Pasukan Khusus Israel Menyamar Jadi Wanita, Serbu Rumah Sakit Halhul dan Culik Pasien Terluka
Foto arsip saat pasukan pendudukan Israel menyerbu sebuah rumah sakit di Tepi Barat, wilayah Palestina yang diduduki. 
11:10
12 September 2024

Pasukan Khusus Israel Menyamar Jadi Wanita, Serbu Rumah Sakit Halhul dan Culik Pasien Terluka

Pasukan khusus Israel dilaporkan menyerbu Rumah Sakit Pemerintah Halhul, di utara Kota Hebron, bagian selatan Tepi Barat, Kamis (12/9/2024).

"Penyerbuan oleh Pasukan Khusus Israel ini terjadi setelah tengah malam, dan menangkap seorang pasien," tulis laporan Khaberni.

Direktur rumah sakit Halhul, Salah Tamizi, mengatakan kalau staf medis fasilitas kesehatan tersebut terkejut ketika pasukan khusus tentara pendudukan dengan pakaian sipil menyerbu rumah sakit dan departemennya.

"Mereka menangkap seorang pasien yang membutuhkan perawatan kesehatan," katanya.

Dia menambahkan, penyerbuan rumah sakit oleh pasukan khusus jelas merupakan pelanggaran hukum internasional dan semua konvensi internasional yang melarang penyerbuan rumah sakit dan institusi kesehatan.

Menurut media lokal, pasukan khusus dari tentara pendudukan Israel, menyamar sebagai wanita, menyerbu Rumah Sakit Halhul di Hebron dan menculik seorang pasien terluka karena serangan beberapa hari lalu di Hebron, tulis laporan tersebut. 

IDF Ubah Hebron Menjadi Penjara Besar

Kota Hebron diketahui menjadi satu di antara target operasi militer besar-besaran yang dilakukan pasukan Israel (IDF) di wilayah Tepi Barat.

Dilaporkan, banyaknya penghalang dan pos pemeriksaan Israel bahkan telah mengubah Hebron menjadi 'penjara besar'.

'Zionis Israel berusaha menekan warga Palestina agar memaksa mereka keluar, tetapi kami tidak akan pergi,' kata petani Palestina.

Militer Israel telah mengubah kota Hebron dan kota-kota terdekat di wilayah selatan Tepi Barat yang diduduki menjadi sesuatu yang menyerupai “penjara besar” dengan memutus akses melalui pos pemeriksaan militer dan gerbang besi, kata warga Palestina.

Tindakan keras ini dilakukan setelah seorang pria bersenjata Palestina menewaskan tiga warga Israel di dekat Hebron pada hari Minggu dan menyusul pemboman ganda di pemukiman Gush Etzion.

Hal ini terjadi saat Israel melanjutkan serangannya yang menghancurkan terhadap Gaza dan mengintensifkan serangan di Tepi Barat yang diduduki.

Palestina mencatat bahwa militer Israel telah mengembalikan Hebron ke kondisi yang mirip dengan Intifada Kedua pada tahun 2000, dengan semua jalan dan pintu masuk ke kota-kota di Tepi Barat sekarang diblokir.

Di pintu masuk utara Hebron, yang dikenal sebagai Ras al Jura, seorang koresponden Anadolu mengamati bahwa gerbang logam telah didirikan, yang memaksa warga Palestina untuk berjalan kaki, dan menambahkan bahwa tim medis sekarang tidak dapat mengangkut pasien melalui jalan-jalan ini, sehingga memerlukan pemindahan antar kendaraan di pos pemeriksaan.

Hebron dianggap sebagai provinsi terbesar di Tepi Barat yang diduduki berdasarkan wilayah dan pusat utama perdagangan dan industri.

Hukuman Kolektif

Taysir Abu Sneineh, walikota Hebron, mengatakan kepada Anadolu bahwa "tentara Israel telah mengubah kota itu menjadi sesuatu yang mirip dengan penjara besar dan menerapkan kebijakan hukuman kolektif".

"Semua pintu masuk kota ditutup dengan barikade dan gerbang militer, dan ini terjadi di sebagian besar kota di provinsi tersebut," kata Abu Sneineh, yang menggambarkan tindakan Israel sebagai "hukuman kolektif yang terutama memengaruhi warga biasa," seraya mencatat gangguan parah pada kehidupan sehari-hari, dengan pasar yang hampir kosong dan perdagangan serta transportasi terhenti.

"Kami tidak lagi dapat menyediakan layanan penting seperti pengumpulan sampah karena penutupan ini," imbuhnya, seraya menekankan bahwa "Hebron adalah pusat komersial dan ekonomi, dan penutupan ini, yang kini telah memasuki hari keempat, menyebabkan kerugian finansial yang signifikan.”

