Gejala Kolesterol Naik karena Kebanyakan Makan Saat Lebaran, Bisa Sesak Napas?
Ilustrasi makanan lebaran yang picu kenaikan kolesterol. (Pixabay)
08:40
17 April 2024

Gejala Kolesterol Naik karena Kebanyakan Makan Saat Lebaran, Bisa Sesak Napas?

Pada saat Lebaran, biasanya berbagai makanan yang disajikan tinggi akan lemak seperti jeroan, daging olahan, kulit ayam, dan lain-lain. Hati-hati, makanan-makanan ini bisa bikin kolesterol naik loh. Apa saja tandanya?

Selesai berpuasa selama satu bulan, beberapa orang justru mengonsumsi makanan tersebut dengan banyak. Padahal, tanpa disadari berbagai makanan tersebut dapat membuat kolesterol di dalam tubuh menjadi naik.

makanan lebaran dengan kolesterol tinggi. (freepik)makanan lebaran dengan kolesterol tinggi. (freepik)

Berbagai makanan lemak, berminyak, serta manis akan mudah membuat kolesterol naik. Kondisi ini jika diabaikan dapat berisiko sebabkan berbagai masalah kesehatan seperti stroke, diabetes, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan lain-lain.

Sebab risiko tersebut, penting adanya kesadaran diri saat konsumsi makanan saat hari Lebaran agar tidak berlebihan. Apalagi jika tubuh sudah merasa kurang baik. Hal ini dapat menjadi peringatan agar tidak konsumsi makanan tersebut berlebih.

Terkait kolesterol, pada dasarnya penyakit ini tidak memiliki gejala umum. Namun, pada beberapa kasus biasanya tubuh akan merasakan beberapa bagian yang kurang baik. Melansir laman EG Healthcare, berikut terdapat beberapa gejala fisik yang dapat menjadi tanda kalau kolesterol dalam tubuh sedang meningkat.

1. Nyeri dada

Timbulnya rasa nyeri di bagian dada dapat menjadi tanda kalau kolesterol dalam tubuh sedang meningkat. Hal ini terjadi karena darah tidak dapat mengalir dengan baik sehingga menyebabkan nyeri di bagian dada. Jika hal ini terjadi, dapat segera menghubungi dokter untuk melakukan tes dan pengobatan lebih lanjut.

Sesak napas. [Freepik]Nyeri dada dan Sesak napas. [Freepik]

2. Sesak napas

Tanda lain kolesterol sedang meningkat yaitu dari sesak napas. Sesak napas ini dapat terjadi sebagai tanda bahwa jantung tidak dapat memompa darah sebanyak biasanya. Kolesterol yang tinggi dapat membuat penumpukan plak di bagian arteri sehingga jantung harus bekerja lebih keras membuat sesak napas.

3. Kelelahan

Kolesterol yang tinggi dapat diketahui dari seseorang yang mudah lelah. Mereka yang kadar kolesterol tinggi biasanya akan memproduksi lebih banyak LDL (low-density-lipoprotein). Ini merupakan kolesterol jahat yang menumpuk sehingga aliran melalui Arteri menjadi terhambat. Sebab kurangnya pasokan darah ini membuat tubuh menjadi mudah lelah.

4. Kulit menguning dan benjolan

Tanda lahir kolesterol tinggi bisa dilihat dari warna kulit yang berubah menjadi sedikit kekuningan. Selain itu, biasanya juga muncul benjolan kecil di sekitar siku, lutut, bokong, dan lengan.

5. Lingkaran putih keabu-abuan di mata

Mereka yang kolesterol tinggi biasanya juga terlihat ada lingkaran putih keabu-abuan di bagian matanya. Hal ini karena kolesterol menumpuk di pembuluh darah dan membuat endapan sehingga menyebabkan pengerasan arteri dan membatasi aliran darah.

6. Disfungsi seksual

Bagi beberapa laki-laki, kolesterol tinggi dapat diketahui dari dari adanya disfungsi seksual yang dialami. Biasanya para laki-laki akan sulit untuk ereksi saat ingin berhubungan seks. Hal ini karena asupan oksigen yang didapat kurang sehingga sulit untuk ereksi.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #gejala #kolesterol #naik #karena #kebanyakan #makan #saat #lebaran #bisa #sesak #napas

KOMENTAR