Dituding Gibran Anti Nikel, Tom Lembong Keras: Jangan Konyol Karena Senjata Makan Tuan
Co-Captain Timnas Amin, Thomas Lembong buka suara soal tudingan bahwa pasangan calon nomer urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai paslon yang anti dengan nikel.
13:45
22 Januari 2024

Dituding Gibran Anti Nikel, Tom Lembong Keras: Jangan Konyol Karena Senjata Makan Tuan

Co-Captain Timnas Amin, Thomas Lembong buka suara soal tudingan bahwa pasangan calon nomer urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai paslon yang anti dengan nikel.

Pernyataan ini imbas tudingan Calon Wakil Presiden Nomer Urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat Cawapres Keempat di JCC, Jakarta pada Minggu malam (22/1/2024).

Awalnya Gibran bertanya kepada cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengenai posisi capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar terhadap nikel. Sebab, pasangan nomor urut 1 dan tim suksesnya menggaungkan Lithium Ferro Phosphate atau LFP.

Gibran dalam sesi debat keempat Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Istimewa)Gibran dalam sesi debat keempat Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Istimewa)

"Saya nggak tahu ini pasangan nomor 1 ini anti nikel atau bagiamana?" kata Gibran.

Menanggapi hal ini Tom Lembong sapaan akrabnya mengatakan buka timnya anti hilirisasi nikel, tetapi hilirasi yang harus bisa memberikan dampak nyata kepada masyarakat dan ekonomi.

"Jadi yang disampaikan pak Muhaimin betul sekali, kita jadi korban kebijakan kita sendiri. Kita tidak anti hilirisasi. Hilirisasi ada dalam di visi-misi kami juga. Hilirisasi yang disebut pak Muhaimin tadi yang ugal-ugalan berujung pada konyol karena senjata makan tuan," ujar Tom Lembong disitat dari program 'Your Money Your Vote' CNBC Indonesia, Senin (22/1/2024).

Dia mengingatkan jangan sampai pemerintah terlalu gencar menggenjot smelter nikel tapi tidak memikirkan dampak panjang dari kebijakan itu.

"Kita semakin gencarnya menggenjot smelter nikel, kemudian membanjiri dunia dengan suplai nikel sampai harganya anjlok, itu malah berbalik ke kita sendiri, akhirnya malah merugikan kita sendiri," imbuhnya.

Gibran sendiri dalam debat beberapa kali menyinggung nama Tom Lembong.

"Saya nggak tahu Pak Tom Lembong dan timsesnya sering nggak diskusi sama cawapresnya. Masak cawapresnya nggak paham, aneh loh. Saya jelaskan sekali lagi, Lithium Ferro Phosphate, itu adalah alternatif nikel intinya ada negara nggak mau pakai nikel, itu loh Gus yang saya maksud, apakah Gus Muhaimin juga anti nikel seperti Pak Tom Lembong?" terangnya.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #dituding #gibran #anti #nikel #lembong #keras #jangan #konyol #karena #senjata #makan #tuan

KOMENTAR