Deretan Gadget Canggih yang Mejeng di CES 2024: HP Lipat 360 Derajat, Laptop yang Bisa Berubah Cover
Berbagai perusahaan teknologi ikut memamerkan perangkat gadget canggih terbarunya dalam ajang CES 2024. 
12:24
10 Januari 2024

Deretan Gadget Canggih yang Mejeng di CES 2024: HP Lipat 360 Derajat, Laptop yang Bisa Berubah Cover

pameran teknologi terkemuka di dunia, Consumer Electronics Show (CES) 2024 resmi dibuka di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) selama empat hari dimulai dari tanggal 9 hingga 12 Januari mendatang.

Menarik ada lebih dari 4.000 eksibitor dari 150 lebih negara, termasuk 1.200 lebih perusahaan rintisan (startup) yang ikut berpartisipasi memeriahkan pameran kali ini yang mengangkat tema kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), mobilitas, keberlanjutan dan inovasi masa depan.

Tak hanya menampilkan beragam perangkat rumah tangga dan kendaraan otomotif yang canggih, dalam pameran akbar ini beragam produsen dan pengembang gadget juga ikut unjuk gigi memamerkan produk terbarunya untuk memikat pasar global.

Berikut daftar perusahaan teknologi yang ikut memamerkan perangkat gadget canggih terbarunya dalam ajang CES 2024, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Ponsel Lipat Dua Arah – Samsung

Berbeda dari ponsel Galaxy Z Flip 5 dan ponsel flip lainnya, kali ini perusahaan gadget asal Korea Selatan ini membawa gebrakan baru dalam CES 2024 dengan merilis ponsel Flex In & Out Flip yang dapat dilipat dua arah.

Kemampuan itu terbilang unik karena umumnya ponsel lipat hanya bisa dilipat ke satu arah saja.

Namun ponsel Layar Flex In and Flex Out Flip milik Samsung dapat dilipat baik ke arah dalam maupun luar sehingga memiliki sudut putaran 360 derajat.

"Ketika dilipat ke luar, bagian depan dan belakang perangkat dapat dipakai sebagai layar, menciptakan pengalaman pengguna baru," bunyi keterangan dalam blog resmi Samsung Display.

Konsep Flex In & Flex Out Flip Samsung juga dibuat dengan design berbeda yakni dengan layar bagian bawah yang sedikit lebih pendek agar saat dilipat ke luar maupun ke dalam, layar tidak menutup kamera belakang serta kamera depan yang disematkan di punch hole di tengah atas layar.

Laptop Layar Ganda – Asus

Di pameran CES 2024 Asus kembali memperkenalkan jajaran laptop terbarunya, yakni Asus Zenbook Duo layar ganda. Sekilas tampilan laptop baru Asus mirip dengan Lenovo Yoga Book 9i, namun bisa dilihat lebih detail layar laptop Asus Zenbook Duo layar ganda memiliki ukuran yang jauh lebih besar sekitar 14 inci dan sisi lainnya 19,8 inci.

Adapun untuk resolusi OLED, dengan resolusi Asus Zenbook Duo layar ganda 2880 x 1800, rasio aspek 16:10, kecepatan refresh maksimum 120Hz seta dapur pacu canggih berupa CPU Intel Core Ultra 9 185H, RAM 32GB.

Selain itu, keyboard Zenbook Duo bisa dilepas pasang, dilengkapi dengan trackpad, juga penyangga internal yang membuat laptop bisa berdiri dengan dua layar terbuka vertikal tanpa penyangga tambahan, sesuatu yang tidak disertakan pada keyboard Yoga Book 9i.

Kacamata Canggih Vision Pro – Apple

Berbeda dari kacamata AR/VR lainnya, Apple Vision Pro dibekali dengan teknologi chipset ganda yang memiliki kecepatan tinggi diantaranya chip Apple R1 dan M2, sehingga dapat membantu pengguna untuk dapat mengakses dunia Metaverse saat bermain video game.

Tak hanya itu, Vision Pro juga dilengkapi oleh sistem operasi khusus buatan Apple yang diberi nama VisionOS, yang memungkinkan pengguna bisa mengendalikan operasi Vision Pro hanya dengan kedipan mata, gerakan tangan, hingga suara.

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Apple mengungkap telah melampirkan lensa Zeiss Optical Inserts Readers kedalam kacamata pintarnya. Fitur lain dari Vision Pro adalah penyertaan kamera 3D pertama dari Apple. Apple mengatakan kamera ini dapat digunakan untuk menangkap momen-momen khusus dengan informasi kedalaman tambahan.

Laptop dengan Cover Bisa Berubah Warna – Lenovo

Menyusul yang lainnya, Lenovo turut mengumumkan jajaran laptop terbarunya di pameran CES 2024 lewat produk laptop ThinkBook 13x Gen 4. Laptop ini terbilang menarik karena dibalut dengan cover yang bisa gonta-ganti warna.

Kemampuan itu hadir di laptop ini berkat dukungan layar e-ink alias kertas elektronik pada cover laptop, khususnya e-ink prism. Secara teknis, layar e-ink prism bisa menampilkan delapan warna berbeda dan memadukannya dalam pola apapun yang diinginkan penggunanya.

Meski bukan panel layar seperti layar utama laptop, e-ink prism mampu menampilkan konten dengan jernih dan tajam. Kelebihan lainnya yang ditawarkan teknologi ini yaitu hemat daya dengan baterai 74 Whr, serta bodi tipis dengan ketebalan hanya 0,51 inci atau sekitar 13 mm dan berat 2,2 pon atau sekitar 907 gram.

Laptop Gaming Teringan Bobot 1,6 Kg – HP

Perusahaan teknologi HP resmi luncurkan laptop gaming terbarunya HP Omen Transcend 14, dalam ajang CES 2024, tak sama seperti perangkat pada umumnya laptop gaming ini memiliki dimensi paling ringan dengan lebar 313 mm, tinggi 7,99 mm, serta x 233,5 mm (kedalaman), dengan bobot 1,6 kilogram.

Saking ringannya laptop ini bahkan tercatat lebih ringan dibanding Razer Blade 14 (1,77 kg) dan Asus ROG Zephyrus G14 2023 (1,65 kg).

Uniknya laptop terbaru HP juga disebut sebagai yang laptop gaming terdingin karena menggunakan ruang uap (vapor chamber), yang dirancang bersama dengan teknologi aliran dual-channel Intel.

Editor: Seno Tri Sulistiyono

Tag:  #deretan #gadget #canggih #yang #mejeng #2024 #lipat #derajat #laptop #yang #bisa #berubah #cover

KOMENTAR