Bagian Samping Ban Mobil Bocor, Masih Bisa Ditambal Atau Tidak? Cari Tahu di Sini
Ilustrasi: Bocor pada bagian samping ban mobil. (Reddit).
11:00
17 Oktober 2024

Bagian Samping Ban Mobil Bocor, Masih Bisa Ditambal Atau Tidak? Cari Tahu di Sini

- Yang namanya barang dipakai, risiko rusak sudah pasti tak terelakan. Termasuk juga ban pada mobil, komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal dan jalanan ini punya risiko rusak karena berbagai alasan.   Jalan rusak, kena paku, kena benda tajam dan kena benda lainnya memungkinkan ban rusak, pecah atau bocor. Termasuk juga bagiam samping atau side wall, ban mobil punya risiko rusak.   Namun untuk ban mobil bocor samping sering kali disebut sebagai ban yang sudah rusak sehingga tidak dapat digunakan. Selain karena faktor umur ban, kebocoran pada ban mobil umumnya terjadi pada bagian telapak ban, sedangkan kerusakan pada bagian samping ban dianggap fatal dan tidak dapat diperbaiki dengan metode tambal ban.   

  Namun, benarkah demikian?   Ban mobil bocor samping tidak selamanya rusak. Kerusakan tersebut ternyata bisa diperbaiki dengan metode tambal ban. Namun, sebelum itu, Anda perlu memperhatikan kondisi ban terlebih dulu.   Misalnya, lubang pada dinding ban mobil tidak boleh melebihi 5 cm. Robekan yang terlalu besar akan membuat elastisitas ban terganggu. Semakin besar robek pada ban, maka semakin turun tingkat elastisitas ban.    Jika tingkat elastisitas ban sudah rendah, melakukan penambalan hanya akan sia-sia. Berbahaya!   Berikutnya, kebocoran pada ban tidak boleh terlalu lama usianya. Ada kalanya pengemudi memang tidak merasakan kebocoran pada ban sebelum kondisinya parah.    Jika demikian yang terjadi, maka Anda tidak bisa melakukan penambalan. Solusi terakhirnya hanya mengganti ban bocor dengan yang baru. Apabila ban mobil Anda memenuhi kriteria yang telah disebutkan di atas, maka kebocoran dapat diatasi dengan metode tambal.   

  Meski begitu, penambalan ban mobil bocor samping tidak bisa dilakukan sembarangan karena perlu metode khusus. Anda sebaiknya tidak menggunakan metode string karena tambalan akan mudah bocor.    Metode penambalan ban bocor di bagian samping berbeda dari penambalan biasa. Perlu kehati hatian ekstra agar proses penambalan benar benar menutup kebocoran.    Pertama, ban perlu dilakukan penipisan hingga lapisan benang ban terlihat. Kemudian, jahit bagian yang robek pada ban dengan benang khusus ban Jangan tergesa-gesa, lakukan dengan teliti agar setiap bagian terjalin sempurna.    Tambal bagian yang robek dengan pelapis berbahan karet khusus ban lotong pelapis tersebut sesuai dengan ukuram yang sobek. Selanjutnya, tempelkan pelapis hingga menempel sempurna pada permukaan dalam ban.    Cek kembali apakah robek telah tertutup seluruhnya. Jika tidak memiliki peralatan untuk menambal ban, Anda bisa mendatangi bengkel khusus ban.   Kebocoran ban bagian samping ini bisa diperbaiki - dengan tambal ban metode press atau tip-top. Kedua metode ini sudah banyak dilakukan di bengkel-bengkel khusus ban.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #bagian #samping #mobil #bocor #masih #bisa #ditambal #atau #tidak #cari #tahu #sini

KOMENTAR