Terapkan 10 Prinsip Ini Supaya Anda Menjadi Lebih Bahagia dalam Menjalani Kehidupan Sehari-hari
Ilustrasi seorang perempuan yang tampak bahagia. (Freepik )
13:02
30 April 2024

Terapkan 10 Prinsip Ini Supaya Anda Menjadi Lebih Bahagia dalam Menjalani Kehidupan Sehari-hari

 

 

Dalam menjalani rutinitas sehari-hari, kebahagiaan sering kali dicari untuk dijadikan sebuah prioritas. Saat mencari kebahagiaan, seringkali terasa seperti menelusuri labirin tanpa peta. Bukan hal yang mustahil juga bila terjebak dalam labirin pencari kebahagiaan tersebut.

Bagaimana kita bisa mencapai kebahagiaan dengan konsisten di tengah dinamika kehidupan yang terus berubah dari waktu ke waktu? Jawabannya mungkin terletak pada bagaimana prinsip-prinsip yang anda terapkan agar dapat meningkatkan kualitas hidup.

Prinsip-prinsip ini dapat dijadikan sebagai panduan dan juga sebagai landasan untuk membangun fondasi yang kokoh dalam menjalani setiap hari dengan penuh kebahagiaan. Terapkanlah sepuluh prinsip ini, dan anda akan menemukan diri anda lebih terhubung dengan kebahagiaan dalam setiap langkah kehidupan Anda.

Dilansir dari laman bahagia, perasaan negatif ini akan menumpuk dan lama kelamaan diri anda akan merasa tertekan.

Meskipun perasaan ini tidak terlihat, mereka akan tetap ada. Seiring waktu, mereka membuat kita terbebani dan memberikan dampak buruk pada kita. Beberapa orang jatuh ke dalam pusaran depresi, karena mereka mengesampingkan perasaan negatif mereka tanpa menanganinya. 

Bagaimana cara mengatasi perasaan negatif ini? Bisa dimulai dari Luangkan waktu untuk diri sendiri secara teratur, mengistirahatkan sejenak semua pikiran di kepala anda akan sangat bermanfaat. Dengan melakukan berbagai upaya, salah satunya ialah dengan Meditasi juga dapat membantu menenangkan pikiran.

Tidak masalah menggunakan metode distress seperti bermain game, berjalan-jalan, mengeluarkan unek-unek, atau mendengarkan musik, asalkan kamu kembali menangani masalah setelahnya.

Kemudian kenali sumber yang membuatmu tidak bahagia. Tanyakan pada dirimu sendiri, "Apa yang membuatku tidak bahagia?" Tulis jawabannya di jurnal pribadi anda. Jawabannya mungkin akan membuatmu terkejut. Selanjutnya, buatlah daftar langkah-langkah untuk mengatasi ketidak bahagiaan.

  1. Perbaiki Hal yang Membuatmu jadi Tidak Bahagia

Jika ada hal yang mengganggu anda, segeralah atasi hal tersebut. Jangan sampai perasaan tidak bahagia menyelimuti anda terlebih dahulu, untuk mengatasi hal tersebut anda dapat melakukan tips-tips berikut ini :

  • Tangani Permasalahan atau Isu secara langsung, jangan menunda nunda saat menangani masalah Anda, karena semakin lama anda menunda akan membuat diri Anda menjadi tidak bahagia.
  • Fokus Terhadap Apa yang bisa Anda Lakukan, Anda dapat berfokus pada sesuatu yang ada di masa kini dan pikiran serta tindakan yang dapat Anda kendalikan. Jangan berfokus pada hal-hal di masa lalu atau hal-hal yang belum tentu terjadi. Jangan juga Anda fokus pada pikiran dan tindakan orang lain yang tentu tidak dapat kamu kendalikan.
  • Ingatlah Bahwa Setiap Masalah Pasti Mempunyai Solusi, setelah Anda mengupayakan segala hal yang dapat Anda lakukan, kemudian biarkan segalanya berjalan sesuai takdirnya. Hal terpenting bahwa Anda telah melakukan yang terbaik sesuai kemampuan yang Anda bisa, jadi saatnya membiarkan alam semesta untuk melakukan tugas bagiannya. 
  1. Perbarui Keyakinan atau Cara Pandangmu.

Keyakinan disini memiliki maksud tentang pandangan atau pemahaman seseorang tentang sesuatu yang dianggap benar. Keyakinan bisa tentang berbagai hal, seperti nilai-nilai, agama, atau pandangan tentang diri sendiri dan dunia sekitar. Hal ini dapat memengaruhi perilaku, pikiran, dan perasaan seseorang, serta cara mereka berinteraksi dengan dunia.

Dengan memiliki keyakinan yang terbaik, hal tersebutlah yang membuat diri Anda menjadi kuat. Jika sebuah keyakinan membuatmu tidak bahagia, tinjau kembali keyakinan tersebut. Tidak ada gunanya memegang keyakinan negatif yang akan membuatmu lemah. Tinggalkanlah dan ambillah keyakinan baru yang membuatmu kuat.

