Terungkap! Rahasia di Balik Kebiasaan Atlet Makan Pisang Setelah Pertandingan
ilustrasi buah pisang (Pixabay)
10:56
23 Juni 2024

Terungkap! Rahasia di Balik Kebiasaan Atlet Makan Pisang Setelah Pertandingan

Pisang bukan hanya buah yang lezat dan mudah ditemukan, tapi juga camilan favorit para atlet. Alasannya banyak, mulai dari kandungan nutrisinya yang kaya manfaat hingga kepraktisannya.

Tidak sekali dua kali kita melihat atlet makan pisang di tengah pertandingan. Rupanya hal ini lazim dilakukan, karena pisang memiliki beragam manfaat bagi atlet. Melansir AS, berikut ini alasan pisang adalah makanan paling tepat untuk atlet:

Ilustrasi Pisang (Pexels/@Any Lane)Ilustrasi Pisang (Pexels/@Any Lane)

Sumber Energi Instan

Pisang kaya akan karbohidrat dan gula alami yang mudah dicerna, sehingga dapat memberikan energi dengan cepat dan efektif bagi tubuh atlet sebelum, selama, dan setelah berolahraga. Hal ini membantu mereka tampil maksimal dan terhindar dari kelelahan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buah untuk Ibu Hamil, Bisa Cegah Mual dan Baik untuk Perkembangan Janin

Kaya Kalium dan Elektrolit 

Pisang merupakan sumber kalium yang sangat baik, mineral penting yang membantu mengatur fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kandungan kalium ini membantu mencegah kram otot dan kelelahan during exercise. Selain kalium, pisang juga kaya akan elektrolit penting lainnya seperti magnesium dan fosfor yang penting untuk kesehatan otot dan saraf.

Mendukung Pemulihan Otot

Pisang mengandung protein dan antioksidan yang membantu pemulihan otot setelah berolahraga. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot, sedangkan antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan selama berolahraga.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Baca Juga: Ngaku Manut Kemauan SYL karena Ada Tekanan, Eks Sekjen Kementan Ketakutan Jabatannya Dicopot

Pisang mengandung serat yang cukup tinggi, yang membantu melancarkan pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu atlet untuk mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badan ideal.

Ilustrasi gambar manfaat buah pisang. (freepik)Ilustrasi gambar manfaat buah pisang. (freepik)

Meningkatkan Mood

Pisang mengandung triptofan, asam amino yang dapat diubah menjadi serotonin dan melatonin dalam tubuh. Hormon ini berperan penting dalam mengatur mood dan membantu atlet untuk merasa lebih rileks dan fokus.

Mudah Dibawa dan Dikonsums

Pisang adalah buah yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Pisang juga tidak perlu diolah, sehingga dapat langsung dikonsumsi dengan mudah dan cepat.

Harga Terjangkau

Pisang adalah buah yang relatif murah dan mudah ditemukan, sehingga menjadi pilihan camilan yang ekonomis bagi para atlet.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #terungkap #rahasia #balik #kebiasaan #atlet #makan #pisang #setelah #pertandingan

KOMENTAR