Bantuan Pemberdayaan BRI Tingkatkan Kapasitas Produksi Klaster Usaha Rumput Laut Semaya di Nusa Penida Bali
Petani rumput laut di Dusun Semaya, Desa Suana, Nusa Penida, Bali. (Dok: BRI)
12:35
25 September 2024

Bantuan Pemberdayaan BRI Tingkatkan Kapasitas Produksi Klaster Usaha Rumput Laut Semaya di Nusa Penida Bali

Siapa sangka rumput laut dapat menjadi sebuah bagian dari kisah yang besar bagi Dusun Semaya, Desa Suana, Nusa Penida, Bali sejak tahun 2012.

Rumput-rumput laut tersebut pun tetap dijaga kualitasnya hingga sekarang, agar tetap stabil di pasaran.

Selain itu, untuk tetap dapat menjaga kapasitas dan kualitas produk rumput laut masyarakat di Dusun Semaya membentuk kelompok petani rumput laut.

Ketua Klaster, I Nyoman Sudastra menjelaskan bahwa kelompok ini didirikan dengan tujuan untuk menyatukan pandangan para petani rumput laut sekaligus menjaga kualitas produk dengan mempersiapkan lahan hingga mencari bibit yang berkualitas.

Baca Juga: Jangkau 26 Ribu Petani, Wilmar Luncurkan Prospek

“Kami memilih bibit yang berkualitas untuk memastikan pertumbuhan yang optimal, dan menyiapkan lahan dengan teliti. Panen biasanya dilakukan setiap bulan, namun bisa lebih sering tergantung pada luas lahan yang kami kelola,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa mayoritas warga Dusun Semaya saat ini adalah petani rumput laut, dan pendapatan dari budidaya ini telah memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

Produksi rumput laut di Dusun Semaya, Desa Suana, Nusa Penida, Bali. (Dok: BRI)Produksi rumput laut di Dusun Semaya, Desa Suana, Nusa Penida, Bali. (Dok: BRI)

“Rumput laut memberikan hasil yang signifikan bagi warga kami, khususnya dari segi penghasilan,” tambah Sudastra.

Anggota Klaster, I Wayan Sugarta menuturkan bahwa kualitas rumput laut di Dusun Semaya tidak perlu diragukan lagi.

“Rumput laut Nusa Penida itu kualitas yang paling terbaik. Rumput lautnya sangat diminati karena kualitasnya yang luar biasa,” terangnya.

Baca Juga: Ada Cokelat Assorted Kakaw Gratis untuk Nasabah BRI! Simak di Sini!

Tak hanya laki-laki yang terlibat dalam budidaya, tetapi perempuan pun berperan aktif. Contohnya, Ni Wayan Sari Warningsih, anggota klaster yang berinovasi mengolah rumput laut menjadi produk bernilai tambah seperti kerupuk rumput laut.

Sementara itu, untuk meningkatkan kapasitas produksi sebagian besar petani rumput laut pun telah mendapatkan dukungan permodalan dari BRI melalui KUR BRI.

Tidak hanya itu, para petani juga diberikan edukasi dan kemudahan dalam transaksi keuangan melalui BRImo.

Wayan Sugarta berterima kasih kepada BRI yang selama ini telah memberi dukungan pemberdayaan sarana pendukung produksi seperti jaring dan tali sehingga sangat membantu kelompok meningkatkan kapasitas produksi rumput laut.

“Kalau transaksi jual belinya kita memakai BRImo dari pabrik juga baik itu juga eksportir kalau kita kirim transfer lewat BRImo. Berbicara permodalan dari BRI itu sangat luar biasa sekali terus terang karena mengawali saya untuk melakukan satu usaha itu memang dibantu oleh BRI mangkannya saya sering bilang BRI itu orang tua kedua saya untuk membantu segala usaha saya,” terang Wayan Sugarta.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #bantuan #pemberdayaan #tingkatkan #kapasitas #produksi #klaster #usaha #rumput #laut #semaya #nusa #penida #bali

KOMENTAR