Puncak Ijen Favorit Turis Tiongkok, Angkanya Terus Meningkat
DESTINASI ALAMI: Salah seorang turis Tiongkok mengibarkan bendera Tiongkok di dekat Kawah Ijen pekan lalu. (JAWA POS RADAR BANYUWANGI)
14:56
9 Oktober 2024

Puncak Ijen Favorit Turis Tiongkok, Angkanya Terus Meningkat

Banyuwangi, Jawa Timur, kian menjadi destinasi favorit turis Tiongkok. Dari bulan ke bulan, jumlahnya terus meningkat.

Mengutip Jawa Pos Radar Banyuwangi, dari data yang dilaporkan ke Disbudpar Banyuwangi, ada 11.525 wisatawan mancanegara yang datang ke Banyuwangi pada Juli. Angkanya meningkat menjadi 14.731 orang pada Agustus. Sedangkan untuk September ini, belum sepenuhnya data masuk.

Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen menjadi primadona para turis dari Negeri Panda. Dalam sebulan terakhir ini, mereka seolah ”menguasai” destinasi andalan Banyuwangi tersebut. Mereka merupakan wisatawan dengan trip Gunung Bromo, Ijen, dan finis di Bali.

Berbeda dengan turis dari Eropa, wisatawan asal Tiongkok tidak memiliki musim-musim khusus untuk berlibur ke luar negeri. Ketika sudah berada di puncak Ijen dekat kawah, ada pula yang mengibarkan bendera Tiongkok.

”Turis Tiongkok bisa datang ke negara mana pun sepanjang tahun, termasuk saat berlibur ke Indonesia,” ujar Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Banyuwangi Andika Rahmat Hidayat.

Andika menuturkan, wisatawan Tiongkok menyukai destinasi wisata alam, seperti Kawah Ijen atau De Djawatan. Namun, bagi mereka yang datang belakangan, lebih memilih Ijen. ”Mereka ini suka selfie, jadi datang hanya untuk foto-foto dan membuat konten. Mereka juga cenderung selektif, jadi mungkin di Banyuwangi hanya makan. Tidak beli oleh-oleh, kemudian langsung ke Bali,” papar Andika. (fre/aif/c1/c7/ttg)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #puncak #ijen #favorit #turis #tiongkok #angkanya #terus #meningkat

KOMENTAR