Apa Itu Pager? Perangkat Nirkabel yang Ledakannya Tewaskan 9 orang di Lebanon
Ilustrasi Pager (Unsplash.com)
15:04
18 September 2024

Apa Itu Pager? Perangkat Nirkabel yang Ledakannya Tewaskan 9 orang di Lebanon

Sedikitnya sembilan orang tewas dan hampir 3.000 orang terluka di Lebanon setelah ribuan perangkat nirkabel yang digunakan oleh anggota Hizbullah meledak pada hari Selasa. Seorang sumber keamanan senior Lebanon mengklaim bahwa badan mata-mata Israel, Mossad, menanam bahan peledak di dalam 5.000 pager atau "beeper" buatan Taiwan yang dipesan oleh kelompok yang didukung Iran beberapa bulan sebelum ledakan.

Pager atau 'beeper' adalah perangkat komunikasi kecil dan portabel yang menerima pesan singkat, biasanya numerik atau alfanumerik, melalui sinyal frekuensi radio. Pager banyak digunakan sebelum ponsel menjadi populer. Itu adalah alat komunikasi penting, terutama bagi para profesional seperti dokter, jurnalis, teknisi, dan manajer. Itu memungkinkan mereka untuk menerima pesan penting, bahkan di daerah terpencil.

Pengoperasian pager mudah namun efisien. Ketika sebuah pesan dikirim melalui gelombang radio, perangkat akan memberi tahu pengguna dengan bunyi bip yang jelas. Perintah ini kemudian mengharuskan pengguna untuk mencari telepon umum atau telepon rumah terdekat untuk menanggapi pesan tersebut.

Ilustrasi hizbullah (X/@p_alqsa)Ilustrasi hizbullah (X/@p_alqsa)

Seiring kemajuan teknologi, pager mengalami peningkatan yang signifikan. Model-model yang lebih baru dilengkapi dengan layar kecil, yang memungkinkan mereka untuk menampilkan pesan singkat langsung pada perangkat tersebut.

Baca Juga: Polemik Gibran Nonton Konser Bruno Mars: Dicap Pendukung Zionis, Sikap Fufufafa ke Palestina Diungkit

Namun, pada tahun 1990-an, telepon seluler mulai menggantikan perangkat kecil ini. Kenyamanan telepon seluler dengan cepat mengurangi permintaan akan pager, dan pada akhir tahun 1990-an, pager sebagian besar telah menghilang dari penggunaan umum.

Serangan siber baru-baru ini yang menargetkan Hizbullah yang didukung Iran mengungkapkan bahwa pager, yang banyak diasumsikan telah menjadi usang, masih digunakan oleh kelompok tersebut.

Pager digunakan oleh para pejuang Hizbullah sebagai sarana komunikasi berteknologi rendah untuk menghindari pelacakan lokasi Israel.

Menurut laporan, badan mata-mata Mossad Israel menanam bahan peledak di dalam 5.000 pager yang diimpor oleh Hizbullah beberapa bulan sebelum ledakan hari Selasa.

Sumber keamanan Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa pager tersebut berasal dari Gold Apollo yang berbasis di Taiwan, tetapi perusahaan tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak memproduksi perangkat tersebut. Dikatakan bahwa alat itu dibuat oleh perusahaan bernama BAC yang memiliki lisensi untuk menggunakan mereknya, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Baca Juga: Amerika Serikat Beri Peringatan Keras Untuk Israel

Sumber keamanan senior Lebanon mengatakan kelompok itu telah memesan 5.000 alat penyeranta dari Gold Apollo, yang menurut beberapa sumber dibawa ke negara itu awal tahun ini.

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #pager #perangkat #nirkabel #yang #ledakannya #tewaskan #orang #lebanon

KOMENTAR