20 Rekomendasi Anime Bertema Gourmet Buat Kamu yang Hobi Masak dan Kulineran, Dijamin Bikin Ngiler dan Pengin Langsung Masak-masak di Dapur!
20 rekomendasi anime bertemakan gourmet yang dijamin bikin ngiler dan langsung pergi masak ke dapur (sumber: myanimelist).
18:48
24 September 2024

20 Rekomendasi Anime Bertema Gourmet Buat Kamu yang Hobi Masak dan Kulineran, Dijamin Bikin Ngiler dan Pengin Langsung Masak-masak di Dapur!

Kamu hobi masak dan bercita-cita jadi koki terkenal? Kamu foodies yang suka makan-makan dan bercita-cita jadi food-vlogger atau pembawa acara kuliner populer?

Buat kamu yang punya minat di bidang kuliner dan Food and Beverages, ada lho, genre anime yang memang khusus membahas makanan beserta seluk-beluk persiapan sebuah hidangan sebelum sampai di meja makan!

Gourmet namanya. Genre ini menaruh fokusnya pada proses persiapan dan konsumsi suatu jenis makanan atau minuman.

Tokoh-tokohnya juga sering kali adalah koki, pemilik resto dan café, kritikus, atau juga foodies.

Anime gourmet menaruh perhatian khusus pada semua langkah yang dilalui dalam proses memasak, mulai dari deskripsi resep yang terperinci, cara menyiapkan dan mengolah setiap bahan baku, cara penyajian, bahkan tak jarang ditambahkan pula filosofi yang ada di dalam setiap hidangan tersebut.

Buat kamu yang suka masak-masak atau wisata kuliner, yuk, coba simak 20 rekomendasi judul anime bertema gourmet yang telah dirangkum dari situs MyAnimeList berikut yang bisa kamu jadikan teman nonton sambil makan sekaligus menambah pengetahuanmu soal berbagai resep dan macam-macam cara mengolah bahan makanan yang ada di sekitarmu!

1. Food Wars!

Bercerita tentang Yukihira Souma, juru masak pembantu di restoran sang Ayah, yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengembangkan keahlian kulinernya. Souma mendapati dirinya telah didaftarkan ke Akademi Kuliner Tootsuki yang bergengsi dan terkenal dengan "Shokugeki" atau kompetisi memasak antarsiswa. Souma, yang hanya berasal dari restoran kecil, harus bersaing dengan anak-anak pemilik restoran paling top di Jepang. Putra Jouchiro memang berbakat memasak, tetapi apakah keterampilannya saja cukup untuk membuatnya naik sampai ke puncak?

Sedikit saran: ketika kamu hendak menonton serial ini di Bstation atau Netflix, ada baiknya untuk memakai earphone, sebab anime ini memiliki adegan-adegan sugestif yang dilebih-lebihkan ketika sesi mencicipi hidangan yang sanggup membuat siapa saja jadi salah paham dengan tontonanmu. Namun, terlepas dari konten sugestifnya, anime ini sangatlah edukatif. Kamu akan mendapat banyak pengetahuan tentang ragam bahan makanan termasuk cara-cara terbaik untuk mengolahnya. Bahkan, tak jarang, ada beberapa resep yang dipresentasikan oleh para tokoh anime ini bisa kamu tiru di dunia nyata, lho!

2. Delicious in Dungeon

Anime yang bisa kamu tonton di Netflix ini menceritakan seorang satria petualang, Laios Touden, yang memimpin kelompok kecilnya melalui dungeon yang ada di negerinya. Menurut Laios, hal terpenting bagi para petualang di dalam dungeon bukanlah baju zirah, senjata, sihir yang hebat, atau anggota kelompok yang solid, tapi makanan. Ya, makanan!

Meskipun beberapa sekutu Laios meninggalkannya setelah sebuah insiden di dalam dungeon, dua orang tetap berada di sisinya: penyihir elf Marcille Donato dan tukang kunci halfling Chilchuck Tims. Berbekal keahlian kuliner Senshi, Laios bersama Marcille dan Chilchuck pun berjuang lagi untuk menelusuri dungeon sambil belajar tentang santapan lezat—dan satu sama lain—di sepanjang jalan.