  1. Lihat Sisi Positif Dalam Segala Hal

Menghadapi sesuatu yang buruk tidaklah memiliki arti bahwa akan buruk seterusnya. Semua hal dalam hidup memiliki 2 sisi, misalkan Anda gagal dalam melakukan wawancara pekerjaan, setelahnya Anda akan mendapatkan pekerjaan yang lebih cocok untuk diri Anda.

Contoh lainnya, ketika Anda memutuskan untuk menyudahi hubungan yang menyakitkan, mungkin saja setelahnya Anda akan bertemu dengan soulmate Anda. Sadarilah bahwa dalam setiap hal yang terjadi, akan ada sesuatu yang baik yang akan didapatkan, semuanya kembali tergantung ke diri masing-masing untuk menemukan hal baik tersebut.

  1. Lepaskanlah Ekspektasimu

Mungkin Anda sering mendengar peribahasa “jangan memiliki ekspektasi terlalu tinggi, jika tidak mau jatuh terlalu dalam” frasa tersebut erat kaitannya dengan prinsip ini. Ketika kita memiliki sebuah tujuan, itu berarti kita memiliki niat yang mendasarinya.

Ada banyak cara di mana niat ini bisa diwujudkan. Jangan terpaku hanya pada satu harapan tujuan saja. Tetap berpegang teguh pada niatmu, bukan hanya sebatas definisi spesifik tentang bagaimana kamu ingin tujuanmu terwujud.

Setelah kamu melakukan ini, kamu akan menyadari bahwa sekarang kamu membuat kemajuan lebih cepat dari sebelumnya, dan itu adalah ekspektasi atau definisi sempitmu yang telah menghambatmu untuk maju pada awalnya.

  1. Bersyukur Dalam Segala Hal yang Telah Kamu Capai

Lihat sekeliling Anda dan sadarilah, bersyukurlah atas apa yang Anda miliki. Bersyukurlah bahwa Anda tidak menghadapi situasi yang lebih buruk. Bersyukurlah bahwa Anda masih hidup dengan sehat.

Meskipun Anda merasa tidak memiliki apa-apa, kamu selalu memiliki dirimu sendiri dan jiwamu yang  berharga. Ini adalah kekuatan yang paling penting yang pernah kamu butuhkan dalam hidupmu. 

  1. Pikirkan Hal yang Anda Inginkan

Ada 3 manfaat penting dari fokuskan pikiran pada hal-hal yang diinginkan daripada hal-hal yang berpotensi menjadi beban. Pertama, Anda mulai memikirkan peluang daripada batasan. Kedua, Anda mendapatkan kejelasan tentang apa yang Anda inginkan, yang akan membantu Anda mencapai kehidupan yang diinginkan. Ketiga, dengan memikirkan visi idealmu, kamu memasuki keadaan mental yang positif, yang membuat lebih mudah untuk menghadapi tantangan yang kamu hadapi.

  1. Jalani Kehidupan dengan Tujuan yang Jelas

Hidup dengan tujuan yang jelas, dimana Anda memiliki tujuan hidup yang menguatkanmu dan tujuan yang menginspirasi, membuka jalan menuju kehidupan yang bahagia. Apakah Anda sudah menetapkan tujuan hidupmu? Jika belum, lakukanlah mulai dari sekarang.

  1. Kebahagiaan Anda, Pilihan Anda

Anda dapat memilih hal yang membuat Anda bahagia. Misalkan Anda merasa tidak cocok, tertekan, atau bahkan frustasi dengan pekerjaan Anda saat ini. Jika Anda sudah merasa pada batasnya maka Anda dapat memilih untuk mengundurkan diri demi kebahagiaan Anda. 

Tidak ada hal yang membatasi diri Anda untuk memilih kebahagiaan, fokuslah dengan melakukan hal yang bisa Anda kerjakan. Apapun yang terjadi, tidak ada satupun yang dapat merebut kebahagiaan Anda.

  1. Jangan Pikirkan “Kalau Saja”, tetapi “Selanjutnya”

Sebagian besar dari kita setelah melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan, mungkin berpikir “Kalau saja Saya melakukan hal ini?” “Kalau saja Saya melakukan hal itu?”

Hal ini sangat tidak membantu, karena kejadian tersebut telah berlalu.

Daripada memikirkan “kalau saja” yang sudah berlalu, Anda dapat memikirkan “Selanjutnya” yang akan membantu Anda dalam mencegah terjadinya masalah yang sama atau pilihlah tindakan yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Memikirkan hal yang telah berlalu dapat mebebankan Anda, sedangkan memikirkan hal yang akan terjadi dapat menguatkan Anda.

Dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan tantangan dan dinamikaini, dengan menerapkan sepuluh prinsip ini dapat menjadi kunci untuk menemukan kebahagiaan sejati dalam menjalani kehidupan Anda sehari-hari.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #terapkan #prinsip #supaya #anda #menjadi #lebih #bahagia #dalam #menjalani #kehidupan #sehari #hari

KOMENTAR