Dorong Perusahaan Terapkan ESG, ICSA dan Olahkarsa Gelar The 2nd GCG International Conference on ESG
Diskusi ''The 2nd Good Corporate Governance (GCG) International Conference on ESG di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa (20/2). (Istimewa)
18:27
20 Februari 2024

Dorong Perusahaan Terapkan ESG, ICSA dan Olahkarsa Gelar The 2nd GCG International Conference on ESG

Indonesia Corporate Secretary Association (ICSA) berkolaborasi dengan Olahkarsa menggelar "The 2nd Good Corporate Governance (GCG) International Conference on ESG." Kegiatan ini berlangsung pada Selasa dan Rabu (2-21/2), bertempat di Hotel Mandarin Oriental Jakarta dan Gedung Bursa Efek Indonesia.

Mengusung tema “ESG in Corporate Governance for Corporate Sustainable Growth”, ICSA bersama Olahkarsa berupaya mendorong peran Sekretaris Perusahaan untuk menciptakan ekosistem bisnis berkelanjutan melalui penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG).

Dalam forum ini, sejumlah narasumber membawakan tema yang sangat relevan dengan dinamika bisnis saat ini, mulai dari wawasan mengenai bisnis berkelanjutan, cara mengadopsi prinsip-prinsip keberlanjutan dalam tata kelola bisnis, digitalisasi untuk mendorong bisnis berkelanjutan, hingga inisiatif best practice keberlanjutan yang telah diterapkan di perusahaan mereka.

Co-Founder & CEO Olahkarsa, Unggul Ananta menjelaskan, ESG saat ini telah menjadi fokus bagi dunia bisnis dari berbagai sektor. Banyak perusahaan di seluruh dunia telah mengakui bahwa ESG bisa menjadi “long term value creation” bagi bisnis. Internalisasi ESG dalam tata kelola bisnis dapat mempengaruhi posisi dan kinerja bisnis dalam jangka panjang.

“Kami memandang bahwa konsep ESG perlu terus digalakkan, dipahami, dan diimplementasikan dalam tata kelola bisnis di berbagai sektor, sebagai langkah mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” ujar Unggul.

Sementara, Ketua Umum ICSA, Katharine Grace menuturkan, dalam upaya mendorong adopsi ESG dalam tata kelola bisnis, pihaknya melihat peran strategis yang dimiliki oleh profesi Sekretaris Perusahaan.

“Forum ini diharapkan dapat menjadi platform dan media dialog untuk mendorong konsensus tentang peran sekretaris perusahaan dalam mempromosikan keselarasan bisnis dan pembangunan berkelanjutan melalui ESG,” ujarnya

.

 

Direktur Eksekutif World Business Council For Sustainable Development (WBCSD) Asia Pacific, Joe Phelan yang juga menjadi narasumber dalam forum ini menjelaskan, saat ini sustainability tidak lagi bersifat “voluntary” namun telah menjadi “mandatory” bagi pelaku bisnis di seluruh dunia. Ia pun mengimbau kepada perusahaan di Indonesia untuk segera mengadopsi ESG dalam tata kelola perusahaan mereka.

“Kemampuan sebuah perusahaan untuk menampilkan performa keberlanjutan perlu selaras antara top hingga ke bottom management. Untuk merealisasikan hal ini, dibutuhkan orang-orang yang memiliki hati untuk bergerak mewujudkan sustainability. Akuntabilitas ini perlu didukung oleh oleh pemerintah melalui regulasi dan juga organisasi lain seperti GRI,” pungkasnya.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #dorong #perusahaan #terapkan #icsa #olahkarsa #gelar #international #conference

KOMENTAR