Mobil Listrik Xiaomi SU7 Dipasarkan Akhir Bulan Ini, Siap Saingi Tesla dengan Harga Rp 300 Jutaan Saja
Ilustrasi: Mobil listrik Xiaomi SU7. (SCMP)
14:40
14 Maret 2024

Mobil Listrik Xiaomi SU7 Dipasarkan Akhir Bulan Ini, Siap Saingi Tesla dengan Harga Rp 300 Jutaan Saja

  Xiaomi dari Tiongkok mengatakan bahwa mereka siap meramaikan pasar kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) yang tengah jadi rebutan banyak brand untuk bermain di segmen tersebut. Xiaomi dijadwalkan bakalan memasarkan mobil listrik pertama mereka yakni SU7 pada akhir Maret ini.   Produsen ponsel pintar terbesar kelima di Tiongkok ini mengatakan dalam sebuah posting-an di Weibo bahwa mereka sudah memiliki 59 toko di 29 kota di seluruh negeri yang akan menerima pesanan. Acara peluncuran dijadwalkan pada 28 Maret ketika label stiker EV baru diperkirakan akan diumumkan.   Pada peluncuran sedan SU7 yang merupakan akronim dari Speed Ultra 7 pada bulan Desember, Chief Executive Lei Jun mengatakan Xiaomi berencana menjadi salah satu dari lima produsen mobil terbesar di dunia.  

  SU7, disebut Lei, memiliki teknologi "motor listrik super" yang mampu menghadirkan kecepatan akselerasi lebih cepat dibandingkan EV milik Tesla dan Porsche. Bedanya, mobil listrik Xiaomi ditawarkan dengan harga agresif di angka Rp 300 jutaan saja.   Sementara itu, mengutip Gadgets360, para analis mengatakan sistem operasi mobil yang digunakan bersama dengan ponsel populer Xiaomi dan perangkat elektronik lainnya akan menarik bagi pelanggan perusahaan yang sudah ada.   Mobil-mobilnya akan diproduksi oleh unit pembuat mobil milik negara yakni BAIC Group, di pabrik di Beijing dengan kapasitas tahunan 200.000 kendaraan.  

  Raksasa ponsel pintar ini sebelumnya juga telah berjanji untuk menginvestasikan USD 10 miliar pada sektor otomotif selama satu dekade dan merupakan salah satu dari sedikit pemain baru di pasar kendaraan listrik Tiongkok yang mendapatkan persetujuan dari pihak berwenang yang enggan menambah kelebihan pasokan.   Sebelumnya diberitakan, soal spesifikasinya, Xiaomi SU7 merupakan coupe segmen C dengan desain sporty dan hadir dalam dua varian, versi reguler dan Max. Versi Max, seperti namanya, menghadirkan semua fitur terbaik yang Anda harapkan dari sebuah EV modern.   Mobil ini memiliki sistem penggerak semua roda motor ganda yang memungkinkan mobil berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 2,78 detik. Kecepatan tertingginya juga cukup mengesankan, yaitu 265 km/jam.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #mobil #listrik #xiaomi #dipasarkan #akhir #bulan #siap #saingi #tesla #dengan #harga #jutaan #saja

KOMENTAR