Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Pasien Kanker Menurut Penelitian, dari Kecambah, Ikan Mentah, hingga Melon
ilustrasi makanan sehat. ( Freepik)
19:50
16 September 2024

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Pasien Kanker Menurut Penelitian, dari Kecambah, Ikan Mentah, hingga Melon

 

–Ketika seseorang menderita kanker, pola makan mereka akan diubah berdasar saran dokter disesuaikan dengan kondisi pasien. Mereka harus selalu menjaga rutinitas makan agar cepat sembuh.

Menurut laman John Hopkins Medicine, pengobatan seperti kemoterapi dan terapi radiasi dapat mengakibatkan berbagai efek samping. Seperti konstipasi, diare, kehilangan indra pengecap, mual, dan kelelahan. 

Terdapat beberapa jenis pengobatan yang melibatkan steroid yang akan meningkatkan selera makan dan kadar gula darah. Karena itu, pasien-pasien ini akan mengalami kenaikan berat badan. 

Pasien kanker pankreas cenderung kesulitan untuk mempertahankan berat badan juga karena pankreas mereka tidak bekerja dengan seharusnya untuk mencerna makanan. Sehingga pasien-pasien ini malah kekurangan berat badan. 

Berikut jenis-jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat menjalankan pengobatan kanker menurut laman City of Hope

Hindari makanan yang tidak dipasteurisasi (susu mentah, telur mentah), daging bebek yang tidak segar dan/atau jeroan. Sebab sering kali tidak dimasak dengan benar. Makanan siap saji, daging dan ikan mentah, serta kecambah. Sebab, terkadang berasal dari habitat yang menampung salmonella dan E.coli. 

Selain itu, hindari berbagai jenis melon karena dapat meningkatkan kontaminasi listeria. Juga telur setengah matang atau mentah, nasi, mi, atau pasta, yang dipanaskan ulang.

Pasien disarankan berkonsultasi ke dokter gizi untuk membuat perencanaan diet yang cocok. Berikut jenis makanan yang disarankan untuk pasien kanker.

Protein tumbuhan

Sayuran kaya protein seperti kacang-kacangan dan biji-bijian karena mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi. 

Apabila ingin mengonsumsi produk hewani, disarankan untuk memilih daging ayam atau ikan yang rendah lemak. 

Lemak sehat

Lemak tidak jenuh juga memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Makanan yang mengandung lemak sehat contohnya adalah alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Kandungan omega-3 ini dapat membantu menangani inflamasi dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Karbohidrat sehat

Pasien disarankan untuk lebih memilih makanan yang tidak diproses berlebihan, seperti gandum utuh, dedak dan oat. Makanan-makanan ini mengandung serat larut yang dapat menjaga bakteri baik dalam usus. 

Serat larut ini juga dapat membantu meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek yang dapat membantu metabolisme dan perbaikan sel.

Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral dapat membantu proses enzimatik di tubuh kita yang akan meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. 

Disarankan untuk makan banyak makanan yang tinggi vitamin D yang bisa ditemukan di susu, jus jeruk, yogurt, dan sereal.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #makanan #yang #boleh #dikonsumsi #pasien #kanker #menurut #penelitian #dari #kecambah #ikan #mentah #hingga #melon

KOMENTAR