Menonton Delicious in Dungeon ini, kamu akan dibawa pada sebuah petualangan di dunia fantasi yang sangat mengasyikkan. Laios akan mengajarimu tentang seluk-beluk monster yang berkeliaran di dalam dungeon, sedangkan Senshi akan memberimu tips dan trik khusus untuk mengolah monster-monster itu menjadi hidangan yang tidak kalah dengan yang disajikan oleh koki di resto bintang lima!

3. Campfire Cooking in Another World with My Absurd Skill

Anime gourmet yang dapat kamu tonton di situs Netflix, iQIYI, dan Bstation ini bercerita tentang Tsuyoshi Mukouda yang secara tidak sengaja terpanggil ke sebuah kerajaan di dunia lain. Pada mulanya, ia dipanggil untuk membantu mempertahankan kerajaan dari serangan musuh. Karena khawatir dengan niat sebenarnya dari keluarga kerajaan, Mukouda yang memang lihai bernegosiasi kemudian mampu keluar dari situasi ini karena keterampilan non-tempurnya "Supermarket Online," yang dianggap tidak berguna oleh para penasihat raja.

Saat Mukouda memasak dengan kemampuannya, tanpa sengaja ia menarik perhatian seekor makhluk dari dalam mitologi bernama Fel. Binatang legendaris itu dengan cepat menegosiasikan kontrak untuk menjadi teman akrab Mukouda. Dengan Fel di sisinya, Mukouda menjelajahi dunia asing ini dengan mencari nafkah sebagai petualang dan pedagang sambil menikmati hidangan lezat setiap harinya.

Menonton anime ini, kamu akan dimanjakan dengan visual yang akan membawamu ke dunia fantasi yang bagai mimpi dan tentu saja liurmu akan ikut menetes seperti halnya Fel ketika menonton aksi memasak Mukouda yang menggugah selera!

4. Restaurant to Another World

Anime yang tayang di Netflix ini, mengutip situs MyAnimeList, bercerita tentang restoran gaya barat Nekoya, yang mana merupakan sebuah restoran populer yang terletak di sudut jalan di distrik perbelanjaan Tokyo. Menyajikan hidangan tradisional Jepang dan juga hidangan Barat, tempat makan ini populer di kalangan penduduk Tokyo. Namun, restoran yang tampak biasa ini ternyata juga populer di kalangan pelanggan lain.

Meskipun restoran ini tutup pada hari Sabtu, kenyataannya pada hari istimewa itu pintu Nekoya dibuka untuk penduduk dari dunia lain. Pelanggan yang datang pun beragam, mulai dari ras naga, elf, peri, bahkan beastman! Walaupun demikian, sang juru masak yang dikenal sebagai "Master" akan menunggu untuk menyajikan hidangan favorit mereka dengan senyum ramah dan membuat mereka kembali lagi pada hari Sabtu mendatang.

Restaurant to Another World merupakan anime episodik dan termasuk genre iyashikei yang membuat jiwamu tenang. Menonton anime ini, kamu akan disambut oleh dua pramusaji cantik yang akan menyuguhimu berbagai kisah tentang para pelanggan Nekoya dan hidangan favorit mereka!

5. Isekai Izakaya: Japanese Food from Another World

Anime yang bisa kamu tonton di aplikasi Bstation ini, bercerita tentang seorang kepala koki berpengalaman bernama Nobuyuki Yazawa dan pelayan ramah bernama Shinobu Senke yang mengelola izakaya bernama Nobu. Pasangan ini berusaha menyambut semua orang dengan tangan terbuka selagi memamerkan menu eksklusif mereka dan memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan.

Saat berita tentang hidangan lezat dari kedai bersahaja ini menyebar ke seluruh negeri, warga Aitheria dari berbagai latar belakang sosial pun ramai-ramai menyerbunya demi mencari masakan baru nan lezat; datang membawa serta perut kosong dan pulang dengan sebungkus cerita menarik tentang betapa maknyus-nya hidangan di sana.

