Keanehan Aturan Foto Ijazah UGM Jokowi Disorot Warganet Lagi, Boleh Pakai Kacamata?
Presiden Jokowi di Sumbu Kebangsaan, IKN. [Ist]
12:48
4 Oktober 2024

Keanehan Aturan Foto Ijazah UGM Jokowi Disorot Warganet Lagi, Boleh Pakai Kacamata?

Foto ijazah Universitas Gadjah Mada (UGM) Jokowi kembali menjadi sorotan warganet di media sosial. Sebelumnya, beredar buku kenangan alumni Fakultas Kehutanan UGM yang memuat biodata Presiden Jokowi.

Namun dalam biodata tersebut, sejumlah warganet menyoroti kejanggalan riwayat pendidikan Jokowi saat SMA. Pasalnya, informasi yang selama ini beredar berbeda dengan data yang tertulis dalam biodata di buku kenangan.

Kini, warganet mempertanyakan aturan foto untuk ijazah UGM karena potret Jokowi terlihat menggunakan kacamata. Mayoritas warganet menilai jika aturan yang benar untuk foto ijazah adalah peserta harus melepas aksesori apa pun, termasuk kacamata.

Hal ini disorot oleh akun X @ike_hw71 pada Kamis (3/10/2024). Dalam cuitan yang diunggahnya, pemilik akun membagikan gambar tangkapan layar dengan keterangan berbunyi, "Kita baru tersadar bahwa pas foto di ijazah dan KTP nggak boleh memakai kacamata."

Baca Juga: Keluarga Jokowi Kompak Suka Blusukan di Pasar, Netizen Malah Tantang ke Tempat Ini

Pemilik akun kemudian mempertanyakan aturan foto dalam potret yang digunakan Jokowi pada ijazah UGM.

Cuitan warganet soal penggunaan kacamata untuk ijazah. [X/@ike_hw71]Cuitan warganet soal penggunaan kacamata untuk ijazah. [X/@ike_hw71]

"Lagi rame nih, bagaimana pendapat anda dengan ijazah Mulyono?" cuit pemilik akun.

Selain perbedaan riwayat pendidikan dalam buku kenangan alumni UGM, sebelumnya warganet pun juga mempertanyakan penggunaan foto Jokowi yang memakai kacamata tersebut. Pasalnya, foto itu digunakan secara berulang kali, mulai dari ijazah hingga buku nikah.

Saat dilakukan penelusuran di Google, mayoritas situs universitas menyebut aturan foto ijazah tidak memperbolehkan mahasiswa menggunakan kacamata, baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Salah satunya dalam persyaratan pas foto untuk ijazah dari UIN Sunan Kalijaga dan STIE STAN IM, peserta tidak menggunakan aksesoris pada wajah, seperti kacamata, anting, dan aksesoris lainnya.

Baca Juga: MAKI Somasi Jokowi Soal Pansel KPK, Istana Buka Suara

Hasil penelusuran Google soal aturan foto ijazah. [tangkapan layar]Hasil penelusuran Google soal aturan foto ijazah. [tangkapan layar]

Cuitan tersebut kemudian menuai beragam komentar dari publik. Banyak pendapat yang pro kontra terhadap foto ijazah Jokowi tersebut.

"Apa lagi tahun 1985 saat itu memang tidak boleh," tulis akun @raj*_****

"Inget gue, waktu bikin foto untuk ijazah SMP dan SMA juga harus lepas kacamata dulu," komentar @fir********

"Sehari-hari nggak pakai kacamata, begitu foto ijazah pakai kacamata," sahut @man**********

"Foto KTP dan paspor memang tanpa kacamata, tapi foto ijazah boleh menggunakan kacamata," timpal @she***********

"Karena ada scan untuk retina. Foto KTP, foto SIM, foto ijazah tidak boleh pakai kacamata," tambah @sado**********

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #keanehan #aturan #foto #ijazah #jokowi #disorot #warganet #lagi #boleh #pakai #kacamata

KOMENTAR