4 Langkah Mencegah Meningitis Pada Anak, Cegah Jangan Sampai Mematikan!
Petugas menunjukka vaksin untuk meningitis. [Suara.com/Alfian Winanto]
17:08
22 April 2024

4 Langkah Mencegah Meningitis Pada Anak, Cegah Jangan Sampai Mematikan!

Orangtua perlu tahu cara mencegah penyakit meningitis pada anak, karena bila terinfeksi bisa menyebabkan kematian lantaran menyebabkan radang otak. Apalagi penyakit ini bisa menyebabkan gangguan saraf dan menurunkan sistem imunitas tubuh.

Dokter Spesialis Anak Eka Hospital Permata Hijau, Dokter Spesialis Anak Eka Hospital Permata Hijau, dr. Nirmalia Husin, SpA mengatakan meningitis disebabkan infeksi beberapa virus dan bakteri saat terinfeksi melalui droplet atau cipratan ludah.

"Dalam kasus yang langka, meningitis juga bisa disebabkan oleh jamur. Umumnya, virus atau bakteri penyebab meningitis tidak langsung menyerang selaput otak tapi bermula dari bagian tubuh lain," ujar dr. Nirmala melalui keterangan yang diterima suara.com, Sabtu (20/4/2024).

infografis meningitis atau penyakit radang selaput otak. (Suara.com)infografis meningitis atau penyakit radang selaput otak. (Suara.com)

Namun meski berbahaya, penyakit meningitis pada anak dapat dicegah dengan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Terapkan hidup bersih

dr. Nirmala mencontohkan hidup bersih dengan mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan untuk anak, mencuci tangan anak sebelum makan atau sesudah keluar dari WC, terapkan etika batuk atau bersin.

2. Hindari kontak dengan orang yang terinfeksi

Bila ada anggota keluarga yang sakit, kata dr. Nirmala penting untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan dengan cara hindari berbagi barang pribadi, dan segera membawa anggota keluarga ke fasilitas kesehatan untuk mendapat pengobatan.

"Selain itu, jika anak sedang sakit sebaiknya diistirahatkan di rumah untuk menghindari penularan ke anak lain," papar dr. Nirmala

3. Vaksin

Pemberian vaksin merupakan cara mencegah meningitis pada anak yang cukup ampuh. Memberikan imunisasi campak, Hib, polio, dan pneumococcal juga dapat mencegah risiko meningitis virus dan bakteri tersebut.

Selain itu ada pula vaksin meningococcal conjugate vaccine (MenACWY) yang dapat melindungi anak dari infeksi virus meningococcus penyebab meningitis. Vaksin ini dapat diberikan pada anak usia 2 hingga 11 tahun.

"Semakin dini usia anak ketika vaksin diberikan, semakin kecil ia terhindar dari risiko meningitis," pungkas dr. Nirmala.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #langkah #mencegah #meningitis #pada #anak #cegah #jangan #sampai #mematikan

KOMENTAR