Secara keseluruhan, anime singkat ini telah terbukti lucu dan menghangatkan hati, serta cukup menyehatkan. Buat kamu yang ingin segera bereksperimen di dapur, tidak ada salahnya, lho, untuk menonton segmen food-vlogger ala Jepang yang ada di anime ini karena kamu akan mendapat beberapa resep baru serta tips dan trik memasak hidangan Negeri Sakura tersebut.

6. Bartender/Bartender: Glass of God

Anime yang baru saja mendapat proyek re-make pada musim semi 2024 kemarin dengan judul Bartender: Glass of God yang bisa kamu tonton di situs Crunchyroll atau kanal bstation untuk versi jadulnya, bercerita tentang sebuah bar yang tersembunyi di area Ginza yang beroperasi di bawah tangan dingin Ryuu Sasakura, si Bartender Jenius, yang tak pernah gagal dalam menyajikan minuman terenak kepada para pelanggan.

Bersama Ryuu Sasakura dan para bartender lain, kamu akan diajak untuk melepaskan sejenak segala beban di pundakmu dengan cara menyuguhkan berbagai macam cocktail yang sesuai dengan suasana hati masing-masing sekaligus mengenali cerita dari setiap jenis minuman yang disuguhkan ke hadapan pelanggan. Ada kisah di setiap gelas; ada makna di balik semua cerita.

Kamu-kamu yang kepo dengan filosofi di balik minuman-minuman seperti Highball, Grasshopper, Oldpal, atau Alexander, langsung aja tonton aksi Ryuu Sasakura di balik meja bar!

7. Ristorante Paradiso

Buat kamu yang lebih suka fine dining yang berkelas dan romantis ala Italia dan ditemani para pria matang yang aged fine like a wine, anime gourmet yang bisa kamu saksikan melalui kanal Crunchyroll atau Prime Video ini mungkin cocok untukmu: Ristorante Paradiso, yang berkisah tentang sebuah restoran di suatu tempat di Roma dengan karyawan yang terdiri dari pria-pria gentleman.

Saat Nicoletta masih kecil, ibunya, Olga, meninggalkannya ke Roma untuk menikah lagi. 15 tahun kemudian, si gadis pun pergi ke Roma dan melacak ibunya hingga ke sebuah restoran bernama Casetta dell'Orso. Namun, saat Nicoletta melangkah masuk ke tempat yang dikelola oleh para pria dandy itu, semuanya berubah. Dan seperti pelanggan-pelanggan lain, ia pun tak berdaya menghadapi senyum bijak dan suara hangat mereka. Sebelum Nicoletta menyadarinya, rencananya untuk membalas dendam mulai memudar dan ia terhanyut dalam romansa manis kehidupan sehari-hari ala orang Italia.

Menonton Ristorante Paradiso, membuatmu bagai sedang kencan romantis di restoran-restoran ala Italia sungguhan sembari menyantap hidangan kelas atas ditemani segelas wine berkualitas dan juga seorang gentleman yang memperlakukanmu bak seorang ratu.

8. Today’s Menu for The Emiya Family

Anime yang bisa kamu tonton di aplikasi Bstation ini berkisah tentang Emiya Shirou yang telah mengambil inisiatif untuk memasak bagi rumah tangganya dan menunjukkan kepada Saber keajaiban masakan modern. Setiap hari, ia pergi ke pasar untuk merencanakan hidangan apa saja yang dapat ia masak dengan bahan-bahan unik dan anggaran yang terbatas. Namun, keterampilannya sering kali menarik tamu tak diundang dari seluruh kota sehingga tidak pernah ada momen yang membosankan saat makan malam bersama keluarga Emiya.

Saat tamu-tamunya menghibur diri di ruang tamu, Shirou melalui langkah demi langkah untuk membuat beberapa makanan favorit mereka. Dengan hidangan lezat yang siap kamu santap di tiap episodenya!

Menonton anime ini, selain kamu disuguhi sisi lain para tokoh serial Fate yang berbeda 180⁰, kamu juga akan diajak belajar soal bahan-bahan masakan khas Jepang beserta cara mengolahnya.

