Kanker Payudara Bisa Dicegah, Hindari Kebiasaan Ini Untuk Kurangi Risiko
Ilustrasi deteksi dini kanker payudara. (Freepik/wayhomestudio)
11:56
21 Agustus 2024

Kanker Payudara Bisa Dicegah, Hindari Kebiasaan Ini Untuk Kurangi Risiko

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering ditemukan. Meski demikian, menurut dokter spesialis di Siloam Hospitals Mampang, dr. Sekar Dorojati Y., SpB, FINACS Bedah, ada beberapa faktor yang dapat dikendalikan untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. 

"Menghindari obesitas, meningkatkan aktivitas fisik, mengadopsi pola makan sehat dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur, serta menghindari konsumsi alkohol, merokok, dan penggunaan obat-obatan hormonal tanpa pengawasan medis adalah langkah-langkah penting," ujar dr. Sekar dalam keterangannya. 

Ia menjelaskan, melalui program SELANGKAH (Semangat Lawan Kanker), pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya skrining dini dalam penanganan kanker payudara.

Pita pink simbol kanker payudara (pexels/padrinan)Pita pink simbol kanker payudara (pexels/padrinan)

dr. Mathelda menekankan bahwa deteksi dini adalah kunci dalam penanganan kanker payudara yang lebih efektif. Langkah yang bisa dilakukan antara lain ialah dengan, Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI), yakni meakukan pemeriksaan mandiri setiap bulan, terutama 7-10 hari setelah menstruasi selesai, dan juga Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS): Konsultasikan dengan tenaga medis untuk pemeriksaan payudara secara klinis.

Baca Juga: Vaksin Kanker Payudara: Harapan Baru untuk Wanita atau Sekedar Janji?

"Pemeriksaan kanker payudara melalui SADARI sebaiknya dilakukan 7-10 hari setelah mens dimulai. Jika ditemukan benjolan pada anak yang masih kecil, segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. USG dapat dilakukan pada usia berapa saja, sedangkan mammografi dianjurkan bagi wanita di atas 40 tahun," ungkap dr. Mathelda.

Lebih lanjut, Matheldajuga mengingatkan beberapa gejala kanker payudara yang perlu diwaspadai mencakup berbagai perubahan fisik pada area payudara, antara lain, nyeri dan bengkak mungkin menjadi tanda awal, disertai dengan kemerahan pada kulit payudara, perubahan ukuran payudara juga bisa menjadi indikasi, terutama jika disertai munculnya benjolan.

"Kemudian juga ada cairan yang keluar dari puting, terutama yang berwarna coklat atau kemerahan, juga perlu diwaspadai karena bisa menjadi tanda keganasan. Selain itu, puting yang tiba-tiba masuk ke dalam adalah gejala lain yang tidak boleh diabaikan," kata dia. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #kanker #payudara #bisa #dicegah #hindari #kebiasaan #untuk #kurangi #risiko

KOMENTAR