Cara Menggunakan ChatGPT di iPhone dan Android
Ilustrasi AI ChatGPT (freepik/val-suprunovich)
07:56
14 Maret 2024

Cara Menggunakan ChatGPT di iPhone dan Android

ChatGPT didirikan oleh OpenAI pada 2022 dan dapat diakses secara gratis maupun berbayar di browser web, namun perusahaan juga memiliki aplikasi untuk pengguna iPhone dan Android.

Jika pengguna ingin mengunduh ChatGPT, berikut ini panduan menggunakannya di iPhone dan Android:

Cara menggunakan ChatGPT di iPhone

OpenAI telah merilis aplikasi ChatGPT resmi, yang sejauh ini merupakan cara terbaik untuk mengakses chatbot dari iPhone.

  • Buka App Store dan cari aplikasi ChatGPT.
  • Klik Get untuk mengunduh dan menginstalnya di iPhone.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi ChatGPT.
  • Saat pertama kali menggunakan aplikasi ChatGPT, pengguna harus masuk ke akun yang sudah ada atau membuat akun baru.
  • Jika sebelumnya pengguna pernah menggunakan ChatGPT melalui browser web, pilih Log in dan ikuti petunjuk di browser dalam aplikasi.
  • Jika pengguna elum pernah menggunakan ChatGPT sebelumnya, pilih salah satu opsi masuk untuk menggunakan Apple ID, akun Google, atau mendaftar dengan alamat email dan kata sandi.
  • Setelah mengonfirmasi nomor ponsel, pengguna akan dibawa kembali ke layar obrolan utama. Pilih bidang Message di bagian bawah untuk memunculkan keyboard dan mulai mengetik pesan ke chatbot seperti biasa.
  • Jika sudah siap, pilih tombol panah atas untuk mengirim pesan ke ChatGPT dan tunggu tanggapannya.

Alternatifnya, pengguna dapat memilih tombol bentuk gelombang kecil di bidang pesan untuk mendiktekan pesan menggunakan suara.

Konsep ini mirip dengan fitur Dictation bawaan dari iPhone, tetapi menggunakan jaringan saraf Whisper Open AI untuk analisis text-to-speech, bukan milik Apple.

Meskipun aplikasi ChatGPT iPhone tidak sempurna, tetapi jika pengguna menginginkan pengalaman ChatGPT resmi di iPhone, menginstalnya masih merupakan cara yang tepat.

ilustrasi ChatGPT. (Unsplash/Mojahid Mottakin)ilustrasi ChatGPT. (Unsplash/Mojahid Mottakin)

Cara menggunakan ChatGPT di Android

Langkah-langkah menggunakan aplikasi ChatGPT di perangkat Android hampir identik seperti aplikasi iOS. Oleh karena itu, aplikasi ChatGPT resmi dari OpenAI tersedia untuk perangkat seluler Android.

  • Buka Google Play Store dan unduh aplikasi ChatGPT.
  • Jika ini pertama kali pengguna menggunakan ChatGPT, daftarkan akun. Jika tidak, pengguna dapat langsung log in.
  • Jika pengguna mendaftar, pengguna harus menggunakan nomor ponsel untuk mengautentikasi akun. Pastikan pengguna tidak menggunakan nomor telepon virtual, nomor VoIP, atau nomor telepon rumah.
  • Setelah mendaftar atau masuk, mulailah dengan mengetik pertanyaan. Halaman beranda menawarkan beberapa saran, namun pengguna dapat mengetikkan pertanyaan sendiri.

Setelah ini, pengguna iPhone maupun Android dapat menggunakan ChatGPT secara langsung di ponsel masing-masing dengan mudah.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #menggunakan #chatgpt #iphone #android

KOMENTAR