Abu Sneineh juga mengkritik situasi di mana "para pemukim bertindak tanpa hukuman, menghancurkan dan membunuh di bawah perlindungan tentara, yang terus memberikan tekanan pada penduduk".

“Orang-orang ingin hidup dengan hak-hak mereka secara aman dan terlindungi; mencabut hak-hak tersebut dapat menyebabkan ledakan."

Pembunuhan dan Pengepungan

Di pos pemeriksaan Ras al Jura, Abdullah Farajallah dari kota Idna, sebelah barat Hebron, mengatakan "peristiwa di Tepi Barat yang diduduki meningkat dengan cepat. Tentara Israel membunuh di Gaza, menghancurkan di Tepi Barat utara, dan mengepung di selatan."

Bersamaan dengan perangnya di Gaza, militer Israel telah memperluas operasinya di Tepi Barat yang diduduki, menewaskan 685 warga Palestina, melukai 5.700 orang, dan menangkap lebih dari 10.400 orang, menurut sumber resmi Palestina, sementara serangan oleh pemukim ilegal Yahudi juga meningkat.

“Pendudukan berusaha menekan warga Palestina agar memaksa mereka keluar, tetapi kami tidak akan pergi,” tambahnya.

Pasar Hampir Kosong

Di pos pemeriksaan yang sama, Mahmoud Ziad, yang mengangkut barang dari wilayah selatan Tepi Barat yang diduduki ke wilayah tengah, menggambarkan situasi tersebut sebagai “sangat sulit, dengan jalan yang ditutup sehingga memaksa dilakukannya pengalihan rute yang panjang sehingga menambah kesulitan, tenaga, dan biaya finansial.”

Di bawah tekanan penutupan Israel, pasar-pasar di Hebron tampak hampir sepi.

"Penutupan ini melumpuhkan aktivitas komersial dan menyebabkan kesulitan bagi warga yang bepergian. Lihatlah kota itu; tidak ada pembeli, dan toko-toko buka tanpa pelanggan," kata Judy al Natsheh, seorang pedagang Palestina, kepada Anadolu.

Pada hari Selasa, harian Israel Hayom melaporkan bahwa Israel kini mengklasifikasikan Tepi Barat yang diduduki sebagai “zona pertempuran,” garis depan paling kritis kedua setelah Gaza.

Laporan tersebut mencatat bahwa peristiwa terkini telah menyebabkan perubahan signifikan dalam pendekatan Israel terhadap Tepi Barat yang diduduki, beralih dari arena sekunder menjadi fokus utama karena serangan baru-baru ini.

Laporan itu menambahkan bahwa serangan baru-baru ini di Tepi Barat menyoroti perlunya tindakan komprehensif di seluruh wilayah, dengan Tepi Barat beralih dari "tong mesiu" menjadi "wilayah di ambang ledakan" hanya dalam waktu 48 jam.

Ia menekankan bahwa "lembaga keamanan menghadapi dilema tertentu di wilayah Hebron".

Militer Israel terus menghancurkan infrastruktur kota di Jenin, Tepi Barat, selama penggerebekan yang telah berlangsung selama 8 hari pada Rabu, 4 September 2024. Militer Israel terus menghancurkan infrastruktur kota di Jenin, Tepi Barat, selama penggerebekan yang telah berlangsung selama 8 hari pada Rabu, 4 September 2024. (İssam Rimawi/Anadolu Agency)

Tepi Barat Jadi Gaza Baru

Keras dan besarnya operasi militer membuat Tepi Barat terancam menjadi “Gaza baru” setelah Israel melancarkan operasi militer di tanah Palestina itu.

Diplomat senior Uni Eropa, Josep Borrell, pada hari Selasa menyinggung meningkatnya kekerasan di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Angka kekerasan di sana melambung semenjak perang di Gaza meletus tanggal 7 Oktober 2023.

“Israel membuka front baru dengan tujuan yang jelas, yakni mengubah Tepi Barat menjadi Gaza baru, dengan meningkatkan kekerasan, delegitimasi Otoritas Palestina, dan memicu provokasi agar bereaksi dengan keras,” kata Borrell saat rapat Liga Arab di Kairo, Mesir, dikutip dari Middle East Eye.

Menurut Borrell, Israel terus berkata kepada dunia bahwa satu-satunya cara mencapai perdamaian ialah dengan mencaplok Tepi Barat dan Gaza.

