Usaha Caleg Artis Lolos ke Senayan: Ada yang Blusukan, Gelar Konser hingga Sunatan Massal
Kolase wartakota/ tribunnews.com 
23:42
13 Maret 2024

Usaha Caleg Artis Lolos ke Senayan: Ada yang Blusukan, Gelar Konser hingga Sunatan Massal

Harus diakui calon legislatif dari kalangan artis tak bisa dianggap sepele.

Berdasarkan hasil perhitungan real KPU, sebagian besar di antara mereka memiliki suara cukup signifikan dan berpeluang mendapatkan kursi di DPR RI untuk periode 2024-2029.

Tak hanya popularitas, mereka juga memiliki modal kreativitas dan finansial untuk menggaet suara masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

Berikut nama-nama caleg artis yang berpeluang lolos memanfaatkan popularitas, kreativitas, dan finansial.

1. Uya Kuya

Uya Kuya Uya Kuya (Tangkapan layar YouTube Intens Investigasi)

Uya Kuya maju sebagai caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) dapil Jakarta II.

Dapil Jakarta II meliputi Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan luar negeri . Dapil tersebut dikenal sebagai dapil neraka karena banyak tokoh populer yang maju sebagai caleg.

Tak hanya artis, tapi juga petahana, dan politisi beken yang namanya sering muncul di pemberitaan media.

Tentu saja Uya Kuya tahu peta persangan dapil tersebut sangat ketat.

Paling tidak, ia sudah punya popularitas sebagai modal dasar.

"Yes, nama besar (popularitas) pasti sudah jadi modal yang sangat besar untuk menekan biaya politik. High cost di politik itu buat artis atau orang-orang terkenal kayak kita mah nggak tinggi," tutur Uya Kuya belum lama ii.

Tapi, ia sadar modal popularitas tak sepenuhnya berbanding lurus dengan elektabilitas.

Makanya, jauh sebelum nyaleg, Uya Kuya turun langsung ke calon konstiuennya. Terutama mereka yang berstatus pekerja migran.

Ia dan sang istri yang juga maju sebagai caleg DPRD DKI dari PAN, ikut andil dalam upaya memberi bantuan kepada pekerja migran.

2. Once Mekel

Once Mekel yang mengaku siap memantau jalannya Pemungutan Suara Ulang di Kuala Lumpur (sumber instagram) Once Mekel yang mengaku siap memantau jalannya Pemungutan Suara Ulang di Kuala Lumpur (sumber instagram) (IG)

Setali tiga uang dengan Uya Kuya. Once Mekel juga maju di dapil Jakarta II.

Meski tahu dirinya populer, Once juga turun langsung ke konstituennya. Ia menggelar event yang memang manfaatnya dibutuhkan oleh masyarakat.

Misalnya saat perayaan HUT ke-78 RI, Once menggelar khitanan massal bagi warga Jatipadang, Pasar Minggu, yang belum mampu membiayai khitanan putra mereka, pada 13 Agustus 2023, di Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi yang menghimpun warga dari berbagai kelurahan dan kecamatan di sekitar Pasar Minggu.

Once meladeni warga yang ingin foto bareng dengannya.

Tak sampai di situ, Once juga tampil menyanyi menghibur warga.

Once juga ikut memeriahkan Hajatan Sawah Besar Multi Etnis 2023. Acara ini dihelat secara gotong royong oleh seluruh komunitas di wilayah tersebut.

Ribuan warga yang memadati lokasi acara menyambut kehadiran Once Mekel dengan sukacita dan antusiasme.

Once aktif berpartisipasi ikut menabuh gendang bersama atraksi barongsai yang menyambutnya sebagai tamu.

3. Ahmad Dhani

Musisi Ahmad Dhani. Musisi Ahmad Dhani. (Tangkap layar youtube Video Legend)

Sementara Ahmad Dhani maju sebagai caleg dari Partai Gerindra daerah pemilihan Jawa Timur I.

Di dapil tersebut, Dhani bukan caleg yang mendapat suara terbanyak.

Meski perolehan suaranya berada di posisi kedua di bawah Bambang Haryo, sudah cukup bagi Dhani untuk menyegel satu jatah kursi anggoa DPR RI periode 2024-2029.

Sebab, di dapil tersebut Gerindra tampil sebagai partai yang paling banyak mendulang suara sehingga berhak menempatkan dua wakilnya ke Senayan.

Paling tidak, kerja keras Ahmad Dhani terbayar. Karena selama kampanye, Dhani aktif terjun ke masyarakat. Ia juga menggelar konser untuk menggugah orang memilihnya.

