Persiapkan OS Baru, Ikon One UI 7 Samsung Mirip iOS?
Ilustrasi HP Samsung. [Unsplash/Christian Wiediger]
13:32
26 Juli 2024

Persiapkan OS Baru, Ikon One UI 7 Samsung Mirip iOS?

Samsung saat ini sedang mempersiapkan pembaruan untuk OS miliknya, One UI 7. Rumor sebelumnya menyebutkan adanya perubahan signifikan, termasuk perubahan elemen UI, animasi, menu, pengaturan, dan ikon aplikasi pihak pertama Samsung.

Dalam bocoran terbaru yang dilansir dari Gizmochina pada Jumat (26/7/2024), beberapa ikon Samsung di One UI 7 disebut mirip dengan milik iOS. Hal ini terlihat dari beberapa gambar yang diunggah oleh pemilik akun X @chunvn8888 pada 26 Juli 2024.

Perubahan yang paling menonjol tampaknya adalah ikon Samsung Internet, yang kini memiliki fitur rotasi 90 derajat dan mengadopsi skema warna yang lebih cerah dengan gradien biru yang halus.

Bocorannya menunjukkan hasil yang beragam untuk ikon lainnya. Ikon Kontak sebagian besar tetap sama, sedangkan ikon Pengaturan mengalami transformasi signifikan, menyerupai gaya iOS.

Baca Juga: iPhone 18 Bakal Gunakan Sensor Kamera Samsung, Apple Fanboy Gak Bisa Ngejek Lagi

Bocoran ikon One UI 7. [X/chunvn8888]Bocoran ikon One UI 7. [X/chunvn8888]

Ikon Clock juga telah diubah, kini menampilkan latar belakang putih dengan jarum jam menunjuk ke arah yang hampir berlawanan.

Secara keseluruhan, kebocoran ini menunjukkan kemungkinan adanya pergeseran dari prinsip Desain Material Google, setidaknya untuk ikon aplikasi.

Walau begitu, pergeseran ini tidak terlalu mengejutkan karena One UI sudah memungkinkan pengguna mengubah sebagian besar ikon menjadi versi datar dan monokromatik.

Selain ikon, rumor menyebutkan fitur baru lainnya di One UI 7. Ini termasuk menu home screen yang diperbarui dengan lebih banyak opsi penyesuaian dan berpotensi setara dengan Live Activities di iOS.

Meskipun ikon yang bocor itu akurat, tidak ada jaminan ikon tersebut akan sampai ke rilis final One UI 7 Samsung. Program beta diharapkan dimulai bulan depan dan pengguna dapat mengecek kembali terkait rumor yang beredar.

Baca Juga: CEO Facebook Ganti HP, Bukan iPhone Tapi...

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #persiapkan #baru #ikon #samsung #mirip

KOMENTAR