejak 7 Oktober 2023
Warga Palestina memeriksa kehancuran yang disebabkan oleh serangan Israel terhadap rumah mereka di desa Khuzaa, dekat Abasan timur Khan Yunis dekat pagar perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza selatan pada 27 November 2023. - Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 23.084 warga Palestina tewas tewas dan 58.926 lainnya terluka dalam serangan Israel sejak 7 Oktober 2023. 
12:20
9 Januari 2024

Kementerian Kesehatan Gaza: 23.084 Warga Palestina Tewas Sejak 7 Oktober 2023

Pada Senin (8/1/2024), Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan sebanyak 23.084 warga Palestina tewas tewas dan 58.926 lainnya terluka dalam serangan Israel sejak 7 Oktober 2023.

Dilansir Al Arabiya, sekitar 249 warga Palestina tewas dan 510 lainnya luka-luka dalam 24 jam sebelumnya.

Dikutip dari Al Jazeera, hingga Rabu (3/1/2024), setidaknya 90 jurnalis terbunuh dalam perang Israel-Hamas.

Menurut Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) dan Federasi Jurnalis Internasional (IFJ), 83 warga Palestina, tiga jurnalis Lebanon dan empat jurnalis Israel terbunuh.

Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Sabtu (6/1/2024) bahwa pasukan Israel tidak akan menghentikan perang di Gaza melawan Hamas sampai semua tujuan tercapai, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

Di hari yang sama, Sabtu (6/1/2024), ribuan pengunjuk rasa turun ke jalan Tel Aviv.

Dalam aksi tersebut, mereka mendesak pemerintah Israel untuk segera mencapai kesepakatan dengan Hamas mengenai pembebasan orang-orang yang ditahan.

Para pengunjuk rasa juga menuntut pengunduran diri Netanyahu, pembubaran parlemen, dan pemilihan umum dini.

Sejak konflik Israel-Palestina terakhir pecah pada 7 Oktober 2023, lebih dari 85 persen populasi di Jalur Gaza menjadi pengungsi, kata Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat pada Sabtu.

Lalu, pada hari Minggu (7/1/2024), tentara Israel melancarkan serangan udara intensif di Khan Younis dan daerah lain di Gaza selatan.

Eskalasi tersebut menewaskan sedikitnya 82 orang, menurut kantor berita resmi Palestina WAFA.

Update Situasi Terkini

- Sebuah rekaman video menunjukkan bahwa Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menembak tiga pria Palestina dari jarak dekat di Tulkarem, Tepi Barat yang diduduki.

- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken tiba di Israel pada Selasa (9/1/2024).

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memberi isyarat ketika dia tiba di Abu Dhabi pada 7 Januari 2024, selama perjalanannya selama seminggu yang bertujuan untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memberi isyarat ketika dia tiba di Abu Dhabi pada 7 Januari 2024, selama perjalanannya selama seminggu yang bertujuan untuk meredakan ketegangan di Timur Tengah. - Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 23.084 warga Palestina tewas tewas dan 58.926 lainnya terluka dalam serangan Israel sejak 7 Oktober 2023.(EVELYN HOCKSTEIN / POOL / AFP)

Di saat yang sama, pejuang Hizbullah Lebanon, yang didukung Iran masih melancaran serangan lintas batas ke perbatasan dengan Tel Aviv.

- Laporan mengungkapkan delegasi Israel tiba di Mesir untuk melanjutkan pembicaraan mengenai tawanan Gaza.

Sumber-sumber Mesir telah mengkonfirmasi kepada surat kabar Al-Araby Al-Jadeed bahwa delegasi keamanan Israel telah tiba di Kairo.

Tujuan kedatangan mereka adalah untuk "melanjutkan perundingan yang bertujuan untuk membebaskan tahanan Israel yang ditahan oleh faksi perlawanan di Gaza".

Mengutip sumber di Mesir, media yang berbasis di London tersebut mengatakan bahwa Kairo telah menghentikan upaya mediasinya setelah pembunuhan wakil pemimpin Hamas Saleh al-Arouri dalam serangan pesawat tak berawak Israel di pinggiran kota Beirut pada 2 Januari.

Lebih dari 240 orang ditawan oleh Hamas dan kelompok lain selama serangan terhadap Israel pada 7 Oktober.

Diyakini sekitar 128 orang masih ditawan di Gaza.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Editor: Bobby Wiratama

Tag:  #kementerian #kesehatan #gaza #23084 #warga #palestina #tewas #sejak #oktober #2023

KOMENTAR