Oprah Winfrey 'Serang' Donald Trump: Pilih Akal Sehat, Tinggalkan Omong Kosong!
Oprah Winfrey
18:16
9 September 2024

Oprah Winfrey 'Serang' Donald Trump: Pilih Akal Sehat, Tinggalkan Omong Kosong!

Oprah Winfrey membawa kekuatan bintangnya ke malam ketiga Konvensi Nasional Demokrat, mendesak para pemilih untuk menolak Donald Trump dan "memilih akal sehat daripada omong kosong" dengan memberikan suara mereka untuk Kamala Harris. Tokoh acara bincang-bincang itu, salah satu wanita paling berpengaruh di Amerika, naik panggung untuk mendukung calon presiden partai tersebut.

Berbicara di hadapan 23.500 Demokrat yang memadati arena, Winfrey meminta para pemilih untuk mengirim Harris ke Gedung Putih, dengan membingkai pemilihan November sebagai pertempuran untuk kebebasan. "Ada orang-orang yang ingin Anda melihat negara kita sebagai bangsa yang terdiri dari kita melawan mereka, orang-orang yang ingin menakut-nakuti Anda, yang ingin memerintah Anda, orang-orang yang ingin membuat Anda percaya bahwa buku itu berbahaya dan senapan serbu itu aman," ungkapnya.

Tanpa secara langsung menyebut nama lawan Harris dari Partai Republik, Trump, Winfrey menjelaskan dengan jelas siapa yang menjadi targetnya. "Ada cara yang benar untuk beribadah dan cara yang salah untuk mencintai. Orang-orang yang pertama-tama ingin memecah belah dan kemudian menaklukkan. Namun, inilah masalahnya - ketika kita bersatu, mustahil untuk menaklukkan kita."

"Kebebasan itu tidak gratis. Amerika adalah proyek yang terus berlangsung. Itu membutuhkan komitmen. Itu membutuhkan keterbukaan terhadap kerja keras dan kerja hati demokrasi."

Baca Juga: Prediksi 'Nostradamus Politik': Kamala Harris Akan Menang Pemilu AS

Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Dok.Antara]Mantan Presiden AS, Donald Trump. [Dok.Antara]

Winfrey kemudian mengecam Trump atas "cuitan dan kebohongannya", seraya menambahkan: "Ini adalah masa yang rumit, orang-orang, dan itu membutuhkan percakapan yang dewasa."

Oprah Winfrey membidik calon wakil presiden Donald Trump, JD Vance, dengan pesan yang kuat: "Ketika sebuah rumah terbakar, kita tidak bertanya tentang ras atau agama pemiliknya. Kita tidak bertanya-tanya siapa pasangannya atau bagaimana mereka memilih. Tidak, kita hanya mencoba melakukan yang terbaik yang kita bisa untuk menyelamatkan mereka. Dan jika tempat itu kebetulan milik seorang wanita pencinta kucing yang tidak punya anak, kami juga akan berusaha mengusir kucing itu," ungkapnya.

The Mirror melaporkan bahwa pernyataannya merupakan tanggapan tajam terhadap komentar kontroversial Vance selama wawancara Fox News tahun 2021 di mana ia mengkritik kepemimpinan AS sebagai "sekelompok wanita pencinta kucing yang tidak punya anak yang sengsara dengan kehidupan mereka sendiri dan pilihan yang telah mereka buat, sehingga mereka ingin membuat seluruh negara juga sengsara."

Winfrey juga menyampaikan seruan langsung kepada para pemilih independen, dengan menekankan peran penting mereka dalam keberhasilan kandidat mana pun. Ia menyoroti statusnya sendiri sebagai pemilih independen, dengan jelas bertujuan untuk terhubung dengan audiens yang lebih luas di luar basis Demokrat.

Dalam kesimpulan yang menggembirakan, Winfrey menyerukan para pemilih untuk memprioritaskan "akal sehat daripada omong kosong".

Baca Juga: Elon Musk Siap Jabat Posisi Penting Jika Trump Menang Pilpres, Apa Itu?

"Kita adalah orang Amerika. Mari kita pilih kesetiaan kepada Konstitusi daripada kesetiaan kepada individu mana pun - karena itulah yang terbaik dari Amerika. Dan mari kita pilih optimisme daripada sinisme - karena itulah yang terbaik dari Amerika. Dan mari kita pilih inklusi daripada pembalasan. Mari kita pilih akal sehat daripada omong kosong - karena itulah yang terbaik dari Amerika," serunya, yang disambut tepuk tangan meriah dari hadirin.

Mantan Presiden Bill Clinton bergabung dengan jajaran Barack Obama dan Presiden saat ini Joe Biden dalam mendukung Harris, masing-masing menggunakan gaya unik mereka untuk mengkritik Trump. Sementara keluarga Obama memasukkan humor ke dalam kritik mereka, Clinton menggunakan kecerdasan khasnya untuk mengolok-olok petahana dari Partai Republik itu.

"Jangan hitung kebohongan," ia menasihati para pemilih yang menyimak pidato Trump. "Hitung semua huruf I dari seorang pria yang hanya tertarik pada dirinya sendiri."

Ia membingkai pemilihan yang akan datang sebagai pertarungan antara "'Kita Rakyat' versus 'Saya, Diri Saya dan Saya,'" yang memberi semangat kepada para hadirin pada malam ketiga DNC.

Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)Kamala Harris (Instagram/kamalaharris)

Mencoba untuk merebut kembali perdebatan usia yang telah diarahkan terhadap Presiden Joe Biden sebelum ia memberi jalan bagi Harris bulan lalu, Clinton, yang terpilih pada tahun 1992, berkomentar: "Mari langsung ke intinya. Saya terlalu tua untuk memperindah bunga lili. Dua hari yang lalu, saya berusia 78 tahun," sembari juga menekankan bahwa dia masih lebih muda dari Trump.

Clinton lebih lanjut memperingatkan Demokrat agar tidak berpuas diri, merujuk pada kekalahan tak terduga istrinya Hillary pada tahun 2016 dengan mengatakan, "Kita telah melihat lebih dari satu pemilihan berlalu begitu saja ketika kita mengira itu tidak akan terjadi,".

Berasal dari Hope, Arkansas, Clinton dengan terkenal menyatakan pada konvensi tahun 1992 bahwa dia "masih percaya pada tempat bernama Hope."

Kali ini, dia menyatakan: "Dari seorang pria yang pernah mendapat kehormatan dipanggil dalam konvensi ini, seorang pria dari Hope, kita membutuhkan Kamala Harris - presiden yang penuh kegembiraan, untuk memimpin kita."

Dia mengakhiri dengan ajakan untuk bertindak dan sebuah janji: "Jadi, saya akan melakukan bagian saya. Anda melakukan bagian Anda. Saya akan melihat Anda ketika kita membuat kegaduhan yang sungguh menggembirakan ketika suara dihitung,".

Editor: Aprilo Ade Wismoyo

Tag:  #oprah #winfrey #serang #donald #trump #pilih #akal #sehat #tinggalkan #omong #kosong

KOMENTAR