Megabuild 2025, Hadir dengan Rebranding dan Fokus pada Inovasi Keberlanjutan  
Megabuild Indonesia 2025 akan berlangsung pada 24–27 April 2025 di Jakarta Convention Center (JCC), disusul oleh edisi ke-23 pada 13-16 November 2025. (Istimewa)
12:27
17 Oktober 2024

Megabuild 2025, Hadir dengan Rebranding dan Fokus pada Inovasi Keberlanjutan  

 

-Megabuild Indonesia 2025, pameran bahan bangunan, konstruksi, arsitektur, dan desain interior terlengkap, siap hadir dengan semangat baru, membawa rebranding yang lebih modern dan fokus pada inovasi berkelanjutan.

Edisi ke-22 dari pameran ini akan berlangsung pada 24–27 April 2025 di Jakarta Convention Center (JCC), disusul oleh edisi ke-23 pada 13-16 November 2025.

Acara itu diselenggarakan oleh Panorama Media dan didukung oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) serta Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), dengan tujuan utama mendorong pertumbuhan industri konstruksi yang relevan dengan situasi ekonomi saat ini.

Royanto Handaya, Direktur Utama Panorama Media, optimistis terhadap masa depan ekonomi Indonesia. “Indonesia saat ini berada di jalur menuju Indonesia Emas 2045, dengan visi menjadi negara maju melalui pertumbuhan ekonomi yang stabil sebesar 6–7 persen per tahun. Pemerintah terus mendukung sektor-sektor strategis, seperti industri domestik dan infrastruktur, untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam rantai pasokan global,” ungkap Royanto.

Dia mengatakan, pameran seperti Megabuild Indonesia diharapkan dapat berperan penting dalam mendukung momentum pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor konstruksi yang tumbuh sebesar 7,29 persen pada kuartal kedua 2024.

Menanggapi kebutuhan pasar, Megabuild Indonesia 2025 hadir dengan tampilan dan konsep yangblebih modern, sesuai dengan tren industri saat ini. Rebranding pameran ini mengusung dua tema besar, yaitu “Innovating for Sustainable Tomorrow” dan “Designing for Inspired Living.” Kedua tema ini dirancang untuk menonjolkan inovasi di bidang material bangunan, desain interior, dan teknologi konstruksi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Talitha Sabrina, Project Manager Megabuild Indonesia, menjelaskan bahwa pameran kali ini akan menghadirkan berbagai elemen baru. “Salah satu fokus utama kami adalah memberikan pengalaman interaktif kepada pengunjung, terutama melalui instalasi di area prefunction. Instalasi ini dirancang agar pengunjung tidak hanya melihat produk, tetapi juga merasakan langsung inovasi yang ditawarkan oleh berbagai brand,” ujar Talitha.

Instalasi ini dikurasi oleh Sidhi Wiguna Teh, arsitek dan kurator di Megabuild Indonesia. Acara ini menargetkan para profesional dari berbagai sektor, seperti arsitek, desainer interior, kontraktor, dan distributor, untuk mengeksplorasi perkembangan terbaru di industri ini.

Selain pameran, Megabuild Indonesia juga akan menghadirkan konferensi yang membahas topik-topik penting terkait inovasi material bangunan, desain, dan teknologi konstruksi, memberikan platform bagi para peserta untuk mendapatkan wawasan mendalam dari para ahli di bidangnya.

Franklin Rachmawan perwakilan dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menegaskan pentingnya dukungan dari asosiasi profesional dalam pameran ini. “Kami percaya bahwa Megabuild Indonesia adalah wadah penting bagi para profesional di sektor konstruksi dan arsitektur untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan menemukan solusi inovatif. Pameran ini akan menjadi momentum penting untuk menggerakkan pembangunan di masa depan,” ucap Franklin.

 

Adi Surya Triwibowo, ketua umum Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) Pusat juga menambahkan, “Desain dan material bangunan terus berkembang seiring dengan kebutuhan pasar dan tren global. Megabuild Indonesia akan memberikan peluang bagi para desainer dan pelaku bisnis untuk menampilkan kreativitas mereka dalam mendukung pembangunan yang lebih inovatif dan inspiratif.” (*)

 

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #megabuild #2025 #hadir #dengan #rebranding #fokus #pada #inovasi #keberlanjutan

KOMENTAR