Angka Penjualan BYD Konsisten Meskipun Kondisi Pasar Otomotif Lesu
MPV mewah BYD Xia. (CarNewsChina)
19:40
12 Oktober 2024

Angka Penjualan BYD Konsisten Meskipun Kondisi Pasar Otomotif Lesu

- Lemahnya penjualan di pasar otomotif dirasakan oleh semua Agen Pemegang Merek (APM) tahun ini. Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), melakukan koreksi target untuk tahun 2024.

Seperti diketahui catatan Gaikindo penjualan mobil sepanjang Januari-Agustus 2024 ini hanya baru mencapai 560.619 unit. Angka ini turun 115.240 unit atau 17,05% dibandingkan periode sama tahun 2023 yang tercatat mencapai 675.859 unit. 

Tingginya suku bunga bank juga mempengaruhi sektor pembiayaan karena persyaratan kredit kendaraan menjadi lebih ketat. Dampaknya terasa pada kemampuan konsumen untuk membeli mobil.

Menyikapi hal ini Head of Marketing, PR & GovernmentBYD Indonesia Luther Panjaitan mengungkapkan pendapatnya, penjualan mobil nasional bulan September 2024 kembali mengalami penurunan. Walaupun data resmi penjualan mobil nasional Gaikindo untuk bulan September 2024 belum rilis.

Seperti diketahui sebelumnya, penjualan mobil nasional bulan Agustus 2024 tercatat naik 2.075 unit atau 2,79% jadi 76.304 unit, setelah sempat turun di bulan Juli 2024 yang tercatat sebanyak 74.229 unit.

"Memang BYD baru melaporkan data secara resmi di Gaikindo sekitar Juli kalau gak salah, dan kita baru laporkan dua kali sekitar 2.300-2.600-an. Itu konsisten stabil. Tapi kalau bulan lalu pertama mungkin secara market (nasional) saya dengar cukup drop," ungkapnya beberapa waktu lalu di Bekasi (7/10).

Luther menambahkan pihaknya memang belum melakukan penghimpunan data bulan September secara resmi, masih berupa kalkulasi. Secara demand, banyak perbedaan dan faktor mempengaruhi.

Meskipun kondisi masih lesu, BYD mampu menunjukkan kenaikan penjualan dari Juli ke Agustus 2024 lalu dan mendistribusikan produknya pada Juli 2024 ini.

Kondisi persiapan dari sisi konsumen, paperwork dan lain-lain saat ini BYD konsisten bertumbuh secara performance sales.

"Angka partisipasi secara market kita lihat jadi key player di EV. Kami percaya diri dengan growth ke depan, makanya ini salah satu milestones kami, terus ngembangin outlet. Rintangannya adalah kemampuan layanan kita ke konsumen yang ingin membeli," tambah Luther.

Bila dilihat secara nasional, pencapaian penjualan saat ini memberi gambaran atas target penjualan 1,1 juta yang dibidik Gaikindo sebanyak 1 juta unit itu masih jauh.

Agar bisa mencapai 1 juta unit, hingga akhir tahun 2024 yang tersisa hanya 4 bulan lagi dirasa sulit. Kecuali ada kejutan baru misalnya kejutan dalam kebijakan ekonomi, ini sangat dimungkinkan.

Editor: Dony Lesmana Eko Putra

Tag:  #angka #penjualan #konsisten #meskipun #kondisi #pasar #otomotif #lesu

KOMENTAR