PT Semen Indonesia Fasilitasi Bimbingan Manasik Haji untuk Masyarakat dan Karyawan di Gresik dan Tuban
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) menggelar bimbingan manasik haji kepada ratusan calon jamaah haji (CJH) dari masyarakat sekitar perusahaan dan karyawan di Gresik dan Tuban. (SIG untuk JawaPos.com)
14:54
23 Januari 2024

PT Semen Indonesia Fasilitasi Bimbingan Manasik Haji untuk Masyarakat dan Karyawan di Gresik dan Tuban

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) memberikan bimbingan manasik haji kepada ratusan calon jamaah haji (CJH) dari masyarakat sekitar perusahaan dan karyawan di Gresik dan Tuban.

Manasik masing-masing dilakukan di Gedung Pusat Penelitian Semen (PPS), Jalan Veteran, Gresik, Minggu (7/1/2023) untuk CJH di Gresik. Sementara CJH Tuban, manasik dipusatkan di Gedung Graha Sandiya, Komplek Perumdin Semen Gresik, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Rabu (10/1/2024) malam.

Hal ini sebagai komitmen perusahaan terhadap masyarakat sekitar dan karyawan SIG untuk memberikan kenyamanan dalam ibadah Haji tahun 2024. Adapun anggaran yang dikeluarkan untuk kegiatan manasik ini sekitar Rp400 juta.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi perusahaan kepada masyarakat sekitar, khususnya kepada CJH di lingkungan perusahaan untuk membekali rukun haji secara teori maupun praktik," kata General Manajer of Corporate Social Responsibility SIG, Edy Saraya saat membuka manasik Haji.

Edy mengatakan, bimbingan manasik haji tersebut diharapkan sebagai bentuk komunikasi antara SIG dengan masyarakat sekitar perusahaan dan karyawan, agar selalu terjalin interaksi sosial dalam setiap kegiatan.

Sementara pelaksanaan manasik CJH Tuban, pembukaan bimbingan manasik haji dilaksanakan di Gedung Graha Sandiya, Komplek Perumdin Semen Gresik, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Rabu (10/1/2024) malam.

Kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh perusahaan bekerja sama dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban ini akan dibagi dalam lima sesi. Pembekalan yang diberikan berupa teori dan praktik, sehingga diharapkan para jemaah benar-benar siap saat menjalankan ibadah di tanah suci.

“InsyaAllah kuota haji tahun 2024 ini untuk Kabupaten Tuban sekitar 1.334 jemaah yang terdiri dari peserta regular, tambahan regular, dan cadangan. Malam ini yang mengikuti kegiatan ada 694 jemaah. Kami berharap semua calon tamu Allah ini dapat mengikuti bimbingan yang diselenggarakan oleh SIG dengan lancar” ungkap EVP of Plant Operational SIG Pabrik Tuban Muchamad Supriyadi, pada pembukaan manasik haji.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) menggelar bimbingan manasik haji kepada ratusan calon jamaah haji (CJH) dari masyarakat sekitar perusahaan dan karyawan di Gresik dan Tuban. (SIG untuk JawaPos.com)

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi perusahaan kepada masyarakat. Harapannya, dengan bekal pengetahuan tentang syarat, rukun, dan serba-serbi haji ini, para CJH dapat menjalankan ibadah rukun Islam kelima dengan baik dan benar.

Sehingga sepulang ke tanah air nanti bisa menyandang gelar haji yang mabrur. “Semoga apa yang telah diberikan oleh perusahaan ini dapat mendukung kelancaran dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci nanti,” harapnya.

Supriyadi juga berharap kepada seluruh calon jemaah haji untuk mendoakan SIG agar diberikan kelancaran dalam operasionalnya, sehingga perusahaan dapat memberikan nilai manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat sekitarnya.

“Kami berharap para calon jemaah haji untuk menyelipkan doa bagi SIG agar tetap unggul menghadapi segala tantangan di era industri persemenan yang semakin kompetitif ini, sehingga dapat meningkatkan pula kontribusi positif kepada masyarakat sekitarnya,” tandasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Kemenag Tuban, Moh. Qosim mengucapkan terima kasih kepada SIG yang telah memberikan berbagai fasilitas dan bekal ilmu manasik haji kepada calon jemaah haji asal Tuban. “Kami mengucapkan terima kasih kepada SIG yang telah istigomah setiap tahun menyelenggarakan manasik haji. Dan ini sangat membantu calon jemaah," ungkapnya.

Qosim juga berpesan kepada seluruh calon jemaah haji asal Kabupaten Tuban untuk serius mengikuti pemantapan manasik haji yang diselenggarakan perusahaan. Selain itu, juga untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang telah dijadwalkan. "Dan mari kita doakan bersama-sama agar SIG semakin maju lagi," pungkasnya.

Sesuai jadwal pembekalan, CJH dari SIG akan mengikuti manasik haji sebanyak 12 kali. Hal itu dilakukan supaya para calon jamaah bisa mendapat pengetahuan tentang rukun haji secara maksimal, sehingga bisa menjadi haji mabrur.

Selain itu, CJH juga diberi fasilitas yang lebih. Mulai dari manasik Haji, pemberangkatan, perlengkapan dan pelayanan kesehatan.

Dengan berbagai fasilitas yang diberikan tersebut, SIG berharap kepada CJH bisa datang dan pulang dengan sehat dan gembira. "Kita juga berharap para CJH ini mendoakan, agar SIG selalu tumbuh dan berkembang. Kita juga berharap, CJH yang bisa berangkat dan pulang dengan sehat dan gembira," katanya.

Seperti diketahui, jumlah CJH dari SIG yang akan berangkat sebanyak 176 orang. Mereka berasal dari Kecamatan Kebomas, Gresik, Manyar, Cerme, Duduk Sampeyan, Sidayu, Balongpanggang, Benjeng, Bungah, Menganti, Kedamean, Panceng dan Pakal-Surabaya. Selain itu, ada juga dari karyawan SIG di Kabupaten Tuban dan Kabupaten Sidoarjo tetapi berasal dari Kabupaten Gresik.

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #semen #indonesia #fasilitasi #bimbingan #manasik #haji #untuk #masyarakat #karyawan #gresik #tuban

KOMENTAR