9. Cooking Master Boy

Buat kamu yang ingin menonton anime yang vibes-nya mirip Food Wars! tapi risih dengan konten sugestifnya yang tidak terduga, mungkin anime jadul yang bisa kamu saksikan di Prime Video berjudul Cooking Master Boy ini bisa menjadi pilihanmu!

Awal cerita terjadi di Szechuan, tempat kelahiran Mao. Setelah kematian ibu Mao, Pai, yang dijuluki 'Peri Masakan', Mao menjadi Koki Super agar dapat menyandang gelar Master Chef di restoran milik ibunya. Namun, sebelum menggantikan posisi ibunya sebagai Master Chef, ia melanjutkan perjalanan ke Tiongkok untuk mempelajari lebih banyak cara memasak, dengan harapan menjadi koki legendaris seperti ibunya. Selama perjalanannya, ia bertemu dengan teman-teman baik dan pesaing berat yang ingin menantangnya di bidang memasak!

Anime ini akan membawamu ke dunia yang kita semua cintai: makanan! Dan menunjukkan kepada kita bagaimana Mao memasak dengan penuh semangat dan membuat kita lebih menikmati ceritanya.

10. Poco’s Udon World

Rekomendasi anime gourmet berikutnya adalah sebuah anime penyembuh jiwa yang tayang di kanal Crunchyroll berjudul Poco’s Udon World yang bercerita tentang Souta Tawara yang mudik dari Tokyo ke kampung halamannya di Kagawa yang tanpa sengaja bertemu dengan seorang anak laki-laki lusuh yang tertidur di restoran udon. Awalnya, Souta tidak memikirkan pertemuan tak sengaja itu dan memberi anak laki-laki itu makanan dan pakaian. Namun, yang mengejutkannya, anak laki-laki itu tiba-tiba menumbuhkan sepasang telinga berbulu dan juga ekor!

Poco’s Udon World adalah anime yang sangat menggemaskan, yang paling berkesan dari anime ini adalah betapa manis dan menghangatkan hati para tokohnya secara alami. Poco’s Udon World bagus untuk dinikmati sembari duduk santai membiarkan stres hari ini hilang. Mengikuti anime ini kamu diberi cerita tentang menerima kehilangan dan kamu diberi kisah tentang penegasan kembali cinta alami seseorang untuk keluarga serta tempat-tempat yang mereka sebut rumah..

11. Sweetness and Lightning

Anime gourmet yang bisa kamu tonton di aplikasi Bstation dan Prime Video ini bercerita tentang Kouhei Inuzuka yang sejak kematian istrinya telah merawat putrinya, Tsumugi. Namun, dengan kurangnya pengetahuan kuliner, ia pun terpaksa bergantung pada makanan siap saji untuk memberi makan gadis kecil itu. Frustasi karena ketidakmampuannya sendiri dalam menyediakan makanan bergizi bagi putrinya, Kouhei menerima tawaran dari muridnya, Kotori Iida, untuk datang makan malam di restoran keluarga sang putri.

Sweetness and Lightning mengikuti kisah mengharukan tentang seorang ayah yang berusaha sekuat tenaga untuk membuat putri kecilnya yang menggemaskan itu bahagia, sambil mengeksplorasi makna dan nilai di balik memasak, keluarga, dan makanan hangat di rumah yang sering dianggap remeh.

Buat kamu penggemar genre slice-of-life, anime ini wajib kamu masukkan ke daftar rencana tontonan! Anime ini terkesan ringan dalam hal komedi dan lebih memilih untuk menjadi menggemaskan dan menawan meskipun ada beberapa momen lucu. Jika kamu menikmati dinamika orang tua-anak dalam film atau media lain, Sweetness and Lightning benar-benar akan membuatmu terpesona.

12. Deaimon: Recipe of Happiness

Buat kamu yang demen sama kudapan manis dan sedang mencari arti kebahagiaan, maka “Deaimon: Recipe of Happiness” ini adalah salah satu judul yang cocok untukmu, sebab anime ini tidak hanya menunjukkan cara membuat berbagai jenis dagashi—jajanan tradisional khas Jepang—tapi juga akan membisikimu resep-resep untuk menemukan kebahagiaan!

