Daftar Negara Kekurangan Penduduk Usia Produktif, Bisa Jadi Tujuan Pencari Kerja
Hungaria, salah satu negara dengan biaya hidup termurah di Eropa. (Unsplash/ErvinLukacs)
12:42
18 September 2024

Daftar Negara Kekurangan Penduduk Usia Produktif, Bisa Jadi Tujuan Pencari Kerja

Penduduk usia produktif dibutuhkan oleh sebuah negara untuk mengisi pos-pos pekerjaan hingga pemerintahan. Tanpa dukungan kelompok penduduk ini, tentu tidak sedikit pos kerja yang akan terhambat. Nah, berikut daftar negara yang kekurangan penduduk usia produktif pada beberapa tahun terakhir, membuka peluang untuk menjadi TKI dan memperoleh penghasilan lebih!

Krisis pekerja dan penduduk usia produktif banyak diakibatkan oleh pandemi yang terjadi beberapa tahun lalu. Meski demikian, hal ini juga terjadi karena tren tingkat regenerasi yang menurun di banyak negara berikut ini.

1. Hungaria

Negara ini mengalami krisis karena pandemi lalu dan masih dalam pemulihan hingga saat ini. Meski pada awal 2022 diprediksi pemulihan akan mulai berjalan progresif, nyatanya Hungaria masih harus berhadapan dengan krisis tenaga kerja.

Baca Juga: Respons KBRI Tokyo Soal 'Geng TKI' Di Osaka: Jaga Nama Baik Indonesia

Diungkapkan oleh salah satu perusahaan layanan rekrutmen pekerja terbesar di negara tersebut, WHC Group, solusi jangka panjang untuk hal ini adalah mempekerjakan pekerja di Asia dalam jangka panjang.

2. Australia

Mungkin menjadi salah satu negara yang paling banyak diberitakan membutuhkan tenaga kerja belakangan ini, dan telah terjadi peningkatan minat untuk WNI bekerja di negara tersebut. Kekurangan penduduk usia produktif yang mau bekerja mengisi pos yang ada menjadi masalah, sebab kebutuhan tenaga kerja masih berjumlah puluhan ribu orang.

Untuk mengatasi kondisi ini, sejak akhir tahun 2021 lalu Australia telah membuka pembatas bagi pelajar atau wisatawan yang ingin ke negara tersebut. Bahkan untuk mahasiswa ada kesempatan bekerja di sana terutama di sektor pertanian.

3. Jepang

Baca Juga: Jebakan Manis Magang, Modus Baru TPPO Incar Gen Z di Medsos: 2 Hal Ini Penting Dimiliki

Serupa dengan Australia, tren keberangkatan WNI ke Jepang untuk mengisi kekurangan penduduk usia produktif juga terus meningkat. Dilaporkan bahwa Jepang sendiri termasuk salah satu negara dengan tingkat reproduksi negatif, sehingga mengalami masalah jumlah penduduk usia produktif hingga beberapa tahun ke depan.

Kenapa indonesia setop kirim tki ke malaysia //pixabay.comIlustrasi //pixabay.com

Namun demikian keterampilan yang diperlukan di Jepang sendiri cukup spesifik, sehingga sebaiknya Anda yang berencana ke negara tersebut menyiapkan diri dengan baik.

4. Jerman

Negara yang terkenal akan sejarahnya ini juga mengalami kekurangan pekerja secara signifikan. Perubahan demografi dan pensiun di kalangan pekerja generasi tua terjadi secara masif, sehingga tuntutan akan golongan usia produktif semakin tinggi.

Jerman sendiri juga dikenal sebagai negara dengan  tingkat kelahiran yang rendah dan imigrasi yang tidak merata, membuatnya akan mengalami masalah jumlah tenaga kerja pada beberapa tahun ke depan.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Editor: M Nurhadi

Tag:  #daftar #negara #kekurangan #penduduk #usia #produktif #bisa #jadi #tujuan #pencari #kerja

KOMENTAR