Investor Asing Catatkan Inflow Rp 3,4 Triliun ke IHSG, Simak 3 Rekomendasi Saham untuk Trading Pekan Ini, Pilih Mana?  
ilustrasi perdagangan saham. (dok. JawaPos.com)
09:54
9 September 2024

Investor Asing Catatkan Inflow Rp 3,4 Triliun ke IHSG, Simak 3 Rekomendasi Saham untuk Trading Pekan Ini, Pilih Mana?  

 

– Equity Analyst Indo Premier Sekuritas (IPOT) Dimas Krisna Ramadhani memberikan tiga rekomendasi saham untuk trading pada pekan ini.

Tiga saham itu masing-masing PT Bank Negara Indonesia (BBNI), PT Pantai Indah Kapuk Dua (PANI), dan PT Barito Renewables Energy (BREN).

Namun, berbicara tentang potensi market yang berlangsung pada 9–13 September 2024, Dimas mengimbau para trader memantau 3 sentimen. Yakni aliran dana asing ke IHSG, Inflasi Tahunan AS Agustus, dan PPI bulanan AS (Agustus).

"Sentimen pertama yang wajib dipantau yakni aliran dana asing ke IHSG. Diketahui, sepanjang pekan lalu investor asing mencatatkan inflow ke IHSG sebesar Rp 3,4 triliun di pasar reguler," jelas Dimas dalam analisisnya yang diterima JawaPos.com, Senin (9/9).

"Nominal ini terbilang besar berdasarkan historikalnya dan pembelian juga tersebar di beberapa saham penting untuk IHSG seperti, BMRI, BBNI, BBRI," sambungnya.

Menariknya, kata Dimas, investor asing mulai konsisten melakukan pembelian di IHSG setelah Morgan Stanley menurunkan peringkat saham-saham Indonesia menjadi underweight pada Juni lalu.

Secara historical, apabila investor asing mulai mencatatkan inflow ke IHSG dengan nominal yang besar, maka itu merupakan indikasi terhadap tren kenaikannya.

Terkait sentimen inflasi tahunan AS pada Agustus, pada Rabu pekan ini data yang dinantikan oleh pelaku pasar maupun The Fed pun akan rilis.

Inflasi tahunan AS untuk bulan Agustus diperkirakan akan mengalami pertumbuhan sebesar 2,6 persen atau lebih rendah dari bulan sebelumnya yang mencatatkan inflasi sebesar 2,9 persen.

"Jika data yang keluar pada Rabu ini sesuai dengan konsensusnya, maka ini berpotensi menjadi katalis positif bagi market. Karena capaian inflasi tahunan Agustus semakin mendekati target The Fed yang sebesar 2 persen," jelas Dimas.

"Namun, apabila inflasi yang terjadi untuk bulan Agustus ini terlampau lemah justru hal ini akan menambah kekhawatiran pelaku pasar terhadap perlambatan ekonomi AS," sambungnya.

Terakhir, beber Dimas, sentimen PPI bulanan AS (Agustus), di mana keesokan hari (Kamis) data inflasi AS juga akan rilis dari sisi produsen.

PPI bulanan AS untuk Agustus diprediksi mencatatkan kenaikan di level 0,2 persen sekaligus lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang sebesar 0,1 persen.

Ini juga menjadi indikator yang digunakan The Fed dalam pertimbangan keputusan suku bunga acuannya.

"Penilaian pelaku pasar terhadap data ini pun sama dengan inflasi tahunan dari sisi konsumen. Di mana apabila data yang keluar pada Kamis nanti terlampau rendah, maka akan memberikan kekhawatiran terhadap melemahnya kondisi ekonomi AS," pungkasnya.

Berkaca pada rilis data-data ekonomi pekan ini, PT Indo Premier Sekuritas merekomendasikan 3 saham dan 1 Power Fund Series untuk trading pada minggu ini hingga Jumat, 13 September 2024.

  1. Buy on Breakout BBNI (Support 5.550, Resist 6.000). Emiten ini breakout resistance disertai dengan lonjakan volume, dow theory di mana volume mengonfirmasi tren/harga sahamnya. Aliran dana asing yang masuk ke BBNI selama sepekan kemarin juga berpotensi untuk membuat BBNI melanjutkan penguatannya.
  2. Buy PANI (Support 7.300, Resist 8.200). Sentimen penurunan suku bunga yang mulai akan dilakukan The Fed di 18 September nanti dan memberikan sentimen positif bagi sektor properti. PANI mempertahankan uptrend sejak breakout resistance 6.300 dengan support terdekat berada di level 7.300–7.400.
  3. Buy on Pullback BREN (Support 10.300, Resist 11.300). Aliran dana asing yang masuk di luar dari pada saham big banks, di mana investor asing mencatatkan inflow sebesar Rp 247 miliar di saham BREN. Emiten ini konsisten membentuk higher high dan higher low dan berhasil mempertahankan level 10.700 sebagai area support yang merupakan support historikal dan fibonacci.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #investor #asing #catatkan #inflow #triliun #ihsg #simak #rekomendasi #saham #untuk #trading #pekan #pilih #mana

KOMENTAR