Anime slice-of-life dengan bumbu drama keluarga yang tayang secara premium di aplikasi Bstation dan kanal YouTube Crunchyroll ini bercerita tentang Nagomu Irino yang sepuluh tahun meninggalkan rumah untuk mengejar mimpinya. Ketika akhirnya ia gagal, pemuda itu pun memutuskan untuk kembali setelah mendengar bahwa ayahnya—pemilik toko kudapan manis Ryokushou—telah dirawat di rumah sakit. Khawatir tidak akan ada yang mewarisi toko tersebut jika ayahnya meninggal, Nagomu mempersiapkan diri untuk menerima warisan keluarganya dan seni membuat permen⁠. Namun, betapa terkejutnya Nagomu ketika mengetahui bahwa ayahnya telah memilih penerus yang berbeda: seorang gadis berusia 10 tahun bernama Itsuka Yukihira, yang ditelantarkan di Ryokushou karena alasan yang tidak diketahui!

13. Dagashi Kashi

Di pedesaan, berdiri sebuah toko penganan yang dikelola oleh keluarga Shikada selama sembilan generasi: Shikada Dagashi, sebuah usaha kecil yang menjual panganan tradisional Jepang. Namun, terlepas dari permintaan ayahnya, Kokonotsu Shikada, seorang seniman manga yang bercita-cita tinggi, dengan tegas menolak untuk mewarisi bisnis keluarga. Namun, hal ini mulai berubah dengan kedatangan Hotaru Shidare yang eksentrik. Hotaru mencari ayah Kokonotsu, dengan tujuan untuk membawanya kembali bekerja di perusahaan keluarganya. Meskipun awalnya menolak, Yo Shikada menyatakan bahwa ia akan berubah pikiran dengan satu syarat: jika Hotaru dapat meyakinkan Kokonotsu untuk mengambil alih toko keluarga. Dan dimulailah misi gadis penggila jajanan ini untuk mencerahkan anak laki-laki itu tentang kegembiraan sejati dari dagashi yang lezat dan penuh kenangan!

Dagashi Kashi adalah anime yang semuanya tentang penganan Jepang yang murah dan serba ada. Ide itu kedengarannya bisa jadi sangat membosankan, tetapi buat kamu yang tumbuh-besar bersama jajan-jajan murah atau mainan di warung, mungkin kamu akan ikut bernostalgia dengan menonton anime ini melalui aplikasi Prime Video. Apakah lantas Dagashi Kashi layak untuk ditonton? Mari selami dan cari tahu!

14. Kiyo in Kyoto: From the Maiko House

Kalau kamu suka dengan kultur dan budaya Jepang, mungkin kamu pernah mendengar soal ‘geisha’. Dengan menonton Kiyo in Kyoto: From the Maiko House di Netflix, kamu akan semakin akrab dengan dunia hiburan Jepang yang belum kamu ketahui.

Ini adalah kisah Kiyo, seorang remaja yang pindah ke Kyoto dan menjadi juru masak untuk sebuah Okiya (rumah maiko) tempat temannya Sumire sedang berlatih untuk menjadi seorang calon geisha. Salah satu hal yang membuat dinamika mereka serta keseluruhan pertunjukan ini sungguh begitu utuh adalah betapa dukungan Kiyo terhadap Sumire.

Awalnya mereka berlatih bersama, tetapi dijelaskan bahwa Kiyo terlalu canggung dan tidak cukup anggun, jadi dia diangkat menjadi juru masak. Alih-alih merasa cemburu karena sahabatnya yang malah dalam perjalanan untuk menjadi geisha yang sangat populer, Kiyo justru menjadi pendukung terbesarnya. Sungguh interaksi yang manis dan menawan dan kita butuh lebih banyak hal positif dan kebahagiaan seperti ini sekarang.

15. Kakuriyo: Bed and Breakfast for Spirits

Anime ini bercerita tentang Aoi Tsubaki yang terpaksa hidup di alamnya para ayakashi. Setelah memberikan makan siangnya kepada ayakashi misterius, Aoi dipindahkan ke Alam Tersembunyi, di mana ayakashi tersebut mengungkapkan dirinya sebagai dewa raksasa yang dikenal sebagai Oodanna, "Pemilik Penginapan Utama."

