Perempuan Simak! Ini Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari Saat Menstruasi
Ilustrasi: Makanan dan minuman yang disarankan dan dihindari untuk dikonsumsi selama menstruasi. (Pixabay)
22:50
6 September 2024

Perempuan Simak! Ini Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari Saat Menstruasi

Ketika perempuan mengalami menstruasi, perubahan suasana hati dan kram perut menjadi hal yang biasa terjadi.

Ketidakseimbangan hormon yang terjadi saat menstruasi dapat menyebabkan emosi menjadi lebih tidak stabil dan tubuh cepat lelah.

Namun, terdapat cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang.

Memilih makanan dan minuman yang tepat, juga menghindari makanan yang dapat memperburuk gejala menstruasi dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan serta menjaga kesehatan tubuh.

Melansir laman Antara News, Jumat (6/9), berikut adalah macam-macam makanan dan minuman yang disarankan dan sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi selama menstruasi.

Makanan dan minuman yang disarankan

1. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran yang kaya zat besi, seperti bayam, kangkung, dan brokoli, dapat membantu meredakan rasa nyeri pada perut, sakit kepala, dan dapat menggantikan hilangnya darah selama menstruasi.

2. Buah-buahan

Buah, terutama pisang, mengandung vitamin B6 dan kalium yang dapat membantu mengatur suasana hati dan mengurangi kram otot.

Selain itu, dalam buah jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dari buah.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Tak hanya pada ikan, omega-3 dalam kacang-kacangan juga sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri perut bagian bawah yang disebabkan oleh menstruasi.

Selain itu, dalam biji-bijian terdapat indeks glikemik yang rendah yang dapat menambah energi saat menstruasi.

4. Ikan berlemak

Omega-3 pada ikan dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit selama menstruasi.

Selain itu, ikan berlemak, seperti salmon, sarden, dan tuna, juga merupakan sumber protein yang baik, sehingga dapat membantu menjaga energi dan mengurangi rasa lapar yang berlebih.

5. Yoghurt

Yoghurt kaya akan kandungan kalsium dan magnesium. Bakteri baik dalam yoghurt dapat membantu memperlancar pencernaan serta mengurangi rasa tidak nyaman di perut akibat menstruasi. Karena itu, disarankan untuk dikonsumsi saat sedang menstruasi.

6. Teh herbal

Teh jahe atau teh peppermint bisa menjadi pilihan minuman yang menenangkan.

Jahe memiliki sifat antiinflamasi yang dapat atasi rasa mual dan nyeri perut. Sementara peppermint dapat membantu atasi kram, kelelahan, atau diare.

Makanan dan minuman yang dihindari

1. Makanan berlemak jenuh dan tinggi

Makanan cepat saji, daging berlemak, dan produk susu penuh lemak sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan peradangan dan ketidaknyamanan selama menstruasi.

Ini juga dapat mengganggu produksi hormon prostaglandin yang dapat meningkatkan kram dan terganggunya siklus menstruasi.

Selain itu, hormon estrogen dapat meningkat sehingga menyebabkan kembung dan rasa nyeri pada payudara.

2. Makanan bergaram tinggi

Makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji dan camilan asin dapat menyebabkan kembung, rasa nyeri pada payudara, kram, dan tekanan darah tinggi.

3. Gula dan makanan manis

Mengonsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan peningkatan gula darah, sehingga dapat memperburuk suasana hati dan merasa lelah.

Selain itu, makanan manis dapat menyebabkan perut terasa kembung dan tidak nyaman.

4. Kafein

Gejala menstruasi, seperti kram perut dan nyeri pada payudara, dapat bertambah buruk ketika mengonsumsi kafein yang terdapat dalam kopi, teh hitam, dan minuman bersoda.

Selain itu, kafein juga dapat mengganggu tidur, yang mana istirahat yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh selama menstruasi.

5. Alkohol

Alkohol dapat meningkatkan peradangan dan memperparah gejala menstruasi, seperti sakit kepala dan kram, juga dapat mengganggu tidur dan menyebabkan dehidrasi yang dapat memperburuk suasana hati dan kesehatan keseluruhan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #perempuan #simak #makanan #minuman #yang #sebaiknya #dikonsumsi #dihindari #saat #menstruasi

KOMENTAR