Rahasia Workout Ala Pemeran Thor di Marvel, Chris Hemsworth: Pola Latihan dan Gaya Hidup Sehat Bikin Tubuh Berotot Secara Alami
Chris Hemsworth ketika promosi film Transformer di NYC./Instagram @chrishemsworth
08:22
22 Oktober 2024

Rahasia Workout Ala Pemeran Thor di Marvel, Chris Hemsworth: Pola Latihan dan Gaya Hidup Sehat Bikin Tubuh Berotot Secara Alami

Bagi Anda penggemar film barat pasti tak asing dengan Chris Hemsworth. Aktor papan atas yang terkenal dengan fisiknya yang bugar dan mengagumkan ini telah menarik perhatian penonton di seluruh dunia.

Tidak diragukan lagi, kondisi fisiknya telah membuat penggemar dan penikmat fim bertanya-tanya tentang olahraganya, pola latihannya, dietnya, dan gaya hidupnya secara keseluruhan.

Namun, topik yang paling banyak dibicarakan adalah latihan Chris Hemsworth, yang membuat bintang Marvel tersebut menambah massa ototnya hingga beberapa kilogram.

Hemsworth menganggap bentuk tubuhnya terbentuk karena faktor genetik, latihan yang konsisten, serta program latihan dan diet yang ketat.

Selain itu, disiplin, ketekunan, dan dedikasinya yang tak tergoyahkan membuatnya memiliki bentuk tubuh seperti superhero.

Dengan bentuk tubuh yang berotot alami, ia yakin bahwa ia terlahir untuk memerankan karakter Avenger terkuat di layar.

Chris Hemsworth adalah aktor Australia ternama yang lahir pada tanggal 11 Agustus 1983. Pada awal tahun 2000-an, ia mulai terkenal melalui serial televisi, Home and Away.

Secara bertahap, dengan beberapa penampilan televisi kecil dan pemeran pembantu, ia kemudian berhasil berperan sebagai karakter utama dalam film Thor dari Marvel Universe , yang meraup lebih dari 500 juta dolar di box office.

Chris kembali memerankan karakternya dalam sekuel Thor, Extraction, Furiosa, dan Avengers, kemudian berhasil meraih ketenaran yang belum pernah ada sebelumnya. Ia adalah salah satu aktor dengan bayaran tertinggi di Hollywood.

Selain prestasi profesional dan karir fenomenalnya, bentuk tubuh Hemsworth yang menakjubkan dengan bisep menonjol dan perut kencang telah membuat rutinitas latihannya menjadi pusat perhatian.

Membangun dan memelihara otot penting untuk gaya hidup sehat dan aktif. Hal ini tidak hanya berlaku bagi aktor maupun atlet, para dokter setuju bahwa memasukkan latihan otot ke dalam rutinitas mereka sepanjang hidup merupakan ide yang bagus bagi semua orang.

Seiring bertambahnya usia, massa otot dan luas penampang otot dapat menurun (sarcopenia), yang menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang (osteopenia), berkurangnya kekuatan, dan akhirnya berkurangnya fungsi.

Mempertahankan otot yang kuat berkontribusi pada tulang yang kuat, yang dapat mencegah patah tulang dan kondisi degeneratif, seperti osteoporosis.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Health & Fitness melansir Forbes Health, kehilangan otot dapat menyebabkan serangkaian masalah kesehatan, yang meliputi kehilangan tulang, penambahan lemak, diabetes, penyakit jantung, dan kematian.

Selain meningkatkan tekanan darah, kontrol glikemik, dan profil lipid (kolesterol), latihan kekuatan untuk membangun otot dapat meningkatkan kesehatan mental.

Seperti apa rutinitas Latihan fisik Chris?

Sejak kecil, Chris gemar berselancar dan bermain sepak bola Australia. Selama masa-masa awal karier aktingnya, ia bugar dan dalam kondisi prima.

Kemudian, untuk membangun rutinitas latihan yang solid, ia meminta bantuan dari teman masa kecilnya sekaligus pelatih pribadi Luke Zocchi yang membuat tubuhnya berubah drastis.

Dengan rencana latihan yang teratur yang dibuat oleh pelatihnya, ia berubah dari manusia biasa menjadi Thor.

Rutinitas latihannya tampak berat dengan beberapa set dan repetisi untuk punggung, dada, kaki, bahu, lengan, dan sirkuit inti tubuh secara menyeluruh.

