3 Destinasi Wisata Kelas Dunia Kabupaten Sukabumi Majukan Ekonomi, Ada Lagi yang Baru
Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO [Instagram geopark_ciletuh_sukabumi_]
11:58
16 Mei 2024

3 Destinasi Wisata Kelas Dunia Kabupaten Sukabumi Majukan Ekonomi, Ada Lagi yang Baru

Kabupaten Sukabumi banyak memiliki potensi wisata. Tiga yang terkenal adalah Pantai Cimaja, memiliki ombak berkualitas internasional. Bahkan langganan dijadikan tempat kejuaraan selancar tingkat nasional sampai dunia.

Kemudian objek wisata arung jeram Cikidang. Seperti Pantai Cimaja, destinasi wisata unggulan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini kerap menjadi tujuan wisatawan mancanegara dan pernah menjadi tuan rumah kejuaraan arung jeram mulai tingkat nasional, Asia hingga dunia.

Lantas yang terbaru adalah Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Selain menjadi destinasi wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan Nusantara (wisnu), lokasi ini menjadi tempat penelitian para peneliti dari berbagai negara.

Di ketiga lokasi ini kondisi perekonomian setempat ikut tumbuh dan berkembang, sehingga memberikan nilai positif bagi masyakat sekitar.

Dikutip dari kantor berita Antara, Marwan Hamami, Bupati Sukabumi, Jawa Barat menyatakan bahwa tiga destinasi wisata yang sudah mendunia dan menjadi lokasi berbagai kegiatan skala global.

"Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang mendapat pengakuan dari UNESCO tersebar di beberapa kecamatan di wilayah selatan. Kemudian Pantai Cimaja di Kecamatan Cisolok, dan arung jeram di Kecamatan Cikidang," papar Marwan Hamami.

Lepas dari ketiga destinasi kelas dunia ini, ia menyatakan masih ada sederet destinasi wisata yang belum dikelola dan dimanfaatkan di Sukabumi.

Untuk itu Bupati Sukabumi dan jajarannya menggandeng berbagai instansi dan lembaga untuk mengembangkan potensi wisata itu dengan melibatkan masyarakat.

Marwan Hamami menyuarakan optimisme bahwa destinasi wisata ini dijamin memiliki keunggulan tersendiri. Sehingga, bisa menjadi tujuan wisata utama para wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Dan ditambahkannya Kabupaten Sukabumi akan didorong melakukan perbaikan dan pembangunan berbagai sarana untuk menunjang objek wisata.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #destinasi #wisata #kelas #dunia #kabupaten #sukabumi #majukan #ekonomi #lagi #yang #baru

KOMENTAR