Menikmati Kemegahan Legoland di Malaysia: Berkreasi, Bermain, dan Belajar dalam Satu Wahana
DALAM AIR: Akuarium raksasa yang menampilkan banyak biota luat menjadi salah satu spot di sea life aquarium. (FOLY AKBAR/JAWA POS)
08:28
20 Oktober 2024

Menikmati Kemegahan Legoland di Malaysia: Berkreasi, Bermain, dan Belajar dalam Satu Wahana

Merasakan serunya Legoland tak lagi harus jauh-jauh ke Benua Eropa, Amerika, atau Asia Timur. Kini wahana kelas dunia itu bisa dinikmati di Malaysia. Destinasi tersebut dapat menjadi alternatif wisata bagi traveler yang singgah ke negeri jiran selain Kuala Lumpur.

DESTINASI ini terletak di kota baru Iskandar Puteri Johor Bahru. Tidak sulit untuk ke sana. Sebab, ada banyak pilihan transportasi yang bisa diakses. Bisa melalui Bandara Changi (Singapura) yang berjarak 58 kilometer, Bandara Senai Johor dengan jarak 30 kilometer. Atau, bisa lewat Pelabuhan Johor via Batam yang hanya 10 kilometer.

Sesuai namanya, Legoland adalah wahana yang mengusung tema utama lego alias balok susun. Maka jangan heran, di setiap penjuru destinasi ini traveler bakal disuguhi sentuhan seni kerajinan tangan itu. Mulai yang sederhana seperti hiasan kamar mandi hingga yang paling rumit seperti patung dinosaurus yang disusun dari jutaan balok lego.

Tak hanya kreasi lego, ada lebih dari 40 wahana hiburan dan permainan yang bisa dinikmati. Semuanya terbagi dalam tiga segmen. Yakni, water park yang menawarkan puluhan wahana air, theme park yang berisi puluhan permainan, hingga sea life yang menampilkan 13 ribu biota laut dari 300-an lebih spesies.

SEPERTI ASLINYA: Salah satu wahana berkonsep menyerupai laut lengkap dengan ombak buatannya. (FOLY AKBAR/JAWA POS)

Legoland juga memiliki hotel yang didesain untuk keluarga. Satu kamar dapat ditempati hingga lima orang. Tiga bed di antaranya untuk anak-anak. Lengkap dengan tema dinding yang berbeda di setiap lantainya. Mulai adventure, kingdom, hingga pirate yang bakal memanjakan anak. ”Ini adalah destinasi resor keluarga yang utuh,’’ kata Director Divisional Legoland Malaysia CS Lim.

Wahana pembelajaran di Legoland juga lengkap. Di theme park, terdapat ruang robotik. Di situ, anak-anak bisa mempelajari cara kerja robot sekaligus mempraktikkannya.

Sedangkan, di sea life terdapat kelas edukasi yang mengajarkan bagaimana adaptasi biota laut, anatomi binatang, dan tema-tema lainnya. Di sana juga ada media kreasi untuk anak menggambar, yang hasilnya ditampilkan pada displai akuarium raksasa. ’’Kami berbicara tentang edutainment. Pengunjung tidak hanya bermain, tapi juga belajar,’’ imbuhnya.

DESAIN KHUSUS: Inilah wajah bagian depan Hotel Legoland. Tempat menginap ini didesain dengan tema yang beragam di setiap lantainya. (FOLY AKBAR/JAWA POS)

Para wisatawan dewasa, terutama orang tua, juga tetap dapat menikmati Legoland sebagai destinasi berlibur. Ada banyak wahana menarik. Misalnya, miniland yang menampilkan miniatur bangunan dari berbagai dunia atau wahana air perosotan yang memacu adrenalin.

Objek lain yang menarik untuk pengunjung dewasa adalah roller coaster dengan virtual reality, wahana itu diklaim merupakan yang pertama di dunia. Di sana, traveler bisa menaiki kereta luncur dengan nuansa berbeda karena serasa bermain di dunia yang lain.

Sebagai wahana bermain internasional, mayoritas pengunjung Legoland merupakan pelancong luar negeri. Khususnya di kawasan Asia. Indonesia menjadi salah satu penyumbang terbesar selain Singapura, Tiongkok, Filipina, dan Australia. 

Setiap Bulan Selalu Ada Tema Baru

BERKREASI: Untuk memacu kreativitas, pengunjung diajak menggambar berbagai biota laut yang dapat dimunculkan di salah satu displai sea life aquarium. (FOLY AKBAR/JAWA POS)

Wahana permainan maupun pertunjukan di Legoland tidak didesain secara statis. Setiap saat pengelola destinasi tersebut selalu menyediakan atraksi wisata ataupun pertunjukan yang baru.

Misalnya, di Oktober ini Legoland menampilkan spot Halloween dengan tema Brick or Treat!

Di halaman depan theme park, seluruh area disulap dengan perwajahan yang menyeramkan. Dengan detail hantu labu, laba-laba dan sarangnya, bahkan ada lego berbentuk karakter Drakula, hingga film 4D Halloween ’’The Great Monster Chase’’.

Pada November, Legoland juga siap menyajikan tema baru bertajuk Brick-Tacular Holiday sebagai respons menyambut akhir tahun. Kemudian, akan ada pohon Natal yang berukuran tinggi. ’’Kami akan memiliki banyak acara dan aktivitas,’’ kata Director of Sales and Marketing Legoland Malaysia Resort Thila Munusamy.

Dia menjelaskan, inovasi menjadi salah satu kunci pengelolaan Legoland. Tujuannya, pengunjung lama mau datang kembali untuk mencoba sesuatu yang baru. Juga untuk menarik pengunjung baru. ’’Setiap bulan sesuatu yang baru (selalu) terjadi di Legoland,’’ ujarnya.

Akhir tahun akan menjadi momen puncak liburan. Biasanya, jumlah kunjungan meningkat secara tajam. (far/c6/ris)

---

SISI LAIN LEGOLAND MALAYSIA

VARIATIF: Anak-anak mencoba berkreasi di spot mainan lego yang banyak tersebar di kawasan Legoland. (FOLY AKBAR/JAWA POS)

  • Destinasi ini terletak di Iskandar Puteri, Johor.
  • Dibuka sejak September 2012.
  • Sekaligus menjadi Legoland pertama di Asia.
  • Destinasi ini berada di lahan seluas 310 ribu meter persegi.
  • Ada banyak area bertema di Legoland. Di antaranya, Legoland Hotel, miniland, Lego City, land of adventure, water park, sea life aquarium, Lego Technic, hingga Lego Kingdom.
  • Di Legoland terdapat landmark dari sejumlah negara yang ditampilkan. Di antaranya, Menara Petronas (Malaysia), Patung Merlion (Singapura), Taj Mahal (India), hingga Pura Tanah Lot (Indonesia).

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #menikmati #kemegahan #legoland #malaysia #berkreasi #bermain #belajar #dalam #satu #wahana

KOMENTAR