Selain itu, ia juga melakukan itu dengan 50 pengulangan selama 7 hari dan ia menyukai hasilnya, baik secara fisik maupun mental.

Penelitian juga menyatakan bahwa aktivitas fisik dan olahraga teratur dapat membantu orang tetap sehat, berenergi, dan mandiri seiring bertambahnya usia

Chris pada Minggunya diisi dengan latihan punggung, ia melakukan latihan seperti barbell bent-over row 4 set dengan 12 pengulangan, pull-up, push-up, seated row, dumbbell row, dan Swiss ball hyperextension.

Baginya, hari Senin adalah untuk latihan perut, punggung, dan dada. Push-up dan bench press adalah beberapa latihan ketahanan yang paling umum dengan tujuan utama untuk memperkuat tubuh bagian atas.

Dengan fokus pada dada, ia melakukan latihan seperti barbell bench press 5 set dan 6 repetisi, incline dumbbell bench press, chest press, weighted dip 5 set dengan 8 repetisi, dan cable fly. Bench press adalah gerakan kinetik terbuka, tidak seperti push-up yang tertutup.

Untuk memperkuat otot kakinya, latihan squat dengan barbel, leg press, walking lunge, unilateral leg curl, dan standing calf raises sangat membantunya.

Penelitian menyatakan bahwa lunge dengan resistensi elastis merupakan latihan penguatan kaki yang efektif.

Untuk bahu, Chris menggabungkan military press, Arnold press, barbell shrug, dumbbell lateral raise, dumbbell front raise, dan dumbbell rear delt fly menjadi rutinitasnya.

Latihan atau aktivitas fisik seperti itu memiliki dampak positif pada hasil fisiologis yang melibatkan sistem kardiovaskular yang kuat dan sehat, sistem kekebalan tubuh yang efektif, peningkatan fungsi fisik, vitalitas otot, dan konfigurasi tubuh yang seimbang

Lebih jauh lagi, pada hari lengannya, ia biasa melakukan gerakan barbell biceps curl, skullcrusher, EZ bar preacher curl, dumbbell lies triceps extension, dumbbell hammer curl, triceps pushdown, barbell wrist curl, dan barbell reverse wrist curl.

Terakhir, latihan seluruh tubuh yang dilakukannya meliputi chin-up, sit-up, push-up, burpee, walking lunge, bear crawl, box jump, plank, dan hollow hold.

Menurut sebuah penelitian, latihan berbasis latihan resistansi merupakan salah satu metode latihan yang efektif untuk menurunkan persentase lemak tubuh total dan meningkatkan penambahan otot pada orang dewasa.

Pola hidup dan diet Chris

Untuk membentuk tubuh yang mengesankan, Chris percaya bahwa asupan makanan sama pentingnya dengan berolahraga.

Untuk sarapan, Hemsworth mengonsumsi beberapa protein shake dan super smoothie almond berry. Suplemen protein banyak digunakan oleh atlet dan konsumen yang aktif secara rutin untuk pertumbuhan otot.

Lebih jauh, ia mengandalkan pengganti makanan untuk tetap mengonsumsi kalori dan makronutrien tertentu tanpa perlu mengonsumsi terlalu banyak makanan padat dalam satu hari.

Asupan kalori sangat penting bagi kesehatan seseorang. Asupan kalori tidak hanya tentang kuantitas tetapi juga kualitas.

Rencana diet Chris biasanya terdiri dari banyak dada ayam, daging merah, dan sumber protein rendah lemak lainnya.

Menurut penelitian, daging dada ayam merupakan sumber makanan sehat dengan komposisi nutrisi yang sangat baik. Daging dada ayam mengandung banyak protein, rendah kolesterol, lemak, dan kalori.

Selain itu, ia juga mengonsumsi makanan nabati seperti kedelai, kacang-kacangan, dan kacang polong dengan biji-bijian utuh seperti beras merah.

Mengonsumsi biji-bijian utuh mengurangi risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan obesitas, karena kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Untuk camilan, ia bergantung pada buah-buahan dan sayur-sayuran karena buah-buahan dan sayur-sayuran menyediakan berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan fitokimia.

Selain itu, buah-buahan dan sayur-sayuran menjaga kesehatan dan benar-benar meningkatkan kekuatan otot.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #rahasia #workout #pemeran #thor #marvel #chris #hemsworth #pola #latihan #gaya #hidup #sehat #bikin #tubuh #berotot #secara #alami

KOMENTAR