Google Resmi Umumkan Android 15, Ini Fitur Barunya
Ilustrasi Android. [Andrekheren/Pixabay]
17:56
18 Februari 2024

Google Resmi Umumkan Android 15, Ini Fitur Barunya

Google resmi mengumumkan kehadiran Android 15. Namun sistem operasi untuk HP Android ini masih dalam tahap awal uji coba untuk pengembang, bukan untuk publik.

Android 15 membawa berbagai fitur baru yang menyangkut soal privasi, keamanan, kinerja, dan lain-lain. Dikarenakan ini masih tahap awal, Google belum mengumumkan informasi lebih lanjut soal sistem operasi penerus Android 14 ini.

Berikut fitur baru Android 15, dikutip dari Sammobile, Minggu (18/2/2024).

Android 15 memiliki versi terbaru dari Privacy Sandbox. Ini adalah program Google dengan tujuan membatasi data pengguna diintip oleh web ataupun aplikasi.

Dengan demikian, aplikasi maupun situs web itu akan sulit menampilkan iklan dari data pengguna yang direkam di ponselnya.

Selain itu, Android 15 juga menghadirkan application programming interface (API) baru untuk membantu pengembang mengoptimalkan kinerja aplikasi mereka dan mengurangi konsumsi daya, terutama untuk aplikasi yang melakukan banyak operasi di latar belakang.

Fitur baru Android 15 lainnya yakni di aplikasi pihak ketiga buatan non Google, misalnya Snapchat atau Instagram. Sistem operasi itu menyediakan kontrol lebih banyak pada aplikasi kamera ponsel.

Sehingga platform seperti Instagram atau Snapchat akan memiliki fitur kamera yang sama dengan kamera ponsel bawaan. Dengan demikian pengguna bisa mengunggah konten yang kualitasnya lebih baik.

Selanjutnya, Android 15 juga memungkinkan fitur perekam layar untuk merekam konten aplikasi tertentu, bukan seluruh tampilan antarmuka ponsel.

Android 15 juga dapat menghadirkan fungsionalitas seperti opsi untuk membuat pintasan layar beranda ke sepasang aplikasi. Sehingga pengguna dapat dengan cepat mulai menggunakan aplikasi tersebut dalam mode multi window.

Kapan Android 15 dirilis?

Biasanya Google akan merilis dua preview Android 15 khusus developer dan empat versi beta terlebih dulu. Setelahnya, Android 15 akan resmi diluncurkan ke semua pengguna.

Rilis final kemungkinan dirilis sekitar bulan Juli untuk perangkat Google Pixel. Tapi bisa saja Google menunda peluncuran sistem operasi apabila ada masalah tertentu.

Nah untuk perangkat yang lebih luas seperti Samsung atau Xiaomi, Google akan meluncurkan sistem operasi Android 15 dalam beberapa minggu atau bulan setelah di Pixel.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #google #resmi #umumkan #android #fitur #barunya

KOMENTAR