5 Aplikasi Gratis untuk Bikin CV
Ilustrasi CV atau Curriculum Vitae (Pexels/@goumbik)
09:56
15 Januari 2024

5 Aplikasi Gratis untuk Bikin CV

CV atau Curriculum Vitae merupakan dokumen yang berisi informasi pribadi dan diserahkan ketika melamar pekerjaan.

Dalam dunia kerja yang kompetitif, CV yang menarik dan komprehensif dapat membuat perekrut tertarik. Oleh karena itu, pengguna harus mengetahui cara membuat CV yang menarik.

Saat ini, ada banyak aplikasi gratis untuk membuat CV. Berikut ini beberapa di antaranya:

VisualCV Resume & CV Builder. [Google Play Store]VisualCV Resume & CV Builder. [Google Play Store]

1. VisualCV Resume & CV Builder

Aplikasi ini memiliki 1 juta pengguna aktif di berbagai platform. Sesuai namanya, aplikasi ini memudahkan pengguna membuat CV dan resume.

Aplikasi mendukung fitur impor dan modifikasi CV atau resume dalam format Word atau PDF dari Dropbox atau repositori lain yang didukung. Pengguna juga bisa membuatnya menggunakan opsi Editor.

Dengan Basic, masukkan informasi spesifik kategori, seperti pengalaman kerja dan pendidikan, dan VisualCV akan mengisi template pilihan pengguna.

Dengan Editor Visual, isi setiap bagian dengan cepat di template. Integrasikan aplikasi dengan profil LinkedIn untuk mengimpor informasi resume yang ada hanya dengan beberapa ketukan.

Ubah warna, ukuran font, dan margin dengan mudah. Gunakan fitur pratinjau untuk melihat tampilan resume. Pengguna juga bisa membagikan CV dengan cepat dan mudah.

Resume Star. [App Store]Resume Star. [App Store]

2. Resume Star

Resume Star menyediakan antarmuka yang mudah digunakan yang meminta pengguna memasukkan informasi mengenai riwayat pekerjaan dan pendidikan serta detail relevan lainnya ke dalam template.

Informasi tersebut akan dipecah menjadi beberapa kategori. Meskipun pemformatan resume terbatas pada satu template, beberapa contoh disertakan dari berbagai bidang pekerjaan.

Buat CV dalam format PDF dan kemudian kirimkan melalui email dari aplikasi. Jika pengguna menggunakan versi berbasis browser, unduh ke komputer.

Aplikasi ini tersedia di iOS dan browser web.

Resume Builder. [App Store]Resume Builder. [App Store]

3. Resume Builder

Resume Builder menawarkan sepuluh template CV dengan tampilan bersih. Ini juga menyediakan antarmuka sederhana yang meminta pengguna memasukkan informasi relevan berdasarkan kategori.

Tambahkan foto diri sendiri dengan cepat dari perangkat dan bangun CV yang disesuaikan dengan prospek pekerjaan yang berbeda.

Aplikasi khusus iOS ini memungkinkan pengguna menyesuaikan surat lamaran dengan tanda tangan tulisan tangan pengguna dan menyertakannya dengan CV lengkap hanya dengan menekan satu tombol. Ini erintegrasi dengan Apple Mail, Dropbox, Evernote, Box, Google Drive, dan banyak lagi.

Resume Builder. [Google Play Store]Resume Builder. [Google Play Store]

4. Resume Builder

Eksklusif untuk Android, aplikasi ini mengumpulkan basis pengguna dengan lebih dari 5 juta unduhan. Aplikasi yang mudah digunakan ini sering diperbarui dan menyajikan lebih dari 130 template resume dan CV.

Pengguna bisa menyimpan berbagai variasi CV untuk jenis pekerjaan yang berbeda-beda.

Aplikasi ini gratis digunakan, meskipun ada iklan di dalamnya. Pengguna akan mendapatkan file PDF yang terlihat profesional untuk didistribusikan ke mana pun. Aplikasi ini mendukung kemampuan untuk menyertakan tanda tangan dan foto khusus.

Resume Builder App Free. [Google Play Store]Resume Builder App Free. [Google Play Store]

5. Resume Builder App Free

Aplikasi ini tersedia gratis di Google Play Store dan memiliki 16 template CV beserta fitur pemeriksa ejaan bawaan. Ini juga memungkinkan pengguna memilih dari lusinan font.

Pengguna bisa membuat surat lamaran dan dapatkan tip wawancara berguna serta saran tentang konten resume.

Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mencetak dan mengirim CV melalui email dari perangkat seluler dan simpan ke Google Drive, iCloud, Dropbox, dan OneDrive.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi gratis untuk membuat CV.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #aplikasi #gratis #untuk #bikin

KOMENTAR