Detik-Detik Mengerikan Ledakan Gas Metana di Tambang Iran, 51 Pekerja Tewas 24 Lainnya Masih Hilang
Ilustrasi ledakan gas. (Shutterstock)
13:32
23 September 2024

Detik-Detik Mengerikan Ledakan Gas Metana di Tambang Iran, 51 Pekerja Tewas 24 Lainnya Masih Hilang

Ledakan gas di tambang batu bara di Provinsi Khorasan Selatan Iran menewaskan sedikitnya 51 orang dan melukai 20 orang, kata media pemerintah Iran pada hari Minggu. Kecelakaan itu disebabkan oleh ledakan gas metana di dua blok, B dan C, tambang yang dikelola oleh perusahaan Madanjoo, kata media pemerintah.

"76% batu bara negara ini dipasok dari wilayah ini dan sekitar 8 hingga 10 perusahaan besar bekerja di wilayah tersebut termasuk perusahaan Madanjoo," kata gubernur Provinsi Khorasan Selatan Ali Akbar Rahimi kepada TV pemerintah pada hari Minggu.

Operasi penyelamatan di blok B telah selesai. Dari 47 pekerja yang berada di blok tersebut, 30 orang meninggal dan 17 orang terluka, kata Rahimi sebelumnya.

Operasi penyelamatan di blok C telah dimulai. Kepadatan metana di blok tersebut tinggi dan operasi akan memakan waktu sekitar 3-4 jam, tambahnya.

Baca Juga: Biodata Ali Khamenei dan Kontroversi Pemimpin Iran Soal India

Ada 69 pekerja di blok tersebut pada saat ledakan terjadi, TV pemerintah melaporkan.

"Tujuh belas orang yang terluka dibawa ke rumah sakit dan 24 orang masih hilang," katanya pada hari Minggu mengutip kepala Bulan Sabit Merah Iran.

Ledakan itu terjadi pada pukul 9 malam (1730 GMT) pada hari Sabtu, kata media pemerintah.

Presiden Masoud Pezeshkian menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban. "Saya berbicara dengan para menteri dan kami akan melakukan yang terbaik untuk menindaklanjutinya," kata Pezeshkian dalam komentar yang disiarkan televisi.

Baca Juga: Harga Emas Antam Berbalik Melonjak Tinggi Jelang Akhir Pekan

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #detik #detik #mengerikan #ledakan #metana #tambang #iran #pekerja #tewas #lainnya #masih #hilang

KOMENTAR