Festival Musikal Indonesia, Muda-Mudi Mendominasi
KIAN BERKEMBANG: Festival Musikal Indonesia (FMI) memasuki penyelenggaraan ketiga tahun ini dan sebanyak tujuh grup akan berpartisipasi pada acara tersebut. (MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS)
12:20
29 September 2024

Festival Musikal Indonesia, Muda-Mudi Mendominasi

– Pencinta seni musikal di Indonesia bakal kembali terhibur. Festival Musikal Indonesia (FMI) 2024 kembali digelar selama tiga hari pada 25–27 Oktober mendatang. Tujuh kelompok musikal akan tampil di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Yakni, EKI Dance Company, Fantasi Tuli, Kelompok Pojok, Aulion, Sekolah Seni Tubaba, Waktunya Main, dan Artswara.

Ajang itu merupakan pergelaran FMI yang kali ketiga dilaksanakan dengan sentuhan berbeda. Selain pertunjukan musikal, FMI 2024 menyajikan sejumlah lokakarya kepada masyarakat umum dengan kuota terbatas seperti Lighting in Musical, Composing Music for Musical, dan Musical Performer yang terdiri atas dance, acting and singing.

Juri FMI Ratna Riantiarno menuturkan, FMI tahun ini didominasi kalangan muda. Hal itu menunjukkan bahwa banyak generasi muda yang menggandrungi seni musikal sehingga perkembangannya kian masif di masyarakat. ’’Anak muda makin gemar dengan seni musikal,’’ ujar Ratna.

Salah seorang kurator FMI 2024 Josh Marcy mengatakan, antusiasme penikmat musikal Indonesia cukup besar menantikan dimulainya event tersebut. Hal itu disebabkan situasi musikal di dunia yang makin berkembang setiap waktunya. ’’Saya berharap FMI 2024 ikut menunjang industri musikal nasional akibat efek besarnya minat generasi muda pada perkembangan seni musikalitas yang sesuai zaman mereka,’’ tutur Josh.

Josh menyebutkan bahwa FMI 2024 mengusung semangat tentang pembaruan dalam proses seleksi grup musikal. Pembaruan itu penting agar pentas FMI tidak hanya menjadi seremonial kegiatan, tetapi juga menonjolkan mutu.

’’Tentu kami juga berharap agenda FMI yang menampilkan karya seni pertunjukan berkualitas bisa terus digelar pada tahun-tahun mendatang sehingga ekspresi dan eksplorasi musikalitas Indonesia makin berkembang,’’ jelasnya. (idr/c7/dra)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #festival #musikal #indonesia #muda #mudi #mendominasi

KOMENTAR