Tak Hanya Baik untuk Mata, Kenali 4 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh
Makanan yang kaya akan vitamin A/Freepik.com
08:47
15 Januari 2024

Tak Hanya Baik untuk Mata, Kenali 4 Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh

– Salah satu dari manfaat mengkonsumsi Vitamin A yakni baik untuk menjaga kesehatan mata.

Tak hanya itu, vitamin A juga mempunyai segudang khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Vitamin A termasuk dalam golongan vitamin yang larut dalam lemak. Senyawa vitamin ini berasal dari dua sumber yang berbeda, yaitu sumber hewani dan nabati.

Terdapat berbagai sumber makanan yang mengandung vitamin A, mulai dari daging, ayam, ikan, susu, hingga brokoli serta berbagai makanan lain yang kaya akan retinol.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A dapat memberikan manfaat yang penting bagi tubuh.

Bahkan, orang dewasa di atas 19 tahun disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 900 mcg per hari untuk laki-laki, dan sekitar 700 mcg bagi perempuan seperti yang dilansir dari Harvard School of Public Health, Minggu (14/1).

Tingkat asupan vitamin A yang disarankan di atas merupakan asupan harian maksimum yang tidak menimbulkan efek berbahaya pada kesehatan.

Hal itu menunjukkan bahwa mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya vitamin A dapat melindungi tubuh dari penyakit tertentu dan memberikan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja manfaat dari mengonsumsi vitamin A bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

1.Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi vitamin A sesuai kebutuhan harian dapat mencegah perkembangan rabun senja dan memperlambat penurunan penglihatan yang karena faktor usia.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Asupan vitamin A yang cukup dari makanan nabati dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu, termasuk limfoma, kanker serviks, paru-paru, dan kandung kemih.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga imunitas tubuh. Kebutuhan harian vitamin A yang tercukupi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

4. Mengurangi Jerawat

Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Hal itu disebabkan oleh produksi protein keratin berlebih pada folikel rambut.

Kondisi tersebut menyebabkan sulitnya pengangkatan sel kulit mati dari folikel rambut, sehingga menyebabkan penyumbatan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Itulah beberapa khasiat vitamin A yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Meskipun baik untuk kesehatan, namun asupan vitamin A yang dikonsumsi sebaiknya tidak melebihi batas agar tidak memberikan efek samping yang kurang baik bagi tubuh.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #hanya #baik #untuk #mata #kenali #manfaat #vitamin #bagi #kesehatan #tubuh

KOMENTAR