Di sana ia mengetahui bahwa ia digunakan sebagai jaminan utang kakeknya, dan bahwa ia harus membayar harga atas keputusan ceroboh kakeknya dengan menikahi Oodanna. Aoi dengan gagah berani menolak dan memutuskan untuk menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri: ia akan melunasi utangnya sendiri dengan membuka restoran di penginapan Oodanna!

Kabar baik buatmu yang sudah mengikuti serial yang tayang di kanal aplikasi Prime Video ini ataupun yang baru mulai mengikutinya, sebab melansir dari cuitan di akun X/Twitter resminya, (x.com/@kakuriyo_anime) bahwa musim kedua dari anime ini akan tayang pada musim gugur tahun depan, lho!

16. Yotsuiro Biyori

Rekomendasi anime gourmet selanjutnya adalah Yotsuiro Biyori. Buat kamu yang doyan mengagumi keindahan ciptaan Tuhan berwujud ikemen atau pria-pria keren bak model majalah yang melayanimu di sebuah kafe bergaya Jepang, maka anime yang bisa kamu tonton di aplikasi Bstation atau Prime Video ini cocok untukmu.

Mengutip MyAnimeList, anime ini berkisah tentang Kyousui "Sui" Tougoku mewarisi kafe tradisional bergaya Jepang bernama Rokuhoudou dari kakeknya, yang ia kelola bersama teman-temannya. Keramah-tamahan mereka yang luar biasa tidak diragukan lagi mengubah setiap pengunjung yang datang. Setelah melalui berbagai cobaan dan kesengsaraan, staf di kafe sederhana ini berusaha sebaik mungkin untuk melayani pelanggan melalui teh, manisan, atau bahkan membantu mengatasi berbagai masalah yang mungkin sedang mereka alami.

Alur utama anime ini berpusat pada awal dari sesuatu yang baru atau berbeda. Tentu saja, ada sejumlah poin menarik lainnya dalam cerita ini, terutama jika menyangkut berbagai lelucon komedi dan cerita karakter yang menjadi bagian utamanya. Namun, setiap episode menampilkan ide tentang sesuatu yang dimulai, apakah itu cinta baru, awal yang baru dalam hidup, atau baru saja memulai profesi baru dan goyah!

17. Diary of Our Days at the Breakwater

Anime CGDCT (Cute Girls Doing Cute Things) yang bisa kamu saksikan melalui aplikasi Bstation ini dimulai dengan Hina Tsurugi dan keluarganya baru saja pindah kembali ke kota mereka di tepian laut yang indah di daerah Kyushu. Berharap untuk menikmati pemandangan laut yang damai, Hina bertemu dengan seorang gadis bernama Yuuki Kuroiwa—senior di sekolah barunya—yang mengajaknya untuk ikut memancing bersamanya. Yuuki melihat ini sebagai kesempatan untuk memaksa Hina bergabung dengan Klub Pemecah Ombak—tempat para anggotanya berkumpul, menangkap, dan memakan berbagai jenis kehidupan laut sebagai kegiatan utama mereka.

Menonton Diary of Our Days at the Breakwater akan membawamu ikut merasakan asyiknya memancing dan mengenal lebih jauh seluk-beluk hasil tangkapan yang nantinya akan kamu olah dan kemudian sajikan di meja makan. Kamu akan benar-benar belajar banyak hal, mulai dari menyiapkan alat-alat pancing, mengenal jenis-jenis ikan, cara memancingnya, sampai dengan cara terbaik untuk mengolahnya. Tentu saja, manga ini akan membuatmu jadi lebih menghargai asal-usul makanan yang tersaji di meja makanmu.

18. Slow Loop

Anime CGDCT yang juga dapat kamu saksikan di aplikasi Bstation ini bercerita tentang Hiyori Yamakawa yang sejak kecil telah menyaksikan berbagai tingkah aneh ayahnya, tetapi satu kegiatan yang selalu ia sukai bersamanya adalah memancing ikan dengan metode yang disebut sebagai fly fishing.

