Luhut Resmikan Bandara Dhoho Kediri di Akhir Masa Jabatan sebagai Menko Marves Kabinet Jokowi
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Bandara Dhoho, Kediri, Jawa Timur, pada Jumat (18/10). (PT Surya Dhoho Investama)
17:54
18 Oktober 2024

Luhut Resmikan Bandara Dhoho Kediri di Akhir Masa Jabatan sebagai Menko Marves Kabinet Jokowi

- Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Bandara Dhoho, Kediri, Jawa Timur, pada Jumat (18/10). Peresmian ini menjadi akhir tugasnya sebagai menteri di era Kabinet Presiden Joko Widodo.   Luhut, melalui Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, mengisahkan soal kesannya terhadap Kediri, yang merupakan bagian dari Wilayah Mataraman. Oleh sebab itu, baginya peresmian Bandara Dhoho sangat memiliki makna tersendiri.   "Bagi saya, peresmian terakhir proyek pembangunan infrastruktur kali ini memiliki makna tersendiri. Karena di tahun 1993, saya mendapatkan penugasan pertama kali menjadi Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya di Kota Madiun," kata Luhut dalam Instagram pribadinya, Jumat (18/10).  

  "Puluhan tahun berselang, saya mengakhiri penugasan saya sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi di Kabupaten Kediri untuk meresmikan Bandara Dhoho. Wilayah Mataraman memang selalu menyimpan banyak memori yang indah sekaligus tak terlupakan bagi perjalanan karir saya selama ini," sambungnya.   Di sisi lain, dia optimistis bahwa kehadiran Bandara Dhoho Kediri menjadi momen bersejarah bagi perkembangan konektivitas di Jawa Timur. Bahkan, bandara ini resmi beroperasi sebagai bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan skema Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) unsolicited.   "Di mana inisiatif proyek datang dari pihak swasta dan didukung penuh oleh Pemerintah. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara sektor publik dan swasta dapat menghadirkan solusi cepat dan efisien dalam menjawab tantangan pembangunan," ujarnya.   Lebih lanjut, dia membeberkan bahwa Bandara Dhoho juga membawa dampak signifikan bagi perekonomian daerah. Dengan adanya fasilitas modern ini, ke depan lapangan kerja baru tercipta, pendapatan masyarakat meningkat, dan Kediri semakin berpotensi menjadi pusat ekonomi baru di Jawa Timur.  

  "Terhubung dengan Tol Akses yang tengah dibangun, bandara ini akan semakin mempermudah mobilitas masyarakat dan distribusi logistik di wilayah selatan Jawa," pungkasnya.   Untuk diketahui, Bandara Dhoho Kediri memiliki luas area lebih dari 300 hektar dan terminal yang mampu melayani 1,5 juta penumpang per tahun, Bandara Dhoho siap menjadi gerbang udara utama di wilayah ini.   Tak lupa, Luhut juga mengucapkan terima kasih kepada PT Gudang Garam melalui PT Surya Dhoho Investama serta semua pihak yang telah berkontribusi terhadap pembangunan Bandara Dhoho yang kini telah diberoperasi dan diresmikan.   "Terima kasih kepada PT Gudang Garam Tbk., melalui PT Surya Dhoho Investama serta semua pihak yang telah berkontribusi mewujudkan konektivitas dan transformasi ekonomi di Jawa Timur," pungkasnya.  

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #luhut #resmikan #bandara #dhoho #kediri #akhir #masa #jabatan #sebagai #menko #marves #kabinet #jokowi

KOMENTAR