Simak dan Ketahui, 7 Manfaat Wall Climbing yang Belum Diketahui untuk Kesehatan Tubuh!
Ilustrasi olahraga wall climbing./Freepik
19:42
6 Mei 2024

Simak dan Ketahui, 7 Manfaat Wall Climbing yang Belum Diketahui untuk Kesehatan Tubuh!

 

 

Jawapos.com - Sebagai salah satu olahraga yang tergolong ekstrim, Wall Climbing atau panjat tebing masih asing dikalangan masyarakat.

Namun saat ini olahraga ini sudah mulai diminati masyarakat, hal itu terbukti dengan adanya beberapa fasilitas olahraga wall climbing di tempat umum seperti alun - alun.

Dilansir dari laman Klikdokter.com, olahraga wall climbing, adalah dimana seseorang harus memanjat sebuah dinding yang didesain sedemikian rupa menyerupai sebuah tebing berbatu.

Tentunya dinding yang digunakan sudah dilengkapi dengan bebatuan buatan untuk pijakan kaki dan tangan.

Olahraga jenis ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena termasuk olahraga yang melatih hampir seluruh koordinasi tubuh sekaligus.

Berikut ini beberapa manfaat olahraga wall climbing yang jarang diketahui berdasarkan laman insure4sport.co.uk.

  1. Meningkatkan Kekuatan dan Cengkraman

Panjat tebing atau wall climbing dilakukan dengan melibatkan lengan bawah, kaki, punggung, dan otot inti, sehingga jika semakin sering anda berlatih kekuatan genggaman anda akan semakin meningkat.

Kemudian ketika melakukan aktivitas wall climbing, seluruh bagian otot tubuh akan bekerja untuk menjaga tubuh bertahan pada tumpuan dan tidak jatuh. Inilah mengapa wall climbing bermanfaat untuk melatih seluruh kekuatan otot Anda.

  1. Membakar Kalori

Panjat tebing tidak hanya memberikan latihan kekuatan yang efektif tetapi juga merupakan bentuk kardio yang bagus. Wall climbing ini bisa membakar sejumlah kalori yang serius. Namun tentu saja, berapa banyak kalori yang anda bakar bergantung pada usia, jenis kelamin, dan tipe tubuh anda.

Namun penelitian dari Universitas Charles di Praha, Republik Ceko menemukan bahwa, jika orang dengan berat badan 155 pon naik beberapa tingkat, dia akan membakar antara delapan dan 10 kalori per menit. Itu setara dengan antara 480 dan 600 kalori per jam.

  1. Meningkatkan Keseimbangan

Keseimbangan adalah segalanya saat anda mendaki. Tanpa keseimbangan yang tepat, anda akan kesulitan mengubah pusat gravitasi ke posisi optimal untuk membantu menyelesaikan suatu masalah. Seperti yang kami jelaskan di atas, peningkatan kekuatan inti merupakan salah satu manfaat utama panjat tebing.

Dan kekuatan serta keseimbangan seringkali berjalan beriringan. Oleh karena itu, semakin banyak anda mendaki dan semakin anda meningkatkan kekuatan inti anda, semakin besar peningkatan yang akan anda lihat pada keseimbangan anda.

  1. Membantu Memecahkan Masalah

Setiap pemanjat tebing yang bersemangat pasti tahu perasaan 'bertarung atau lari' itu. Perasaan bahwa posisi kaki dan tangan anda salah dan gerakan anda selanjutnya harus sempurna atau anda akan terjatuh.

Namun, dengan latihan, pemecahan masalah dan pemikiran seperti ini menjadi kebiasaan. Itu pasti terjadi ketika anda terus-menerus harus menyelamatkan diri dari situasi sulit. Melalui sedikit percobaan dan kesalahan, anda menjadi lebih mengenal tubuh anda dan kemampuannya. 

  1. Memberikan Rasa Kebersamaan

Panjat tebing pada dasarnya bisa menjadi olahraga yang sangat erat. Misalnya, jika anda mengunjungi gym panjat tebing, anda sering kali berbagi ruang dinding yang sama dengan beberapa orang sekaligus.

Dan, seperti yang ditemukan oleh pendaki ini, hal ini dapat dengan cepat mengarah pada terbentuknya percakapan dan persahabatan. Bahkan, dia bertemu dengan salah satu sahabatnya di gym pendakian.

  1. Memungkinkan Menjadi Penjelajah

Panjat tebing tidak hanya memberi anda dorongan endorfin, adrenalin, dan perasaan tak terkalahkan, tetapi juga memberi anda kesempatan sempurna untuk menguji diri anda di lingkungan yang berbeda.

Jika anda belum mengetahuinya, Inggris adalah rumah bagi beberapa tempat panjat tebing yang cukup indah. Dari tebing laut Pembrokeshire di Wales hingga Malham Cove di Yorkshire, ada banyak sekali pilihan bagi pendaki alam terbuka. 

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Hal ini sedikit terkait dengan poin nomor lima, baik anda telah mencapai suatu tujuan, menjalin persahabatan dengan pendaki lain atau lebih baik lagi, mencapai sesuatu dengan sesama pendaki panjat tebing dapat meningkatkan kepercayaan diri anda dalam banyak hal.

Beberapa pendakian pertama yang anda coba, anda tidak akan menunjukkan rasa percaya diri. namun setelah beberapa kali melakukan pendakian dan berhasil maka rasa kepercayaan diri dan akan terbangun dan ingin menaklukan banyak tebing.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #simak #ketahui #manfaat #wall #climbing #yang #belum #diketahui #untuk #kesehatan #tubuh

KOMENTAR