Tiga tahun setelah sang ayah berpulang, ibu Hiyori memutuskan untuk menikah lagi dan mengatur makan malam antara dirinya dengan Hiyori bersama dengan sang tunangan beserta putrinya untuk merayakannya. Karena cemas, Hiyori pergi ke tempat memancingnya yang biasa ketika seorang gadis yang enerjik bernama Koharu Minagi tiba-tiba muncul di hadapannya. Keduanya segera berkenalan, dengan Koharu yang juga tertarik pada memancing ikan dengan umpan buatan. Namun, pertemuan mereka lebih dari sekadar kebetulan: Koharu ternyata adalah calon saudara tiri Hiyori, yang merupakan awal dari kenangan berharga yang akan mereka berdua ingat saat mereka membangun persaudaraan.

Menonton anime Slow Loop, kamu akan banyak disuguhi momen-momen yang hangat dan manis dari interaksi Hiyori dan Koharu yang masih saling meraba hubungan mereka sebagai keluarga yang baru. Terselip bumbu-bumbu komedi di antara drama keluarga yang menghangatkan, sehingga kamu tidak perlu ragu untuk mulai menambahkan judul ini ke dalam daftar tontonanmu!

19. Oishinbo: The Gourmet

Buat kamu yang bercita-cita menjadi food-vlogger, mungkin anime jadul yang tak lekang ini bisa memberimu banyak pelajaran terkait cara-cara mengulas sebuah hidangan yang baik dan benar.

Berjudul “Oishinbo: The Gourmet” yang bercerita tentang sepak terjang Shiro Yamaoka, seorang jurnalis di surat kabar Tozai Shinbun, yang menangani kolom kuliner di segmen budaya koran tersebut. Bersama rekannya Yuko Kurita, Shiro mencoba menyelesaikan masalah dari orang-orang yang mereka temui lewat makanan. Di saat bersamaan, Shiro juga berusaha untuk menciptakan menu masakan terhebat.

Menonton anime yang dapat kamu saksikan di YouTube, Netflix, serta Amazon Prime ini, kamu akan menyadari bahwa Yamaoka dan Kurita seperti berteman dengan semua orang, yang mana membuat anime ini menjadi kisah kehidupan episodik dengan banyak tokoh yang datang dan pergi layaknya pelanggan sebuah restoran. Sebagai reporter, Shiro memang biasa-biasa saja dan sering kali benar-benar malas. Namun, ketika topik ‘makanan’ diangkat, ia segera unjuk gigi dengan pengetahuannya tentang masakan Jepang yang membuat seorang ahli bakalan iri.

20. Fresh Baked!! Ja-pan!

Anime yang dapat kamu saksikan di kanal YouTube Muse Indonesia ini bercerita tentang Kazuma Azuma yang ingin menciptakan roti nasional Jepang yang unik dan lain daripada yang lain. Keinginan Azuma tersebut bermula lantaran negara-negara seperti Prancis, Inggris, dan Jerman semuanya memiliki roti yang terkenal di dunia, tapi Jepang tidak memiliki roti yang dapat menandingi reputasi roti dari negara-negara tersebut.

Buat kamu yang pengin belajar bikin roti, kamu bisa lho, mempelajari berbagai bahan dan metode memanggang dengan menonton Fresh Baked!! Ja-pan! ini dengan catatan jika kamu dapat membedakan kebenaran dari hal-hal yang tidak masuk akal.

Mengapa kamu harus menontonnya? Selain fakta bahwa anime ini membahas roti yang lezat, dan meskipun setiap episode jelas memiliki pertarungan rotinya sendiri, tapi ada juga cerita yang lebih besar yang terjadi dan menjadi satu kesatuan, dan terlepas dari kekonyolannya, anime ini memiliki pesan yang bagus secara keseluruhan!

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #rekomendasi #anime #bertema #gourmet #buat #kamu #yang #hobi #masak #kulineran #dijamin #bikin #ngiler #pengin #langsung #masak #masak #dapur

KOMENTAR