KPAI Minta Pemerintah Keluarkan Regulasi dan Teknologi untuk Blokir Game Online Tidak Sesuai Aturan
Ilustrasi permainan game online. (Istimewa)
15:16
26 April 2024

KPAI Minta Pemerintah Keluarkan Regulasi dan Teknologi untuk Blokir Game Online Tidak Sesuai Aturan

- Di tengah maraknya pemberitaan dan video-video viral di media sosial, mengenai dampak buruk game online Free Fire (FF) pada anak, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kembali menyatakan sikap tegasnya untuk memblokir game daring yang tidak sesuai aturan.

Komisioner KPAI, Kawiyan, dalam pesan singkatnya menyatakan bahwa pemerintah harus hadir dan mengambil peran tegas termasuk menghadirkan kerangka regulasi dan menciptakan teknologi untuk memantau dan memblokir game online yang tidak sesuai aturan.

 

Kawiyan juga menyebut bahwa penerbit game juga wajib menenuhi peraturan tersebut dan harus transparan atas produknya kepada masyarakat.

“Peran pemerintah membuat regulasi dan menciptakan teknologi untuk memantau dan men-take down game online yang tidak sesuai aturan," kata Kawiyan, Kamis (25/4).

"Di sisi lain penerbit juga berkewajiban menenuhi peraturan tersebut dan harus transparan atas produknya kepada masyarakat,” imbuhnya.

Saat kembali ditanya mengenai bisakah Pemerintah mengambil langkah tegas dan memblokir game online FF, Kawiyan menambahkan pemblokiran bisa dilakukan. Namun, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah pemblokiran game daring tersebut.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #kpai #minta #pemerintah #keluarkan #regulasi #teknologi #untuk #blokir #game #online #tidak #sesuai #aturan

KOMENTAR