Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Raih Gelar Best of The Best dalam Ajang ENSIA Award 2024
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) meraih gelar Best of the Best Participant dalam ajang anugerah Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2024.
22:09
2 Agustus 2024

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Raih Gelar Best of The Best dalam Ajang ENSIA Award 2024

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) meraih gelar Best of the Best Participant dalam ajang anugerah Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2024.

Gelar ini diperoleh Pertamina Patra Niaga Regional JBB setelah berhasil mendapatkan 15 penghargaan Platinum, 22 Gold, dan 26 Silver dalam ajang ENSIA 2024 yang merupakan penghargaan tahunan yang diadakan oleh PT SUCOFINDO sejak 2022 kepada para pelaku usaha atas prestasi mereka dalam pengelolaan lingkungan yang sejalan dengan Peraturan Menteri LHK No. 1 Tahun 2021 mengenai Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER).

Di tahun 2024, ENSIA mengusung tema "Turnaround Innovation for Sustainability" yang juga sejalan dengan inisiatif Green Leadership Perusahaan dalam PROPER KLHK.

Acara ini dibuka oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia Alue Dohong, serta dihadiri juga oleh CH Nety Widyati, Sekretaris Ditjen Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Hari Wibowo selaku Direktur Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring Pelaporan Verifikasi KLHK, Prof. Soedharto P Hadi, MES, Ph.D selaku Ketua Dewan Pertimbangan PROPER Nasional, Fakhrudin sebagai Penata Kelola Perusahaan Negara Madya Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, Billy Mambrasar selaku Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi Pendidikan dan Daerah Terluar, Irvan Susandy selaku Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Efek Indonesia, serta seluruh jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PT SUCOFINDO. Sementara itu, hadir menerima penghargaan dari Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat diwakili oleh Regional Manager HSSE JBB I Made Dwi Darmaputra dan Area Manager Communication, Relations & CSR JBB Eko Kristiawan.

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Gelar Pertamina UMK Academy 2024 Kelas 2

Wakil Menteri LHK, Alue Dohong, dalam sambutannya memberikan tanggapan positif terhadap adopsi tema Green Leadership PROPER Emas. Tema ini mencakup beberapa aspek, yaitu Pengentasan Kemiskinan, Pengurangan Kesenjangan, Pemberdayaan Perempuan, Sistem Pangan yang Sehat bagi Manusia dan Ekosistem, serta Transisi ke Energi Bersih.

“Semoga dengan adanya penghargaan ENSIA tahun ini, dapat menjadi inspirasi penggerak inovasi sosial secara berkelanjutan bagi seluruh local hero Indonesia,” tutur Wamen Alue ditulis Jumat (2/8/2024).

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional JBB Eko Kristiawan menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras tim dalam menciptakan berbagai program yang nyata bagi masyarakat.

ENSIA Award juga memperkuat tekad Pertamina untuk terus berkontribusi dalam inisiatif fokus Environmental, Social and Governance (ESG) serta Sustainable Development Goals (SDGs).

Adapun 9 lokasi kerja di wilayah Regional JBB yang memperoleh penghargaan tersebut meliputi Fuel Terminal Tanjung Gerem, Soekarno-Hatta Fuel Terminal & Hydrant Installation (SHAFTHI), Integrated Terminal Jakarta (ITJ), Fuel Terminal Cikampek, Integrated Terminal Balongan, Aviation Fuel Terminal (AFT) Husein Sastranegara, Fuel Terminal Bandung, Fuel Terminal Tasikmalaya, AFT Halim Perdanakusuma yang terbagi dalam kategori penghargaan yakni Kategori Efisiensi Energi, Penurunan Emisi, Efisiensi Air, Pengurangan Limbah Bahan Bahaya Beracun (LB3), Reduce, Reuse and Recycle - Lingkungan Pembangunan Nasional Berkelanjutan (3R LPNB3), Perlindungan Kehati dan Inovasi Sosial, serta kategori Local Hero.

Baca Juga: Pertamina Patra Niaga SHAFTHI Beri Dampak Positif ke Lingkungan dan Masyarakat Sekitar

“Penghargaan ENSIA 2024 adalah bentuk apresiasi terhadap kami dalam upaya berkelanjutan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Kami berharap pengakuan ini dapat mendorong lebih banyak perusahaan untuk berinovasi dan berkontribusi secara positif pada masyarakat dan lingkungan. Kami percaya bahwa komitmen terhadap pengelolaan lingkungan yang baik akan dampak yang signifikan bagi pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan bersama," ungkap Eko.

Melalui penghargaan tersebut, Pertamina Patra Niaga JBB juga menegaskan komitmennya dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan.

“Dengan fokus pada program-program yang mendukung kesetaraan gender, ketahanan pangan, dan pemberdayaan lokal, sebagai kontribusi aktif Pertamina Patra Niaga JBB dalam mewujudkan ESG dan SDGs,” tutup Eko.

Editor: Iwan Supriyatna

Tag:  #pertamina #patra #niaga #regional #jawa #bagian #barat #raih #gelar #best #best #dalam #ajang #ensia #award #2024

KOMENTAR