Lupa Kode Sandi? Begini Cara Membuka Kunci iPhone
Ilustrasi iPhone (Pexels/Martin Sanchez)
06:08
5 Maret 2024

Lupa Kode Sandi? Begini Cara Membuka Kunci iPhone

Sebagian besar iPhone memiliki kode sandi untuk mengunci perangkat guna menjaga keamanan agar terhindar dari pencuri ataupun peretas.

Namun jika pengguna lupa kode sandi, pengguna mungkin panik bagaimana membuka kunci iPhone. Setelah enam kali upaya kode sandi gagal, iPhone terkunci selama jangka waktu tertentu dengan pesan kesalahan.

Solusi untuk membuka kunci iPhone tanpa kode sandi

Jika pengguna melihat pemberitahuan "iPhone is disabled", satu-satunya metode yang disetujui Apple untuk mendapatkan kembali akses ke iPhone yang dikunci dengan kode sandi adalah dengan menghapus kontennya dan memulihkan data dari cadangan.

Menghapus kode sandi iPhone memungkinkan pengguna mengatur yang baru. Jika pengguna memiliki cadangan terbaru, pengguna hanya perlu memulihkan cadangan dan tambahkan kode sandi baru.

Namun jika tidak memiliki cadangan sama sekali, pengguna harus memulai ponsel dari awal.

Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, pikirkan baik-baik sebelum menggunakannya.

Banyak aplikasi pihak ketiga mengklaim mampu menembus keamanan iPhone tanpa penghapusan. Namun, tindakan ini berpotensi membatalkan garansi iPhone dan kesuksesan tidak pernah dijamin.

Jika ragu, sebaiknya pengguna membawa iPhone ke dealer Apple berlisensi dan meminta bantuan ahli.

Berikut ini cara untuk memulihkan iPhone:

Ilustrasi iPhone. [Daniel Romero/Unsplash]Ilustrasi iPhone. [Daniel Romero/Unsplash]

1. Hubungkan iPhone dengan aplikasi Apple Device atau Mac

  • Hubungkan iPhone ke PC menggunakan kabel yang sesuai.
  • Buka aplikasi Apple Device dan iPhone akan terdeteksi secara otomatis jika pengguna pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya.
  • Pilih tab General.
  • Di tampilan utama, klik tombol Restore iPhone dan ikuti petunjuknya. Ini akan menghapus ponsel dan memberi pilihan untuk memulihkan dari cadangan atau memulai dari pengaturan pabrik.

2. Masuk ke iCloud Find My iPhone

Opsi kedua adalah membuka Find My di iCloud dan menghapus ponsel dari sana. Pengguna biasanya melakukan ini jika iPhone dicuri dan pengguna perlu menghapusnya dari jarak jauh, namun tidak ada yang mengatakan bahwa pengguna tidak dapat melakukan ini untuk menghapus iPhone yang masih dimiliki.

3. Gunakan Recovery Mode

Metode ketiga adalah memasukkan iPhone ke Recovery Mode. Ada versi alternatif dari petunjuk ini untuk iPhone lama, tetapi untuk model tanpa tombol beranda, mulailah dengan menahan tombol samping dan tombol volume bawah hingga penggeser matikan muncul di layar.

  • Selanjutnya, hubungkan iPhone ke komputer.
  • Tahan tombol samping iPhone dan terus lakukan saat pengguna menyambungkannya.
  • Lepaskan tombol samping, lalu pilih iPhone pengguna di Apple Device atau Finder. Pengguna akan diberikan pilihan, Update atau Restore.
  • Pilih Restore dan iPhone akan kembali ke pengaturan pabrik. Pengguna kemudian dapat memulihkan dari cadangan atau memulai dari awal.

Itulah yang dapat pengguna lakukan jika lupa kode sandi iPhone.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #lupa #kode #sandi #begini #cara #membuka #kunci #iphone

KOMENTAR