Mengenal Pallubasa Serigala, Bisnis Milik Alqadri Chaeruddin yang Alami Kecelakaan di Tol Pettarani
Ilustrasi Rumah Makan Pallubasa Serigala (Instagram)
14:26
27 September 2024

Mengenal Pallubasa Serigala, Bisnis Milik Alqadri Chaeruddin yang Alami Kecelakaan di Tol Pettarani

Kecelakaan maut yang terjadi pada Rabu (25/9/2024) malam, telah menelan korban yang merupakan anggota keluarga dari pengusaha ternama pemilik Pallubasa Serigala, Alqadri Chaeruddin.

Insiden tersebut menyebabkan istri dan anak dari pemilik restoran terkenal di Kota Makassar itu meninggal dunia setelah kecelakaan di tol layang Pettarani. Korban meninggal dunia bersama putranya yang masih berusia tujuh tahun.

Kecelakaan maut ini terjadi di Jalan Tol Layang AP Pettarani dekat turunan Jalan Boulevar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (25/9/2024) malam.

Kecelakaan itu melibatkan mobil mewah SUV Land Cruiser berplat nomor B 1539 CJH dan truk kontainer berplat DD 8937 MP.

Baca Juga: BRI Liga 1: Marc Klok Tak Puas Persib Dapat Satu Poin, Syukuri Satu Hal Ini

Profil Pemilik Pallubasa Serigala

Pemilik Pallubasa Serigala adalah pasangan suami istri Haji Al Qadri Haeruddin dan Hajjah Nurjannah Madi. Haji Al Qadri Haeruddin berusia 36 tahun dan telah mewarisi rumah makan Pallubasa Serigala dari sang ayah, mendiang Haji Haeruddin. Ini artinya, Al Qadri menjadi generasi kedua yang mengelola rumah makan tersebut.

Al Qadri kemudian menikahi Nurjannah dan mengelola rumah makan itu bersama. Nurjannah merupakan wanita kelahiran 18 Oktober 1989 dan memiliki seorang anak yang baru berusia tujuh tahun.

Rumah makan Pallubasa Serigala yang dimiliki pasangan Al Qadri dan Nurjannah sangat terkenal di Kota Makassar. Rumah makan ini sudah berdiri selama lebih dari 30 tahun dan terletak di Jalan Serigala Nomor 56, Makassar, sejak tahun 1987.

Rumah makan yang awalnya hanya tenda pinggir jalan ini terus berkembang hingga menjadi rumah makan legendaris. Pallubasa Serigala menghidangkan makanan khas Makassar, yaitu palubasa, yang digemari masyarakat karena rasa kuahnya yang khas.

Baca Juga: Gagal Kalahkan Persib, Bernardo Tavares Dongkol Gegara Ini

Pallubasa Serigala

Pallubasa sendiri berasal dari bahasa Makassar, di mana "pallu" berarti makanan dan "basa" berarti basah. Kuliner ini pada awalnya terlihat mirip dengan coto Makassar, karena keduanya menggunakan daging dan jeroan sapi sebagai bahan utama.

Perbedaan utama antara Pallubasa dan coto terletak pada kuahnya. Pallubasa ditambahkan dengan kelapa parut yang disangrai atau digoreng, sehingga kuahnya menjadi kental. Selain itu, tambahan telur ayam mentah juga membuat Pallubasa lebih spesial.

Banyak tokoh nasional telah mencoba Pallubasa Serigala, termasuk Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla. Selain itu, berbagai artis yang berkunjung ke Kota Daeng juga telah menikmati Pallubasa Serigala.

Pemilik warung Pallubasa di Jalan Serigala, Haji Kadri, menjelaskan bahwa dahulu makanan ini tidak menggunakan telur. Warung Pallubasa yang paling populer di Makassar adalah Pallubasa Serigala, yang terletak di Jalan Serigala, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar.

Pallubasa Serigala berbeda dengan warung Pallubasa lainnya karena rempah-rempah rahasia yang dijaganya sampai sekarang, menghasilkan rasa yang berbeda. Dari segi bahan baku, Pallubasa Serigala tetap menggunakan daging lokal sejak awal hingga sekarang.

Pallubasa Serigala telah membuka dua cabang di Makassar, yaitu di Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Hertasning. Saat ini, kata Kadri, Pallubasa Serigala sedang mempersiapkan cabang ketiganya di daerah Kelapa Gading, Jakarta. Warung Pallubasa Serigala ini mempekerjakan lebih dari 70 karyawan dari semua cabangnya.

Pallubasa Serigala selalu menjadi destinasi wisata kuliner di Makassar. Banyak tokoh politik dan selebriti yang mampir di Pallubasa Serigala dalam kunjungan ke Makassar, seperti Afgan, Andjie, Gibran Rakabuming Raka, Anang dan Ashanty, Ussy dan Andika, Anya Geraldine, hingga Awkarin.

Hal ini juga menjadikan rumah makan milik Al Qadri dan Nurjannah itu begitu terkenal. Pada tahun 2024, Al Qadri dan Nurjannah mengalami kecelakaan di Tol Layang Reformasi yang menyebabkan Nurjannah dan putranya meninggal dunia.

Editor: M Nurhadi

Tag:  #mengenal #pallubasa #serigala #bisnis #milik #alqadri #chaeruddin #yang #alami #kecelakaan #pettarani

KOMENTAR