Cara Membuat Sarapan Oatmeal, Hidangan Simpel dengan Bahan-Bahan Terbatas dapat Menyehatkan Jantung
Gambar oatmeal dengan tambahan irisan stroberi. (feelgoodfoodie.net)
14:55
22 Januari 2024

Cara Membuat Sarapan Oatmeal, Hidangan Simpel dengan Bahan-Bahan Terbatas dapat Menyehatkan Jantung

 - Oatmeal merupakan salah satu makanan yang cocok untuk sarapan. Selain proses membuatnya terbilang mudah, ternyata oatmeal juga menyehatkan jantung.

Dilansir dari mayoclinichealthsystem.org, oat mengandung jenis serat larut yang disebut sebagai glukan, yang dapat membantu menurunkan kadar gula di dalam darah, sehingga akan mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes dan jantung. 

Oleh karena itu, oatmeal dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan untuk menu sarapan. Selain cara membuat yang cukup mudah, bahan-bahan yang digunakan juga sederhana. 

Dilansir dari feelgoodfoodie.net, hanya terdapat empat bahan sederhana untuk menyajikan oatmeal, yaitu oat, susu, air, dan sedikit gara. 

Selain itu, cara membuat oatmeal, dapat disesuaikan dengan tiga jenis oat, karena setiap jenis memiliki cara yang berbeda.

Jenis-Jenis Oat

  1. Oat Instan

Jenis oat yang satu ini, memiliki tekstur halus dan dapat dimasak dengan sangat cepat. Butuh sekitar satu hingga maksimal 5 menit untuk memasak. 

Selain itu, oat instan akan melalui tahapan pemrosesan, yaitu mulai dari pengeringan hingga pemerasan, sehingga bagi beberapa orang yang tidak suka oat dengan tekstur lembek, tidak akan menyukai oat jenis ini.  

  1. Oat Utuh

Salah satu jenis oat utuh yang tidak melalui proses pengolahan lebih lanjut. Oleh karena itu, dalam proses memasak oat jenis ini membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya 15 hingga 20 menit di atas kompor.

  1. Rolled Oat

Oat jenis ini memiliki bentuk yang sudah dipipihkan, setelah melalui proses pengukusan dan digulung hingga rata. Oleh karena itu, pada saat memasak oat jenis ini, akan cepat matang, namun teksturnya tidak lembek seperti oat instan, melainkan tekstur lembut dan lezat.

Cara Membuat Sarapan Oatmeal

Selain itu, memasak oatmeal dapat dilakukan di atas kompor secara langsung, maupun menggunakan microwave. Berikut cara membuat sarapan oatmeal yang simpel

  1. Memasak di Atas Kompor

Memasak oatmeal di atas kompor, biasanya pada saat porsi yang dibutuhkan banyak atau dari jenis oat membutuhkan proses pemanasan langsung di atas bara api. Adapun cara membuat oatmeal di atas kompor sebagai berikut.

  1. Tahap pertama, yaitu didihkan air atau susu dan garam di dalam panci dengan api sedang.

  2. Pada saat memasukkan oat, api yang digunakan harus dikecilkan, hingga masak selama lima menit atau dapat menyesuaikan dengan jenis oat yang digunakan, dan jangan lupa sesekali diaduk.

  3. Setelah itu, dapat disajikan dan menambahkan pelengkap sesuai keinginan dan kesukaan.  

  4. Memasak dengan Microwave 

Memasak oatmeal menggunakan microwave merupakan pilihan yang tepat untuk porsi yang kecil.

  • Tahap awal dengan mencampurkan air atau susu, oat, garam, ke dalam mangkuk, dan aduk hingga merata. 

  • Masukan mangkuk yang berisi campuran dari bahan-bahan untuk membuat oatmeal ke dalam microwave. Pada tahap ini dapat menggunakan suhu tinggi selama satu setengah menit, hingga 2 menit.

  • Tahap terakhir yaitu menyajikan dan menambahkan pelengkap seperti sedikit susu, sirop, buah-buahan, dan masih banyak pilihan lainnya. 

Salah satu dari cara memasak tersebut, dapat dilakukan dengan menyesuaikan ketersediaan peralatan, porsi, hingga jenis oat yang dipilih. 

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #cara #membuat #sarapan #oatmeal #hidangan #simpel #dengan #bahan #bahan #terbatas #dapat #menyehatkan #jantung

KOMENTAR