Ketahui 6 Manfaat Siwak untuk Gigi, Dari Memutihkan Hingga Menghilangkan Bau Mulut
ilustrasi pria tengah membersihkan gigi dengan kayu siwak (Istimewa)
08:36
22 Februari 2024

Ketahui 6 Manfaat Siwak untuk Gigi, Dari Memutihkan Hingga Menghilangkan Bau Mulut

 

 - Siwak termasuk ke dalam jenis alat pembersih gigi yang terbuat dari batang atau akar tanaman Salvadora persica, yang juga dikenal sebagai pohon siwak atau pohon miswak. Tanaman ini tumbuh di berbagai wilayah di Timur Tengah, Afrika, dan Asia Selatan.

Praktik menggunakan siwak telah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan memiliki akar dalam tradisi kebersihan mulut dalam budaya Islam. Awalnya, siwak digunakan sebagai alat pembersih mulut oleh Rasulullah SAW, dan sejak itu menjadi sunnah dalam agama Islam.

Selain itu, siwak juga telah digunakan dalam budaya kuno di berbagai wilayah di dunia sebagai alternatif alami untuk membersihkan gigi.

Praktik menggunakan siwak dianggap sebagai cara alami dan ramah lingkungan untuk menjaga kebersihan mulut, dan banyak orang masih memilih untuk menggunakannya sebagai alternatif atau pelengkap dari sikat gigi modern.

Penggunaan siwak dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Dilansir dari Smile Craft Dental pada Rabu (21/2), berikut merupakan 6 manfaat penggunaan siwak pada gigi.

1. Menunda Pembusukan Gigi


Kualitas paling penting dari batang siwak adalah kemampuannya untuk menunda pembusukan gigi. Batang ini memiliki kualitas besar untuk melawan pembusukan gigi dan menunda prosesnya. Dengan menghentikan pembusukan gigi, ini berarti bahwa batang siwak menghentikan proses perkembangan karies.

Hal ini dimulai ketika siwak diaplikasikan, ia akan meningkatkan produksi air liur, dimana air liur dapat melawan infeksi bakteri yang menyebabkan pembusukan gigi. Selain itu, siwak juga mengandung oksida kalsium dan natrium klorida yang dapat membantu menjaga gigi tetap sehat.

2. Melawan Bakteri

Bakteri bisa menyebabkan kerusakan gigi yang serius. Sementara itu, siwak bertindak melawan bakteri dan meningkatkan kesehatan mulut akibat adanya sifat antibakteri yang dimiliki oleh siwak. Sifat antibakteri ini bisa membantu mengontrol bakteri yang berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut.

3. Mencegah Pembentukan Plak

Plak adalah elemen berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan besar pada gigi dan gusi. Pembentukan plak pada akhirnya menyebabkan karang gigi dan menyebabkan pembusukan gigi. Penumpukan plak juga menyebabkan perubahan warna gigi dan penyakit gusi.

Sementara itu, siwak memiliki kekuatan untuk melawan bakteri. Sifat antibakterinya sangat efektif dalam melawan bakteri. Jika Anda menggunakan siwak secara teratur, Anda akan dapat melawan penumpukan plak dengan mudah.

4. Memutihkan Gigi

Bakteri yang menumpuk dapat membuat warna gigi berubah. Namun, dengan menggunakan siwak, Anda dapat terhindar dari nasalah gigi kuning. Siwak membersihkan gigi dan membuatnya terlihat lebih cerah.

5. Menghilangkan Bau Mulut

Mereka yang menderita bau mulut dapat menggunakan siwak untuk melawan bau mulut. Pada dasarnya, bau mulut adalah hasil dari penumpukan bakteri buruk di dalam mulut. Bau mulut terjadi ketika bakteri buruk berkembang biak. Siwak memiliki sifat antibakteri yang melawan bakteri penyebab bau mulut. Karena itu, penggunaan siwak tidak hanya meningkatkan kesehatan mulut Anda, tetapi juga mengurangi bau mulut.  



6. Meningkatkan Kesehatan Gusi

Kesehatan gusi sangat penting dan tidak boleh diabaikan dalam menjaga kesehatan mulut. Siwak memiliki sifat antibakteri yang membantu menyembuhkan gusi dan memperkuatnya. Penggunaan siwak secara teratur dapat mengurangi risiko terkena gingivitis.

Selain itu, siwak juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Tetapi, sebelum Anda beralih menggunakan siwak sebagai sikat gigi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda.

Cobalah menggunakan siwak sekali atau dua kali sehari dan amati reaksi mulut Anda terhadap siwak. Kemudian, Anda dapat memutuskan apakah ingin terus menggunakan siwak dalam rutinitas kebersihan mulut atau tidak.

Editor: Kuswandi

Tag:  #ketahui #manfaat #siwak #untuk #gigi #dari #memutihkan #hingga #menghilangkan #mulut

KOMENTAR