Sony-Honda Pamer Mobil Listrik yang Dikendalikan dengan Kontroler PS5, Punya Teknologi Unreal Engine Juga
Ilustrasi: Sedan listrik Sony-Honda menggunakan Unreal Engine 5.3 untuk menggerakkan grafis infotainment dasbornya. (Antuan Goodwin/CNET)
10:56
15 Januari 2024

Sony-Honda Pamer Mobil Listrik yang Dikendalikan dengan Kontroler PS5, Punya Teknologi Unreal Engine Juga

  - Pameran Consumers Electronics Show (CES) 2024 resmi berakhir. Menjelang penutupan ajang pamer teknologi konsumen terbesar di dunia itu, Sony memukau pengunjung dengan memamerkan mobil listrik bernama Afeela.   Diketahui, mobil listrik tersebut digarap Sony bersama Honda. Yang menarik dari dipamerkannya mobil listrik tersebut adalah detik-detik saat mobil tersebut keluar. Mobil listrik Afeela dikendalikan melalui kontroler Sony PlayStation 5 (PS5) yakni DualSense.    Dilansir via Engadget, aksi yang memukau pengunjung itu dilakukan oleh COO Sony Honda Mobility Izumi Kawanishi. Izumi menjelaskan bahwa aksi mengendalikan mobil dengan DualSense PS5 tersebut hanya merupakan demo teknologi, dan bukan merupakan fitur yang nantinya bisa diakses oleh pengguna.  

  "Kontrol jarak jauh ini hanya dilakukan untuk keperluan showcase teknologi," tutur Izumi. Selain menampilkan demo tersebut, Sony juga mengungkap sejumlah informasi terkini mengenai pengembangan Afeela.   Salah satunya adalah soal penggunaan Unreal Engine 5.3 untuk kebutuhan grafis 3D dan visual di mobil tersebut. Sony menjelaskan, penumpang nantinya dapat mengakses peta 3D, virtual space, dan augmented reality memanfaatkan metadata yang bersumber dari internet.   Lebih jauh, mengutip Cnet, Afeela memiliki lebih banyak kesamaan dengan PS5 dari pada sekadar pengontrolnya. Sebagai permulaan, ia menggunakan Unreal Engine 5.3 dari Epic Games untuk mendukung grafis dan visual 3D yang memenuhi tampilan dasbor ultrawide yang besar.   Pengemudi dan penumpang akan disuguhi peta 3D terperinci, ruang virtual, dan pandangan augmented reality dari dunia di sekitar Afeela, yang dapat dilapis metadata yang bersumber dari internet. Media dari berbagai katalog TV, film, dan game Sony juga dapat dimanfaatkan untuk menghibur penumpang di jalan, saat parkir, dan mengisi daya.    Unreal Engine juga digunakan untuk membuat lingkungan simulasi yang digunakan untuk melatih sistem bantuan pengemudi multikamera Afeela. Grafik UE5 yang sangat realistis juga digunakan untuk meningkatkan keselamatan.    Lingkungan simulasi mesin game yang sangat realistis memungkinkan peningkatan akurasi saat melatih model visual dan pemrosesan jaringan saraf yang menggerakkan fungsi bantuan pengemudi EV.    Dan karena debut CES 2024 tidak akan terjadi tanpa sedikit pun teknologi AI, Sony Honda Mobility juga mengumumkan kemitraan baru dengan Microsoft untuk menghadirkan teknologi komputasi skala cloud Azure AI dari raksasa perangkat lunak tersebut untuk mendukung pengembangan Afeela.   Sony melengkapi presentasi Afeela dengan petunjuk bahwa mereka bermitra dengan studio game in-house Sony, Polyphony Digital, pengembang simulator balap Gran Turismo dan sekarang franchise film. Produsen mobil pemula ini tidak menjelaskan secara jelas apa yang dapat diharapkan dari kerja sama ini, dan hanya menyatakan bahwa mereka sedang berupaya untuk "menyatukan pengalaman dunia maya dan dunia nyata".      

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #sony #honda #pamer #mobil #listrik #yang #dikendalikan #dengan #kontroler #punya #teknologi #unreal #engine #juga

KOMENTAR