Tentara Israel membidik di samping kendaraan militer di jalan yang rusak akibat buldoser selama serangan di pusat Jenin di Tepi Barat yang diduduki pada 3 September 2024. Tentara Israel membidik di samping kendaraan militer di jalan yang rusak akibat buldoser selama serangan di pusat Jenin di Tepi Barat yang diduduki pada 3 September 2024. (AFP/ZAIN JAAFAR)

Dia menuding kaum radikal dalam pemerintahan Israel berupaya mengagalkan pendirian negara Palestina pada masa mendatang.

Mengenai negara Palestina itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan beberapa anggota kabinet menganggapnya sebagai ancaman bagi Israel. Beberapa menteri Israel sudah mendesak operasi militer di Tepi Barat ditingkatkan.

“Jika tidak ada tindakan, Tepi Barat akan menjadi Gaza baru,” ujar Borrell.

Menurut Borrel, para pemukim Israel kini menyiapkan pemukiman baru di Tepi Barat.

Dia mengatakan masyarakat internasional mengecam Israel, tetapi susah untuk bertindak.

Kelompok HAM Israel bernama Yesh Din mengklaim jumlah serangan pemukim Israel terhadap warga Palestina di Tepi Barat mencatatkan rekor baru tahun 2023.

Kemudian, Uni Eropa menyebut jumlah izin pemukiman yang dikeluarkan tahun 2023 adalah yang terbanyak dalam puluhan tahun terakhir.

Saat ini ada sekitar 490.000 pemukim Israel yang tinggal di pemukiman-pemukiman Tepi Barat. Padahal, pemukiman itu ilegal menurut hukum internasional.

Sementara itu, warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat berjumlah 3 juta. Mereka termasuk pengungsi Palestina yang terusir dari rumahnya ketika peristiwa Nakba tahun 1948 dan Perang Enam Hari tahun 1967.

Sejak perang Gaza meletus, Israel telah membunuh setidaknya 662 warga Palestina di Tepi Barat. Ratusan orang, termasuk wanita dan anak-anak, ditahan oleh pasukan Israel.

Tepi Barat terancam dicaplok Israel

Menteri Keamanan Israel Bezalel Smotrich mengungkapkan rencananya untuk mencaplok Tepi Barat sepenuhnya.

Bulan Juli kemarin Smotrich mengaku ingin membuat Tepi Barat menjadi “bagian tak terpisahkan dari negara Israel”.

Di samping itu, dia mengklaim tujuan hidupnya adalah mencegah pendirian negara Palestina.

Smotrich sudah meminta Netanyahu agar secara formal menganeksasi Tepi Barat.

Para pakar memperingatkan bahwa pemerintah Israel sudah mengambil langkah besar demi aneksasi itu.

Israel sudah mengalihkan kekuasaan dari Administrasi Sipil, otoritas militer di Tepi Barat, kepada para pejabat sipil yang merupakan bawahan Smotrich.

Langkah itu memberi Smotrich kekuasaan atas segala aspek kehidupan warga sipil di Tepi Barat, mulai dari pembuatan aturan pertanian, kehutanan, hingga lainnya.

Dengan langkah itu, Smotrich membuka jalan untuk pembangunan pemukiman baru dan pencaplokan tanah Palestina.

“Sistem politik Israel yang membiayai dan membangun pemukimn ilegal kini sedanga menghitung monster yang dibuatnya, mewujud dalam meningkatnya peruntungan sayap kanan fasisnya,” kata Abdaljawad, dosen filsafat dan kajian budaya di Universitas Birzeit, dikutip dari Anadolu Agency.

“Sayap kanan itu tak anya ingin mengambil sebagian besar tanah di Tepi Barat dalam jangka panjang dan mencaploknya, tetapi juga membersihkan Tepi Bara dari warga Palestina.”

Sementara itu, Muhammad Ayyash, analis kebijakan di lembaga Al-Shabaka, mengatakan semua tindakan Israel bertujuan untuk membuat warga Palestina tak bisa hidup di Tepi Barat sehingga mulai meninggalkannya.

“Akan ada lebih banyak pembatasan terhadap warga Palestina yang tinggal di Tepi Barat dalam hal pergerakan mereka, akses terhadap tanah mereka, dan kemampuan untuk membangun rumah baru, dan secara umum adalah kemampuan mereka untuk hidup secara pantas, merdeka, dan terhormat,” ujar Ayyash.

 

(oln/khbrn/trtwrld/anadolu/*)

 

 


 
 
 

Tag:  #pasukan #khusus #israel #menyamar #jadi #wanita #serbu #rumah #sakit #halhul #culik #pasien #terluka

KOMENTAR