Emiten WIFI Gandeng Perusahaan Raksasa Jepang Targetkan Sambungan Internet Cepat ke 25 Juta Pelanggan
Ilustrasi. PT Solusi Sinergi Digital Tbk - Surge (WIFI) resmi menandatangani Kontrak Kerjasama Layanan Konsultasi terkait Fiber To The Home (FTTH) dengan NTT e-Asia Corporation.
14:26
11 Juli 2024

Emiten WIFI Gandeng Perusahaan Raksasa Jepang Targetkan Sambungan Internet Cepat ke 25 Juta Pelanggan

PT Solusi Sinergi Digital Tbk - Surge (WIFI) resmi menandatangani Kontrak Kerjasama Layanan Konsultasi terkait Fiber To The Home (FTTH) dengan NTT e-Asia Corporation.

NTT e-Asia Corporation merupakan anak perusahaan dari Nippon Telegraph and Telephone Corporation (NTT) Group, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia yang berbasis di Jepang.

NTT e-Asia Corporation berfokus pada penyediaan layanan dan solusi TI, dengan memanfaatkan pengalaman dan umber daya NTT yang luas di bidang telekomunikasi dan teknologi informasi. Kerjasama ini ditandatangani Presiden Direktur Surge Bapak Yune Marketatmo dan Representative Director NTT e-Asia Corporation Mr. Yasuyuki Nagae.

Saat ini Surge telah mengoperasikan 7.000 km infrastruktur backbone serat optik berkapasitas besar di sepanjang jalur kereta, jalur pipa gas, serta jalur lainnya di Pulau Jawa. Perseroan juga telah berinvestasi pada penyediaan bandwidth berkapasitas besar hingga 64.000 Gbps. Dan dalam mendukung aktivitas Cloud Computing ke depan, Perseroan juga telah membangun dan mengoperasikan 58 Edge Data Center (EDC) yang tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa, yang masih dapat ditingkatkan hingga 592 lokasi di Pulau Jawa .

Baca Juga: Merancang Jejak Digital yang Baik buat Persiapan Meniti Masa Depan

Saat ini Edge Data Center Perseroan juga telah digunakan Cloud Provider untuk solusi Content Delivery Network (CDN). Seluruh ekosistem digital Perseroan yang saling mendukung ini diharapkan dapat memberikan internet cepat dan terjangkau bagi 25 juta rumah tangga di Pulau Jawa yang dapat berdampak pada perkembangan ekonomi digital ke depan.

Perseroan telah menyelesaikan tahap pertama pembangunan 200 Ribu homepass untuk ISP (Internet Service Provider) lokal. Perseroan saat ini juga tengah merampungkan kerjasama dengan operator dalam membangun 1 juta homepass sambungan internet tetap (Fixed Broadband).

Dengan kerjasama dengan NTT e-Asia Corporation menjadi tonggak penting bagi Surge dalam memperkuat dan memperluas jaringan infrastrukturnya di seluruh daerah yang berdampak positif bagi kinerja fundamental Perseroan ke depan.

“Kami yakin akan keunikan dalam operasi bisnis yang dijalankan oleh Surge, dimana bukan hanya berfokus pada penyediaan konektivitas yang handal dan terjangkau melalui investasi yang efektif dan efisien, tetapi juga bagi tujuan sosial, kesejahteraan masyarakat, dan keberlanjutan“, ujar Representative Director NTT e- Asia Corporation Mr. Yasuyuki Nagae dalam keterangannya dikutip Kamis (11/7/2024).

Sementara itu Yune Marketatmo, Presiden Direktur PT Solusi Sinergi Digital Tbk mengatakan Surge memiliki antusiasme yang sama dengan NTT e-Asia dalam visi membangun ekosistem digital dan memberikan konektivitas yang handal dan terjangkau bagi masyarakat. NTT e-Asia merupakan salah satu perusahaan yang menjadi barometer perkembangan teknologi konektivitas.

Baca Juga: Kisah Dibalik Nama 'Wi-Fi': Sederhana Tapi Tak Terduga

"Dengan keunggulan infrastruktur yang Surge miliki dan pengalaman serta keahlian NTT e-Asia dalam menjalankan bisnis FTTH di berbagai negara, kami yakin dapat memberikan konektivitas internet yang handal dan terjangkau bagi 25 juta rumah tangga di Pulau Jawa yang berdampak signifikan bagi transformasi digital, edukasi dan ekonomi masyarakat”, ujar Yune.

Saat ini PT Integrasi Jaringan Ekosistem telah memiliki sekitar 200 mitra dan klien dengan reputasi baik di industri telekomunikasi yang diantaranya NTT Indonesia, Starlink Services Indonesia, My Republic, Lightstorm, Huawei Cloud, Qualcomm, BDDC, Trans Hybrid Communication, Pertamina Gas Negara, dan lainnya.

Dengan seluruh perkembangan, kolaborasi, dan integrasi seluruh ekosistem digital, Perseroan siap menjadi tulang punggung konektivitas yang mendukung transformasi digital di Indonesia dan memberikan nilai tambah bagi ekonomi nasional.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #emiten #wifi #gandeng #perusahaan #raksasa #jepang #targetkan #sambungan #internet #cepat #juta #pelanggan

KOMENTAR