"Saya datang ke lapangan banyak yang nonton saya, ke mall banyak yang apa, minta tanda tangan, banyak minta foto, banyak yang submit bahwa saya akan coblos Ahmad Dhani," kata suami Mulan Jameela itu.

Diakui Dhani tak heran perolehan suaranya kalah banyak dari Bambang Haryo, meski dirinya cukup populer dan aktif menggelar konser di sejumlah tempat di dapilnya.

Itu karena Bambang Haryo adalah senior dan sudah sangat dikenal oleh konstitennya.

Seperti caleg lainnya, Dhani juga merasa butuh memajang baliho di sejumlah ruas jalan.

Uniknya, ia tak hanya memasang fotonya masa kini, tapi juga foto masa kecilnya yang imut dan menggemaskan. Termasuk foto ketika masih remaja.

4. Melly Goeslaw 

Melly Goeslaw operasi bariatrik Melly Goeslaw operasi bariatrik (Instagram @mellygoeslaw)

Penyanyi sekaligus musisi Melly Goeslaw bertarung memperebutkan kursi DPR RI sebagai caleg PDIP dapil Jawa Barat I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Sama seperti caleg pada umumnya, meski cukup populer sebagai penyanyi, Melly turun langsung ke masyarakat dengan memperkenalkan dirinya.

Melly blusukan ke sejumlah wilayah di dapilnya dan mensosialisasikan visi-misinya. Ia merasa perlu melakukan hal itu agar mendapat kepercayaan publik.

"Biasanya satu daerah sehari, sekarang bisa tiga sampai lima tempat," ujar Melly kepada Tribunjabar.id.

Melly Goeslaw mengatakan, ada dua model kampanye yang ia gaungkan. Pertama, titik dapil yang dijumpai berdialog dengan ibu-ibu dan bapak-bapak. 

"Sebenarnya kampanye secara garis besar sama, menyanyi bersama, zumba, hingga sosialisasi tentang pencoblosan,” kata Melly.

Kedua, ia menggandeng beragam komunitas, para pedagang hingga generasi Z maupun milineal dengan berdialog dan diskusi bersama. 

"Pokoknya apa yang bisa aku kerjain, ya dikerjakan. Hasil akhir ada ditangan Tuhan," kata Melly. 

5. Denny Cagur

Denny Cagur mengaku Fajar Sadboy sudah keluar dari manajemen milik adiknya. Denny Cagur mengaku Fajar Sadboy sudah keluar dari manajemen milik adiknya. (Tangkapan layar YouTube TRANS7 Official)

Denny Cagur berpotensi lolos ke Senayan. Perolehan suaranya cukup menjanjikan untuk mendapatkan satu jatah kursi wakil rakyat.

Dengan kata lain, usaha dan modal yang sudah dikeluarkan tak sia-sia. Konon modal yang sudah dikeluarkan mencapai miliaran rupiah.

Ia tidak mempermasalahkan banyaknya uang yang dikeluarkan saat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif.

"Memang perlu biaya operasional seperti biaya APK (Alat Peraga Kampanye), mengingat ini adalah hajat besar memang banyak yang perlu dan dipersiapkan," ungkap Denny Cagur.

Ketika ditanya mengenai uang miliaran yang sudah dikeluarkan selama kampanye, Denny Cagur mengaku tak mengetahuinya.

"Mungkin, bisa jadi," tandasnya. 

6. Mulan Jameela

Mulan Jameela membagikan momen wisudanya bersama suami dan anak-anak tercinta. Ia juga menceritakan perjalanannya menyelesaikan pendidikan S1. Mulan Jameela membagikan momen wisudanya bersama suami dan anak-anak tercinta. Ia juga menceritakan perjalanannya menyelesaikan pendidikan S1. (Instagram @mulanjameela1)

Bukan hanya karena latar belakangnya sebagai penyanyi, Mulan Jameela punya modal lebih karena menyandang status petahana di Pileg 2024.

Ia sudah cukup dikenal oleh konstiennya di wilayah Garut, Kabulaten dan Kota Tasikmalaya.

Hal it bisa dilihat di postingan Instagramnya.

Tampak beberapa postingan menunjukkan aktivitasnya menemui masyarakat dan melakukan berbagai kegiatan soal.

Editor: Willem Jonata

Tag:  #usaha #caleg #artis #lolos #senayan #yang #blusukan #gelar #konser #hingga #sunatan #massal

KOMENTAR