12 Perbedaan MIUI vs HyperOS, Benarkah Semakin Oke?
Beda tampilan control center atau pusat kontrol sistem operasi HyperOS Poco X6 Pro 5G dan MIUI 14 Poco X6 5G. [Suara.com/Dicky Prastya]
10:40
7 Februari 2024

12 Perbedaan MIUI vs HyperOS, Benarkah Semakin Oke?

Berikut adalah 12 perbedaan MIUI vs HyperOS yang mungkin perlu Anda tahu. Benarkah HyperOS semakin membuat tampilan HP Xiaomi oke?

Sebagaimana diketahui, Xiaomi telah meluncurkan penerus MIUI yakni HyperOS pada akhir tahun 2023 lalu. HyperOS dirancang untuk bekerja dengan lancar tidak hanya di ponsel dan tablet tetapi di semua perangkat di ekosistem Xiaomi, termasuk mobil.

HyperOS Xiaomi juga telah menjadi salah satu antarmuka pengguna (UI) Android yang paling banyak dibicarakan belakangan ini. Sebab, banyak orang penasaran apa hal baru yang dimilikinya,

Mengacu pada popularitas tersebut, banyak pengguna Xiaomi yang penasaran dengan perbedaan MIUI vs HyperOS. Tenang saja, Suara.com telah merangkum 12 perbedaan keduanya.

Berikut adalah perbedaan MIUI vs HyperOS

1. Tampilan Pengaturan

Meskipun secara umum itemnya masih sama, namun desain menu Pengaturan pada perangkat HyperOS agak minimalis, dengan lebih sedikit teks dan lebih sedikit detail.

Bahkan ketika Anda masuk ke beberapa bagian, maka Anda akan melihat bahwa tampilannya lebih jernih, bersih, dan itemnya lebih sedikit.

2. Tampilan Pusat Kontrol yang lebih besar namun kece

Pusat Kontrol di HyperOS memiliki ikon yang lebih besar dan disusun dalam bentuk satu layar yang dapat digulir secara default

Desain ini berbeda dengan MIUI di mana pintasan disusun dalam panel yang dapat Anda gulir ke samping.

3. Perubahan desain layar kunci

Salah satu perubahan paling mencolok di HyperOS adalah hadirnya layar kunci baru, yang sangat dapat disesuaikan dan beberapa di antaranya bahkan memiliki efek kedalaman bidang (ala iOS ).

Pada sistem operasi HyperOS, Anda mendapatkan tiga opsi gaya kunci yakni Klasik, Belah Ketupat, dan Majalah.

4. Tampilan menu diubah

Bukan hanya ikon aplikasi sistem yang telah diubah, tampilan menu pada kedua OS tersebut juga berubah. HyperOS menempatkan opsi menu di dasar aplikasi, ini berbeda dengan MIUI yang menempatkannya di bagian atas.

Meski demikian, dapat dikatakan bahwa tampilan baru dari HyperOS ini membuat aplikasi lebih mudah digunakan sebab pengguna tidak perlu menjangkau bagian atas layar.

5. Ada Dynamic Island

Kalau Anda suka dengan Dynamic Island ala iPhone, maka Anda bisa mendapatkannya juga di HP Xiaomi dengan HyperOS.

Dengan adanya Dynamic Island ini, maka bagian atas layar HP Xiaomi jadi memiliki panel gelap. Panel ini digunakan untuk menunjukkan kecepatan pengisian daya (Pengisian atau Pengisian Cepat) dan persentase baterai saat Anda mencolokkan pengisi daya.

Ini juga menjadi hidup ketika Anda mengalihkan telepon ke mode senyap atau mengaktifkan fitur hotspot seluler. Tampilannya jadi benar-benar mirip iPhone bukan?

6. Daya Tahan Baterai

Beberapa klaim menyebut bahwa HyperOS membuat ponsel Xiaomi memiliki daya tahan baterai yang lebih sip. Dan menurut laporan, memang ada perbedaan 2,5 jam di antara keduanya.

HP Xiaomi dengan HyperOS lebih hemat 2,5 jam ketimbang HP Xiaomi dengan MIUI.

7. Animasi pengisian daya

Dan bagi Anda yang menyukai animasi pengisian daya di HyperOS, ini bakal membuat Anda kesengsem. Saat Anda mencolokkan perangkat, layar menjadi hidup dengan warna-warna cerah, animasi halus, umpan balik haptik, dan efek suara baru.

Anda bahkan bisa memilih animasi sesuai dengan keinginan Anda. Menarik bukan?

8. Antarmuka HyperOS baru

Antarmuka HyperOS baru menampilkan warna yang kurang jenuh dan perubahan desain yang halus pada ikon, seperti ikon Galeri yang dicerminkan dan tanda centang pada ikon Catatan.

9. Dukungan Koneksi

HyperOS mendukung koneksi dengan banyak perangkat untuk berbagi, menunjukkan potensi integrasi dan kenyamanan yang lancar.

10. Fitur AI

Penghapusan latar belakang gambar AI di HyperOS memberikan hasil yang mengesankan dengan tepian yang bersih, melampaui kinerja Photoshop menurut pendapat pembicara.

11. Efek HyperOS

Animasi efek hujan di HyperOS sangat mengesankan, dengan tetesan air hujan jatuh pada bingkai dan memantul kembali, menciptakan efek visual yang realistis.

12. Efek Animasi

Dibandingkan dengan MIUI, HyperOS menawarkan animasi yang lebih hidup dan dinamis, membuat antarmuka pengguna secara keseluruhan terasa lebih hidup dan menarik.

Itulah 12 perbedaan antara MIUI vs HyperOS yang mungkin sedang Anda cari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #perbedaan #miui #hyperos #benarkah #semakin

KOMENTAR