''Kami Mengerti Penderitaannya'', Warga Gaza Merasakan Kepedihan Lebanon
Ilustrasi konflik Israel-Lebanon [Mahmoud ZAYYAT / AFP]
10:12
26 September 2024

''Kami Mengerti Penderitaannya'', Warga Gaza Merasakan Kepedihan Lebanon

Ketika bom Israel meratakan gedung-gedung dan mengepulkan asap ke langit Lebanon minggu ini, warga Gaza menyaksikan dengan empati sekaligus ketakutan atas dampak perang yang meluas terhadap mereka.

Israel melancarkan serangan udara hari ketiga terhadap Lebanon pada hari Rabu, dengan mengatakan bahwa serangan itu menargetkan gudang senjata dan infrastruktur milik kelompok Hizbullah yang berbasis di Lebanon.

Dalam eskalasi dramatis setelah hampir setahun kekerasan lintas batas, serangan udara Israel pada hari Senin menewaskan sedikitnya 558 orang di Lebanon dalam hari paling mematikan di negara itu sejak perang saudara 1975-1990.

Setelah serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel selatan, Hizbullah mengatakan bahwa pihaknya mulai menyerang Israel sebagai bentuk solidaritas dengan Hamas, kelompok lain yang didukung Iran.

Baca Juga: Konflik Gaza Merembet ke Lebanon, Paus Desak Penyelesaian Damai

Serangan udara Israel menghantam Lebanon. (Suara.com/twitter @sahouraxo)Serangan udara Israel menghantam Lebanon. (Suara.com/twitter @sahouraxo)

Serangan pada tanggal 7 Oktober memicu perang yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, yang ditandai dengan pemboman Israel yang tiada henti yang telah menghancurkan sebagian besar wilayah Palestina.

Chadi Nawfal, warga Kota Gaza berusia 24 tahun yang mengaku kehilangan rumahnya akibat serangan Israel, mengatakan kepada AFP pada hari Rabu bahwa rekaman dari Lebanon sulit ditonton.

"Pemandangan berdarah dari Lebanon yang kita lihat di layar televisi adalah gambar yang sangat mengerikan," katanya kepada AFP.

"Kami, warga Jalur Gaza, adalah satu-satunya yang saat ini dapat merasakan penderitaan yang dialami warga Lebanon."

Serangan udara Israel yang berkelanjutan terhadap Lebanon adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan yang dimulai minggu lalu dengan ledakan terkoordinasi dari pager dan walkie-talkie milik Hizbullah.

Baca Juga: Tokoh Penting Hizbullah Tewas

Ledakan tersebut menewaskan 39 orang dan melukai hampir 3.000 orang, dan diikuti oleh serangan mematikan pada hari Jumat di Beirut selatan, dengan komandan utama Hizbullah Ibrahim Aqil di antara yang tewas.

Serangan lain di ibu kota Lebanon pada hari Selasa menewaskan komandan pasukan roket Hizbullah Ibrahim Kobeissi.

Secara keseluruhan, serangan Israel mengonfirmasi klaim Menteri Pertahanan Yoav Gallant seminggu lalu bahwa "pusat gravitasi" perang itu bergerak ke utara.

Tembakan Hizbullah telah membuat puluhan ribu warga Israel mengungsi, dan pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bertekad untuk memulangkan mereka ke rumah mereka di sepanjang perbatasan dengan Lebanon.

Ayman al-Amreiti, warga Gaza City yang mengungsi lainnya, mengatakan ia khawatir pertempuran di Lebanon akan membuat perang yang sedang berlangsung di Gaza kurang mendapat perhatian global.

"Beban militer sekarang beralih ke Lebanon, jadi bahkan perhatian media terhadap Jalur Gaza menjadi nomor dua," kata pria berusia 42 tahun itu kepada AFP.

"Ini mendorong keinginan pendudukan (Israel) untuk melakukan lebih banyak kejahatan."

Serangan Hamas terhadap Israel hampir setahun lalu mengakibatkan kematian 1.205 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel yang mencakup sandera yang terbunuh dalam penahanan.

Dari 251 sandera yang ditawan oleh Hamas hari itu, 97 masih ditahan di Gaza, termasuk 33 yang menurut militer Israel telah tewas.

Serangan militer balasan Israel telah menewaskan sedikitnya 41.495 orang di Gaza, sebagian besar warga sipil, menurut angka yang diberikan oleh kementerian kesehatan wilayah yang dikuasai Hamas itu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menggambarkan angka-angka itu sebagai angka yang dapat diandalkan.

Ada perbedaan yang jelas dalam kerangka waktu dan skala, tetapi Umm Munzir Naim, 52, mengatakan kepada AFP bahwa dia tidak dapat tidak melihat kesamaan antara pertempuran di Lebanon dan di Gaza.

"Perang melawan Lebanon dan Hizbullah adalah perang seperti di Gaza. Korbannya adalah rakyat," katanya.

"Yang kecil, yang besar, properti, semuanya menjadi sasaran, manusia, pohon..."

"Mereka mengatakan itu ditujukan kepada Hamas dan Hizbullah, tetapi di lapangan, orang-oranglah yang mati."

Amreiti mengatakan ia berharap pertempuran akan segera berakhir di kedua tempat itu, dan bahwa nasib mereka bahkan dapat dikaitkan mengingat janji Hizbullah sebelumnya untuk menghentikan pertempuran begitu gencatan senjata Gaza tercapai.

"Hasilnya, harapannya adalah bahwa penyelesaian apa pun dengan Hizbullah juga akan melibatkan Gaza," katanya.

"Saat ini, itulah harapan yang diharapkan oleh anak-anak rakyat Palestina."

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #kami #mengerti #penderitaannya #warga #gaza #merasakan #kepedihan #lebanon

KOMENTAR